Kapolres Bojonegoro Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

moch akbar fitrianto

Kapolres Bojonegoro Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si menghadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2022, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Apel gelar pasukan tersebut digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, Jum’at (4/11/2022).

Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2022 dipimpinan langsung oleh Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Mu’awanah.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudho Purwanto, Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan Bojonegoro, Agung Subagyo, Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Hj Nurul Azizah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bojonegoro, Camat Se-Kabupaten Bojonegoro dan Kapolsek jajaran Polres Bojonegoro.\

Kapolres Bojonegoro Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Dalam kata sambutannya, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah selaku pimpinan apel mengatakan bahwa dengan adanya potensi peningkatan curah hujan, maka perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan bencana hidrometeorologi.

Lanjut Anna Mu’awanah, Intensitas curah hujan tinggi harus adanya edukasi dan sosialisasi untuk disampaikan kepada masyarakat dan semua pihak terkait agar bersiap segera melakukan langkah pencegahan dan mitigasi terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung atau ancaman badai tropis lainnya.

“Pemerintah Daerah (Pemkab) Bojonegoro berupaya memastikan kesiapsiagaan baik pasukan maupun peralatan dalam menangani bencana dalam kondisi baik, guna meminimalisir dampak yang disebabkan oleh bencana alam,” ungkap Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma ini.

Terpisah, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana digelar dengan tujuan melihat dari dekat bagaimana persiapan pasukan dalam menangani bencana alam tersebut.

Lanjut AKBP Muhammad bahwa pihaknya ingin melihat dari dekat baik sarana, serta prasarana yang dimiliki oleh jajaran TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Bojonegoro dalam menghadapi bencana.

Selain itu, Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana untuk menyinergikan semua potensi penanggulangan bencana di Bojonegoro agar ada kepaduan gerak saat merespon bencana.

Ditambahkan, penanganan bencana dapat berjalan dengan baik jika dilakukan atas sebuah perencanaan terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh yang berdasarkan prinsip satu komando, satu aturan dan satu kesatuan, sehingga tercipta suatu proses dan mekanisme penanggulangan bencana.

“Karena itu, dipandang perlu digelarnya Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana untuk melakukan pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan sarana, prasarana apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad menegaskan.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read