Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Viral

Baca Ini Isi Hari Maulid Nabi dengan 6 Kegiatan Amalan Positif Ini Terbaru

Lakukan Kegiatan Sunnah

Berita Terkini; Sobat Viral, besok kita memperingati Maulid Nabi yang merupakan hari lahir Baginda Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia, perayaannya jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah.

Bagi kamu umat muslim, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan sebagai pengingat untuk meneladani sosok Rasulullah SAW. Maka sebaiknya pada hari tersebut kamu pergunakan untuk mengamalkan sunnah-sunnahnya dan meniru akhlaknya.

Baca Juga  Baca Ini Hore! 24 Hari Libur di Kalender 2023, Cek Tanggalnya Terbaru

Bagi umat muslim, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hendaknya dijadikan momen pengingat agar semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan meningkatkan kualitas dalam beribadah, baik itu yang wajib maupun sunnah.

Petinggi Indomaret Tewas Tertabrak Truk

Baca Ini Isi Hari Maulid Nabi dengan 6 Kegiatan Amalan Positif Ini Terbaru 2

Rakyatnesia

Berikut 6 Amalan saat Maulid Nabi yang bisa kamu contek di Hari Maulid Nabi

  1. Puasa Sunnah

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah puasa sunnah yang dianjurkan untuk umat muslim lakukan pada tanggal 13,14 dan 15 bulan Qomariyah. Amalan ini telah dicontohkan Rasulullah SAW semasa hidupnya. Selain itu, umat muslim menjalankan puasa sunah Senin-Kamis.

Jika seorang muslim mengerjakan ibadah sunnah ini, akan dicatat seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun. Tetapi jika tidak diamalkan tidak akan mendapat dosa. Sebagai umat muslim kamu tentu tak mau melewatkan amalan sunah puasa Ayyamul Bidh saat maulid Nabikan?

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda kepadanya
“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi, no. 761)

  1. Mempelajari Sirah Nabi Muhammad SAW

Mempelajari Sirah Nabi Muhammad SAW menjadi suatu kewajiban. Banyak manfaat kita mempelajari Sirah seperti memahami kepribadian Rasulullah SAW. Dengan begitu setiap muslim menemukan potret ideal yang bisa diteladani. Hal ini menjadi modal jalan untuk memahami Kitabullah serta beberapa keutamaan lainnya.

  1. Perbanyak Sholawat Nabi

Membaca shalawat dalam shalat adalah wajib hukumnya. Namun, para ulama sepakat membaca sholawat nabi di luar shalat hukumnya sunnah. Sebagai seorang muslim membaca sholawat nabi sangat dianjurkan saat Maulid Nabi. Salah satu keutamaan membaca sholawat nabi adalah menghapuskan dosa.

Agama Islam menganjurkan membaca sholawat nabi ditegaskan dalam surah Al Ahzab ayat 56. Bacaan latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Baca Ini Isi Hari Maulid Nabi dengan 6 Kegiatan Amalan Positif Ini Terbaru 4

Kemenag Selidiki Penyebab Runtuhnya Tembok Mts 19 Jaksel Roboh

Rakyatnesia

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan orang yang bershalawat atas dirinya.
Artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

  1. Bersedekah

Dalam Al-Quran, sedekah menjadi salah satu ibadah yang bernilai pahala besar. Sedekah juga semakin istimewa ketika dijalankan pada hari Jumat. Maka sangat disarankan umat muslim melakukan sedekah saat Maulid Nabi.

Dalam surat Al Hadid ayat 18, Allah SWT berfirman tentang balasan orang yang bersedekah.
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al Hadid ayat 18).

  1. Menghadiri Majelis Ilmu

Seorang muslim dianjurkan untuk menuntut ilmu. Bahkan, banyak hadits yang meriwayatkan jika seorang muslim baik itu pria atau wanita wajib menuntut ilmu. Sebab menuntut ilmu dapat menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan orang lainnya. Juga untuk mencari ridho Allah SWT dan kehidupan akhirat.

Artinya: “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu,” (HR Ahmad).

  1. Membaca Alquran
    Membaca Alquran menjadi sebuah ibadah yang akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan. Kemukjizatan Al Quran terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya.

Sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]:9).

Umat muslim yang rajin membaca Al-Quran akan mendapat sejumlah kebaikan seperti pahala berlipat dan diangkat derajatnya. Bisa juga mendapatkan ketenangan hati, mendapat pertolongan Allah SWT di hari kiamat dan dihadiri malaikat.

Kamu mau menjalankan kegiatan apa nih untuk memperingati Maulid Nabi besok?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

– Advertisement –

satu viral


Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku