Inovasi Puskesmas Temayang QR-YANSWAB, Mewakili Jatim Ke Lomba Tingkat Nasional

96

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Inovasi QR-YANSWAB (Quick Respon Pelayanan Swab) yang dikembangkan oleh Badriatus Solihatin, tenaga Kesehatan (nakes) Analis Puskesmas Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa timur, yang berhasil meraih uara 1 tingkat Provinsi.

Atas pencapaian ini, Badriatus Solihatin menjadi perwakilan Jawa Timur sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik ke lomba tingkat nasional. Inovasi ini juga dibantu oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan POLRI yakni, Polsek Temayang dan Koramil Temayang.

QR-YANSWAB sendiri ialah Respon Cepat pelayanan swab Puskesmas Temayang untuk segera dilayani sehingga dapat segera mendapat penanganan yang diperlukan dengan demikian tingkat keparahan dan angka kematian dapat ditekan.

Beberapa program tracing di tingkat desa dengan beberapa macam diantaranya adalah Tes Swab ke Desa tracing virus keliling (TESA ke Desa Traveling) yaitu melakukan tracing di 12 desa yang berada di wilayah Kecamatan Temayang itu.

Selanjutnya, mereka siap bergerak pelayanan swab (Siber Yanswab) yaitu layanan screening dengan cara keliling di tempat umum. Selanjutnya Chamber swab keliling (CS Keliling) yaitu pelaksanaan layanan swab yang bisa bisa dibongkar pasang agar memudahkan tenaga kesehatan (nakes) jemput bola ke masyarakat.

“Kami berikan apresiasi kepada petugas laboratorium Puskesmas Temayang serta TNI dan POLRI yang telah melakukan tracing di tingkat desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Temayang ini,” ujar Camat Temayang Imam Cahyono bangga.

Lanjut Imam Cahyono, pihaknya juga memberikan apresiasi dari Dinas Kesehatan Bojonegoro karena sangat membantu dalam penanganan virus Covid-19 di wilayah pinggiran hutan itu.

Baca Juga  Polda Sulut Ungkap Kasus Perdagangan Bayi di Kota Manado

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro dr Ani Pujinimngrum mengatakan bahwa keterlibatan Badriatus Solihatin dengan inovasinya sangat membantu kepada penyintas covid maupun kontak erat dengan penyintas covid.

“Selamat atas pencapaian Saidari Badriatus Solihatin yang telah berhasil meraih uara 1 tingkat Provinsi dan menjadi perwakilan Jawa Timur sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik ke lomba tingkat nasional. Tetap semangat,” kata Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ani Pujiningrum, sambil berharap.

Baca Juga  Mau Perpanjang SIM Secara Online? Simak Caranya Di sini…

Sementara itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, juga menyampaikan ucapan selamat atas inovasi QR-YANSWAB yang menjadi perwakilan Jawa Timur ke tingkat nasional.

“Saya bangga sekali dengan saudari Badriatus dengan inovasi yang sangat jitu yaitu QR-YANSWAB. Selamat atas pencapaiannya ditingkat provinsi dan terus semangat semoga mendapatkan juaralagi di tingkat nasional,” kata Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu.

Untuk mendukung inovasi ini, pihak Puskesmas Temayang mengharapkan dukungan masyarakat Bojonegoro di tingkat nasional dengan meng-like dan share video YouTube tentang QR-YANSWAB di link https://youtu.be/bkNXyGa6tKo.

Bagi masyarakat Kecamatan Temayang yang mengalami hilang indra penciuman, batuk/pilek, maupun tenggorokan sakit dapat menghubungi layanan QR-YANSWAB Puskesmas Temayang di nomor telepon 082247319331.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More