Baca Ini Lima Perintah FIFA Untuk Perbaikan Sepak Bola Indonesia Terbaru

Dedi Suparman

Baca Ini Lima Perintah FIFA Untuk Perbaikan Sepak Bola Indonesia Terbaru
Bagikan

Larang Pertandingan Bola Malam Hari

Berita Terkini; Fédération Internationale de Football Association (FIFA) mengirimkan surat sebagai tindak lanjut tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pekan lalu. Surat itu menegaskan FIFA tidak menjatuhkan sanksi pada dunia persepakbola Indonesia. Namun FIFA mengirimkan surat yang berisi lima point rekomendasi perbaikan dan evaluasi untuk pemerintah Indonesia.

Presiden Jokowi menjelaskan pihaknya sudah melakukan pembicaraan per telepon dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada 3 Oktober 2022 lalu. Surat lima poin kesepakatan ini diterima langsung oleh Jokowi sebagai tindak lanjut percakapan keduanya via telepon.

“Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers seperti ditulis Satu Viral di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Kelima point itu dikeluarkan sebagai upaya pembenahan sepakbola pasca tragedi Kanjuruhan. Poin pertama adalah membangun standar keamanan stadion di seluruh Indonesia. Ada tiga hal yang ditekankan FIFA terkait poin ini. Langkah pertama FIFA mendorong adanya peninjauan secara komprehensif pada stadion di indonesia, agar memenuhi standar keamanannya.

Polisi Ungkap Penyebab Korban Tewas di Kanjuruhan Bukan Gas Air Mata

Rakyatnesia

“Penempatan personel keamanan, steward, suporter, dan pemain dilakukan secara terpisah sepanjang laga. Dan poin ketiga adalah meninjau sistem keamanan di stadion,” kata Jokowi.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Kedua memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Standar keamanan itu harus berdasarkan standar keamanan internasional. Poin ketiga melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama. Keempat mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada. Terakhir menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Pemerintah dan FIFA Bentuk TIM Transformasi Sepak Bola

Jokowi melanjutkan Pemerintah Indonesia bersama-sama dengan (FIFA) akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Hal tersebut merupakan tindak lanjut usai menerima lima point pernyataan dari FIFA.

“Nantinya perwakilan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia,” ujar Presiden Jokowi .

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Selanjutnya, Kepala Negara ini menegaskan FIFA meminta jadwal pertandingan ditinjau ulang untuk menghindari situasi berisiko.

“FIFA menyarankan agar pertandingan digelar tak lebih dari pukul 5 sore. Juga hanya untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu),” tegas Jokowi.

Mantan GUbernur DKI Jakarta ini menyebutkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Kedatangannya diprediksi bulan Oktober atau November 2022. Gianni datang untuk berdiskusi dengan pemerintah demi perbaikan keamanan pertandingan sepak bola di Indonesia.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Bagikan

Also Read