KB Samsat Bojonegoro, Menjawab Tentang Perpanjangan STNK, Harus Menyertakan KTP Asli

0 1.346

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Menanggapi pertanyaan dari Salamun warga Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tentang boleh apa tidak jika perpanjangan pajak kendaraan atau yang biasa disebut STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) tanpa menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk), di Dialog Interaktif di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jum’at (21/10/2016) lalu.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Reg Ident) Iptu Junaedi Samsat Bojonegoro mengatakan, tentang tata laksana perpanjangan STNK itu, mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2015 dan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2012.

“Pada Perpres Pasal 11 disebutkan bahwa her regitrasi kendaraan harus mengisi formulir dengan dilengkapi BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), STNK dan KTP asli atas nama yang terdaftar di STNK tersebut. Begitu juga dengan Perkap yang ada di Pasal 4, dimana pengurusan STNK dengan mengisi formulir juga dengan persyaratan BPKB, STNK dan KTP asli,” tegas Junaedi, dalam acara Dialog Interaktif, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jum’at (28/10/2016).

Administratur Pelayan KB Samsat Bojonegoro, Ismail Ahmadi, saat menyampaikan jawaban tentang bagi hasil pajak kendaraan bermotor antara Pemprov Jatim dengan Pemkab Bojonegoro, pada acara Dialog Interaktif di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jum'at (28/10/2016).
Administratur Pelayan KB Samsat Bojonegoro, Ismail Ahmadi, saat menyampaikan jawaban tentang bagi hasil pajak kendaraan bermotor antara Pemprov Jatim dengan Pemkab Bojonegoro, pada acara Dialog Interaktif di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jum’at (28/10/2016).

Ditambahkanya, jadi dalam pengurusan perpanjangan STNK tetap diwajibkan menggunakan KTP asli. Tujuanya, adalah untuk kepastian hukum kepemilikan kendaraan tersebut. Namun, jika ternyata pemiliknya tidak dapat hadir, maka mereka bisa membuat surat kuasa dengan bermaterai sehingga memiliki kekuatan hukum.

“Jika ada yang bilang, bisa her tanpa KTP asli bisa itu gak benar. Jika tak ada KTP asli maka, dia harus meminta surat keuasa pada pemilik kendaraan yang disertai materai. Surat kuasa itu, menjadi pengganti KPT asli,” tegas Junaedi.

Sementara itu, Administratur Pelayan KB Samsat Bojonegoro, Ismail Ahmadi, juga mendapat kesempatan menjawab pertanyaan dari Tamyis yang beralamatkan di Sumberrejo, Bojonegoro. Pertanyaan, Tamyis adalah prosentase atau bagi hasil pajak kendaraan bermotor antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa timur dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

“Untuk bagi hasil pajak kendaraan bermotor, 70 persen untuk Pemprov Jatim dan 30 persen untuk Pemkab Bojonegoro,” ungkap Ismail Ahmadi, Jum’at (28/10/2016).

Masih menurut Ismail Ahmadi, untuk parkir berlangganan, pembagianya Pemkab Bojonegoro memperoleh 70 persen dan Pemprov Jatim mendapatkan bagi hasil 30 persen. Atau kebalikanya dngen bagi hasil untuk pajak kendaraan bermotor.

Dalam kesempatan itu, juga disampaikan tentang berbagai kemudahan dalam mengurus pajak kendaraan di Kantor Bersama (KB) Samsat Bojonegoro yang berada di Jl Teuku Umar Bojonegoro. Setelah dibukanya Samsat Samsat Payment Point Padangan, Samsat Payment Jl Basuki Rahmat Kota Bojonegoro, Mobil pelayanan Samsat keliling dan yang program yang terbaru dalah Samin (Samsat Mini).

“Program Samin bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para Wajib Pajak (WP) dalam membayar pajak kendaraan bermotor tersebut , Pasalnya, bagi WP yang ingin membayar pajak, maka petugas dari KB Samsat Bojonegoro akan mendatangi para WP dengan menggunakan sepeda motor, ini yang dinamakan Program Samin,” tegasnya.

Bagi wajib pajak yang ingin mengikuti program Samin, mereka harus mengajukan permohonan untuk didatangi pihak Samsat, agar bisa membayar pajak tanpa harus datang ke Kantor Bersama Samsat Bojonegoro, Samsat Payment Point dan Samsat Mobil Keliling. **(Kis/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More