PABSI Jatim Juara Umum Kejurnas 2022

Sukisno

PABSI Jatim Juara Umum Kejurnas 2022
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Lifter-lifter Jawa Timur menunjukkan taringnya dengan menyabet gelar juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Senior 2022 di Sentul, Bogor, yang digelar pada akhir Oktober 2022. Juara umum dibawa pulang usai meraih 13 emas dan 2 perak. 

Sementara itu, Jambi menempati runner-up dengan delapan emas dan empat perak, disusul Aceh di tempat ketiga dengan enam emas dan tiga perunggu.

Dari rilis yang diterima Minggu (30/10/2022), dalam ajang ini, Jatim tampil full dengan menurunkan lima atlet andalan. Adalah Eko Yuli Irawan yang meraih tiga emas di kelas 67 Kg, Luluk Diana Triwijaya meraih tiga emas di kelas 49 Kg, Maria Claudia meraih dua emas dan satu perak di kelas 64 Kg, Choirul Anwar meraih tiga emas di kelas 81 Kg dan Ardaraya meraih dua emas dan satu perak di kelas 73 Kg.

Melihat hasil yang ada, Ketua Pengprov PABSI Jatim Jeffry Tagore menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh atlet dan pengurus kabupaten kota yang sudah mempersiapkan atletnya. 

“Ini suatu awal yang bagus mengingat teman-teman baru masuk puslatda. Ini hasil instruksi kami sebelum puslatda, kabupaten/kota harus mulai latihan, sehingga ketika sudah puslatda gak mulai sejak nol. Sehingga kejurnas Oktober kita sudah siap,” ujar Jeffry. 

Selain itu, bagi Jatim, ajang ini menjadi pemanasan para atlet sebelum menjalani program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda). 

Terkait pemilihan atlet, Jeffry mengaku memilih untuk memberi jam terbang lebih kepada atlet muda. Sedangkan Eko Yuli masuk sebagai pembuktian setelah tidak tergabung dalam Timnas Indonesia.  

“Untuk Ardaraya memang memang menjadi pembuktian bagi dia agar bisa masuk puslatda karena jebolan porprov. Kemudian Claudia kita beri jam terbang karena selama ini masalah mental,” ujarnya. 

Dengan hasil ini, ia optimis prestasi angkat besi Jatim dapat lebih meningkat di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Untuk itu, selanjutnya PABSI Jatim akan fokus mempersiapkan atlet puslatda dengan sejumlah program penunjang.

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Bagikan

Also Read