Pangdam V/Brawijaya: Program TMMD Ternyata Masih Sangat Dibutuhkan Rakyat

Sukisno

Bagikan

PONOROGO (RAKYAT INDEPENDEN) – Kemanunggalan TNI – Rakyat terus ditingkatkan, dalam setiap langkah dan nafas Tentara Indonesia. Hal itu, bisa dilihat dengan telah berlangsungnya berbagai pembangunan hasil program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah berjalan hampir 39 tahun.

Kegiatan bhaki sosial yang dikemas dalam TMMD (sebelumnya ABRI masuk Desa, red), itu, hasilnya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Hingga kini, kegiatan TMMD sudah memasuki ke 106.

“Hingga saat ini, program TMMD ternyata masih sangat dibutuhkan. Pasalnya, sebagian besar dari wilayah Indonesia, merupakan daerah pedesaan yang minim dengan berbagai fasilitas umum,” Demikian dikatakan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe,PB, ketika memimpin berlangsungnya upacara penutupan TMMD di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Kamis, (31/10/2019).

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Masih menurut Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe,PB, Selama 30 hari, para prajurit bersinergi dan bergotong-royong dengan Pemerintah kabupaten/kota, maupun segenap komponen bangsa lainnya. Mereka bahu-membahu menyelesaikan program TMMD ke-106 ini.

 Kebersamaan itu, ujar Jenderal bintang dua kelahiran Surabaya ini, merupakan wujud sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemda untuk mempercepat pembangunan di daerah.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat guna menyiapkan ruang, alat da kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara,” ujar Mayjen Wisnoe melalui amanatnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Pangdam menilai jika keberhasilan program TMMD saat ini, merupakan suatu hal terpenting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan di tahun-tahun selanjutnya.

“Jikakegiatan dilakukan perencanaan, pelaksanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang benar, selektif dan akurat di lapangan maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri upacara penutupan itu, mantan Danrem 084/Bhaskara Jaya itu juga menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai tindak lanjut dari program TMMD.

Selain memelihara kemanunggalan antara TNI dan rakyat, Mayjen Wisnoe juga mengimbau seluruh pihak untuk merawat Persatuan dan Kesatuan yang selama ini sudah berjalan dengan baik di Jawa Timur.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

“Jangan sampai terprovokasi oleh pihak manapun, pelihara terus semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik,” pintanya. “Kepada masyarakat, rawatlah pembangunan fasilitas umum hasil program TMMD ini, agar manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua pihak, khususnya masyarakat,” imbuh

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe,PB.

Sumber: Kapendam V Brawijaya

Bagikan

Also Read