Lari Membawa Obor Api Abadi, Jadi Hadiah Kapolres Untuk Masyarakat Bojonegoro di HJB Yang Ke-341

0 739

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Salah satu rangkaian kegiatan puncak Peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-341 tahun 2018 adalah Prosesi pengambilan Api Abadi, yang berada di Obyek Wisata Khayangan Api, di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (9/10/2018).

Usai dilakukan sejumlah ritual dalam Prosesi pengambilan Api Abadi tersebut, selanjutnya Obor Api Abadi tersebut diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu AKBP Ary Fadli,SIK,MH,M.Si, untuk dikirab dengan cara dibawa berlari menuju Pendapa Malowopati yang berada di Pemkab Bojonegoro Jalan P. Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli,SIK,MH,M.Si, kepada para awak media mengatakan, bahwa pengambilan api abadi bisa memberikan motivasi atau tujuan dirinya untuk memberikan persembahan atau hadiah dari dirinya dan Polres Bojonegoro, untuk seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro, yang saat ini sedang merayakan hari jadi yang ke-341.

Motivasi itu, memberikan kekuatan orang nomor satu di Jajaran Polres Bojonegoro itu, untuk berlari bersama sambil membawa obor api abadi, sejak dari Khayangan api, melintasi Desa Ngunut, hingga Dander, Ngumpakdalem hingga masuk kota Bojonegoro dan akhirnya tiba di Pendapa Malowopati Pemkab Bojonegoro tersebut.

“Ini merupakan persembahan dari Polri, untuk seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro di Hari Jadinya yang ke-341 itu,” tutur AKBP Ary Fadli.

Lari Membawa Obor Api Abadi, Jadi Hadiah Kapolres Untuk Masyarakat Bojonegoro di HJB Yang Ke-341 1
Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli,SIK,MH,M.Si, saat prosesesi pengambilan api abadi yang ada di Khayangan api, untuk dibawa ke Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, di acara rangkaian kegiatan HJB Ke-341, Jum’at (19/10/2018).

Kapolres juga mengungkapkan, bahwa hal tersebut juga sebagai upaya bahwa Polri akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, termasuk dalam momen atau kegiatan Hari Jadi kabupaten Bojonegoro kali ini.

“Selain itu, secara pribadi olahraga lari merupakan hoby yang sudah sering saya lakukan, sebagai sarana agar tetap sehat an bugar,” pungkasnya.

Sementara terkait pengamanan jalanya kirab yang melewati jalan nasional, dirinya telah menyiagakan personel di setiap simpul-simpul persimpangan jalan, guna menghindari terjadinya kemacetan arus lalu-lintas.

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut – Pasar Dander – Jalan Jalur Bojonegoro – Nganjuk, hingga nantinya api abadi tersebut untuk sementara disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro yang berada di Jalan Pahlawan atau tepatnya di selatan Alun-alun Kota Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Sementara itu, tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Mereka baris rapi di sepanjang jalan sambil membawa bendara kecil yang dilambai-lambaikan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

**(Kis/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More