Video Gempa Palu 5,2 M dan Bulukumba 4,8 M HOAX, Polisi Tangkap Pelaku

moch akbar fitrianto

pelaku Video Hoax
Bagikan

Nasional – Video Gempa Palu 5,2 M dan Bulukumba 4,8 M HOAX, Polisi Tangkap Pelaku, Banyaknya gempa yang terjadi Di Indonesia khususnya di daerah sulawesi ternyata dimanfaatkan dengan licik oleh seorang warga untuk mendapatkan keuntungan. Gempa ang dimaksud adalah gempa Baru di Palu sera di Bulukumba. Hal ini tentu meresahkan warga setempat.

Sebelumnya telah terjadi gempa dengan kekuatan M 5,2 di Palu pada 9 Oktober 2018 pukul 04.15 WIB dan gempa dengan kekuatan M 4.8 di Bulukumba Sulsel pada 7 Oktober 2018 pukul 15.40 WIB.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan kedua gempa tadi tidak menimbulkan dampak merusak dan korban jiwa.

Gempa M 5,2 di Palu berlokasi di 0.89 LS, 119.93 BT, atau 5 kilometer timur laut Kota Palu, dengan kedalaman pusat gempa 10 kilometer atau termasuk gempa dangkal.

Baca juga :  Selamat dari Gempa dan Tsunami Palu, Warga Asal Mlideg, Kedungadem Ini, Pulang…

Menurutnya, gempa di Palu dirasakan kuat selama sekitar 5 detik dan masyarakat setempat sempat panik. Namun, gempa ini tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa.

Video Gempa Palu 5,2 M dan Bulukumba 4,8 M HOAX

Sutopo mengatakan para oknum telah menyebarkan video dan foto-foto di media sosial bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa. “Video dan foto tersebut adalah dokumentasi dampak gempa M 7,4 di Donggala yang terjadi pada 28 September 2018 sore,” ujar Sutopo.

Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang. Jika gempanya kecil pasti tidak menimbulkan dampak. Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. “Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar adanya informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pelaku Penyebar Video HOAX Gempa Bulukumba

Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Bulukumba telah menahan IA (15 tahun), penyebar hoax tentang gempa, Senin (8/10/2018) malam.

Ia menggemparkan warga Bulukumba, khususnya diwilayah pesisir dengan membuat berita hoax tentang gempa bumi melaui akun facebooknya, Selasa (2/10/2018).

Bahkan dari statusnya itu, banyak warga yang mengungsi. Hal itu mengundang kekesalan beberapa pihak, termasuk Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bulukumba, Yusuf Ucup, hingga akhirnya melaporkan status IA ke Polres Bulukumba.

Pemeriksaan perdana IA telah dilakukan oleh Tipidter Polres Bulukumba, Selasa (9/10/2018).

 

Video Gempa Palu 5,2 M dan Bulukumba 4,8 M HOAX

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar