Operasi Zebra Semeru 2020 Sat Lantas Polres Bojonegoro Hari Ke 5, Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas dan Bagikan Nasi Kotak

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Sebagai rangkaian pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020, jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bojonegoro, kembali laksanakan sosialisasi tertib berlalu-lintas dan penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19, Jumat (30/10/2020) pagi.

Dalam melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2020, juga dilakukan pembagian nasi kotak, kepada warga masyarakat, khususnya para pengendara kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, serta tukang ojek dan abang becak, yang ada di sejumlah ruas jalan di Kota Bojonegoro.

Kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas), serta sebagai upaya turut mendukung program pemerintah terkait peningkatan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, di wilayah hukum Polres Bojonegoro.

Kepala Unit (Kanit) Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Sat Lantas Polres Bojonegoro, Ipda M Thohir, menjelaskan bahwa dalam kegiatan sosialisasi tersebut dibarengi dengan membagikan 250 kotak nasi, kepada warga masyarakat khususnya para pengendara kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, tukang ojek, serta tukang becak di Kota Bojonegoro.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Adapun lokasi kegiatan dibagi dalam 4 titik, yaitu di  Jalan Veteran, Jalan Gajah Mada, Jalan Untung Suropati, dan Jalan HOS Cokroaminoto, yang keempatnya berada di dalam Kota Bojonegoro.

“Hari ini kembali kita laksanakan sosialisasi tertib berlalu-lintas dan disiplin protokol kesehatan sambil berbagi nasi kepada warga masyarakat pengguna jalan.” kata Ipda M Thohir menegaskan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bojonegoro, AKP Heru Sudjio Budi Santoso SH, menjelaskan bahwa di hari kelima pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020, anggota jajarannya kembali melaksanakan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif, kepada masyarakat.

Lanjut Kasat Lantas Polres Bojonegoro, Operasi Zebra Semeru 2020 Sat Lantas Polres Bojonegoro melaksanakan kegiatan dalam bentuk sosialisai tertib lalu lintas dan penggeloraan disiplin protokol kesehatan sambil berbagi nasi kepada warga masyarakat di Kota Bojonegoro ini.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Kagiatan ini juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antara anggota polisi lalu-lintas dengan warga masyarakat, khususnya para pengguna jalan, yang diwujudkan dengan berbagi nasi kepada pengemudi angkutan umum, tukang becak, tukang ojek dan warga yang membutuhkan.” kata Kasat Lantas AKP Heru Sudjio.

Kasat Lantas menambahkan, selain untuk menjaga silaturahmi, kegiatan tersebut juga sebagai sarana Sat Lantas Polres Bojonegoro untuk menyosialisasikan pemahaman dan etika tertib berlalu lintas, dengan cara memberikan arahan kepada para pengemudi agkutan umum, tukang ojek, dan tukang becak, dengan harapan agar saat mereka berkendara selalu tertib dan mematuhi peraturan lalu-lintas, serta selalu memperhatikan faktor keamanan pribadi atau para penumpang, sehingga diharapkan dapat meminimalisir potensi kecelakaan lalu-lintas.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Dengan kegiatan rutin ini semoga soliditas polantas dan masyarakat, utamanya tukang becak, tukang ojek dan pengemudi angkutan umum semakin erat, serta mereka lebih mengutamakan keselamatan dalam berlalu-lintas, sehingga tercipta kamseltibcar lantas.” tutur AKP Heru Sudjio.

Kasat Lantas selalu mengingatkan bahwa dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Polri secara intens melakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan, dengan penerapan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Dengan pendisiplinan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, diharapkan penularan Covid-19 dapat diminimalisir,” pungkasnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read