Pilih Keramas Pagi Atau Sore Hari Ya, Baca Disini keuntungan Masing – Masing

moch akbar fitrianto

screenshot 20
Bagikan

Kesehatan, RakyatnesiaKeramas Pagi atau Sore, hal ini menjadi perbincangan kaum hawa yang gak bakal selesai kalau di bandingkan sampai kiamat hehehe, canda doank.

Keramas Pagi atau sore ini ternyata memiliki keuntungannya masing – masing gaes. Jadi sebenarnya mau keramas pagi – pagi atau keramas sore – sore sehabis pulang kerja gak ada yang salah.

Yang menarik adalah, meskipun pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin membersihkan rambut, kita sebaiknya tidak begitu mempermasalahkan frekuensi dari berkeramas. Pakar menyebutkan bahwa ada baiknya kita justru memastikan bahwa produk shampoo yang kita gunakan cocok dengan jenis rambut atau kulit kepala sehingga bisa membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik.

Setelah kalian selesai memilih jenis shampoo yang cocok untuk kulit kepala dan rambut, sekarang saatnya mengetahui enaknya keramas Pagi atau sore hari nih ?.

Keuntungan Keramas Bagi Kulit kepala Dan Rambut

Keuntungan Keramas Di Pagi Hari

screenshot 21

Meningkatkan produktivitas

Mandi di pagi hari, terutama dengan air dingin, memberikan manfaat berupa produktivitas yang tinggi.

Hal ini dikarenakan siraman air dingin di pagi hari mampu membuat tubuh kita lebih cepat “terbangun”.

Ya, mandi pagi membantu meningkatkan detak jantung, memompa aliran darah ke seluruh tubuh, serta meningkatkan ritme pernapasan.

Ditambah lagi, paparan air dingin juga meningkatkan metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil.

Efek-efek inilah yang membuat Anda akan lebih berenergi serta produktif dalam menjalani hari hanya karena mengawali hari dengan mandi, terlebih bila mandi dilakukan dengan cara yang benar.

Mengurangi rasa sakit

Ternyata, menyiram air dingin saat mandi di atas kepala dapat memberi manfaat berupa meredanya rasa sakit pada tubuh.

Menurut sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences, air dingin mampu memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit.

Lebih lanjut lagi, paparan air dingin juga membantu mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan yang menjadi pemicu rasa sakit.

Air dingin juga memperlambat kecepatan sinyal yang menghantarkan rasa sakit ke otak.

Menurunkan risiko stres dan depresi

Mandi pagi hari memberikan manfaat yang tak terduga untuk kesehatan mental Anda.

Selain meningkatkan suasana hati, mandi air dingin di pagi hari bisa mengurangi gejala-gejala depresi.

Dikutip dari Psychology Today, mandi air dingin serupa dengan metode hidroterapi, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan air.

Salah satu manfaat dari hidroterapi adalah untuk mengatasi gejala depresi. Bagaimana bisa?

Mandi air dingin membantu melepaskan hormon norepinefrin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati pada pengidap depresi.

Tak hanya itu, air dingin juga meningkatkan produksi beta-endorfin pada tubuh sehingga Anda akan merasa jauh lebih baik.

Meningkatkan sirkulasi darah

Apabila Anda ingin memperlancar aliran darah, Anda bisa mencoba mandi air hangat di pagi hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Hangatnya air yang mengalir selama mandi tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tetapi juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita.

Meskipun tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, mandi saat pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit? Nah, manfaat tersebut bisa Anda peroleh dengan mandi air dingin di pagi hari.

Sebuah studi dari jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi penurunan sebesar 29% pada angka orang-orang yang sakit.

Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54%, apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

Sudah Tahu Keuntungan Keramas di pagi hari, sekarang kita lanjut keuntungan keramas di Sore hari seperti apa sih ?.

Keuntungan Keramas Di Sore Hari

screenshot 22

Membantu Untuk Yang Sulit tidur

Ternyata nih buat kalian yang kesulitan tidur karena mungkin badan terlalu capek, bisa melakukan mandi dan keramas di sore hari.

Keramas sore hari bisa membantu badan lebih segar, merilekskan tubuh yang kaku setelah bekerja. Tentu saja jika badan anda rileks jadi gampang tidur atau istirahat bukan.

Membantu Kepala Kulit Kering

Buat kalian yang memiliki kondisi kulit kepala kering, disarankan untuk keramas di sore hari, membantu menjaga kelelmbaban di malam hari.

Membantu membersihkan kulit kepala

Beraktivitas di luar seharian. Jika kamu terbiasa beraktivitas di luar seharian, maka kepala akan terkena debu, polusi hingga kotoran lain. Nah, alangkah baiknya keramas di sore hari agar tubuh bersih total sebelum tidur.

So Bagaimana pilih mana keramas pagi atau sore hari, masing – masing ada keuntungannya masing – masing sih. Kalau penulis sendiri memilih sore hari, karena emang gak pernah bangun pagi hehehe. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi.

Bagikan

Also Read