Gubernur Khofifah Ajak Para Peserta Pengajian Doakan Korban Insiden Kanjuruan

Sukisno

Gubernur Khofifah Ajak Para Peserta Pengajian Doakan Korban Insiden Kanjuruan
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri pengajian akbar yang digelar Pondok Pesantren Al Fattah di Buduran Sidoarjo, Minggu (9/10/2022).

Pada kesempatan ini Gubernur mengajak para jamaah pengajian, para santri, wali murid dan jajaran pengasuh pondok pesantren untuk ikut mendoakan para korban insiden Kanjuruhan Malang.

“Bapak ibu saat ini ada 131 warga Jatim yang meninggal akibat insiden Kanjuruhan pada 1 Okober lalu. Saya mohon kita ikhlas memberikan doa agar mereka yang meninggal diampuni oleh Allah SWT dan semoga mereka meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Sedangkan yang sekarang masih dirawat semoga segera diberikan kesembuhan,” tutur Gubernur Khofifah, yang dilanjutkan  dengan membaca surah Alfatihah.

Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah, juga menyampaikan bahwa pengajian akbar ini bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal yang mana merupakan bulan kelahiran Rasulullah Muhammad SAW. Oleh karenanya, Ia berdoa dan berharap, agar semua peserta pengajian di Ponpes Al Fattah mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. 

Baca Juga  Polsek Lamongan Kota Rutinkan Tadarus Al-Quran Untuk Mengisi Kegiatan Ramadhan

Menurutnya, pesantren merupakan tempat yang sangat tepat menjalankan proses belajar menganai akhlak. Pesantren adalah tempat yang bisa diharapkan untuk melahirkan generasi bangsa yang pintar dan benar. “Ini harapan kita bahwa pesantren akan menjadi pengawal dari berbagai proses kehidupan berbagsa dan bernegara,” ujarnya.

Gubernur pun menyinggung apa yang disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr. dr. Sukadiono, tentang proses dalam penyampaian dakwah.

“Saya mengikuti dawuhnya Bapak Rektor universitas Muhammadiyah Surabaya, bagaiman kita diajak untuk mendapat referensi kehidupan. Kalau ada proses dakwah, maka akan ada proses bil mauizhatil khasanan (Pendekatan dengan mengajak ke jalan Allah). juga ada proses bil hal (pendekatan dengan memberi contoh), dan bil mujadalah (pendekatan diskusi atau berdebat). Maka, jangan hanya dengan bil mujadalah, dan referensinya dari sosmed. Saya berharap pandai-pandai lah kita bisa menyisir karena ini menjadi penting supaya kita tidak terjebak yang salah,” ujarnya. 

Baca Juga  Berlagak Jagoan, 7 Pendekar Silat Ini Salah Hadang Orang, Yang Ternyata Anggota Polisi

Gubernur pun mengimbau agar ada penguatan dakwah yang disampaikan secara berimbang antara bil lisan (dengan perkataan), bil hal (dengan perbuatan), dan bil mal (dengan pedekatan berbagi/shodaqoh).  

“Kalau bil mal sudah biasa dilakukan banyak elemen dari organisasi Muhammadiyah. Begitupun bil hal yang sudah diberikan Muhammadiyah dengan memberikan support yang luar biasa. Maka penguatan berseringan bil lisan, bil hal, dan bil mal harus terus kita bangun keberimbangannya,” tutur Gubernur.

“Atas nama Pemprov Jatim, kami mengucapkan terimakasih atas kontribusi pendidikan semua lembaga termasuk Muhammadiyah yang menaungi Ponpes Al Fattah. Mudah-mudahan memberikan sinergi bagaimana proses pendidikan ini aspek Taklimnya (pengajaran) tentu dan Tarbiyahnya (pengasuhan) tentu. Begitu pula dalam hal takdzim (kesopanan) yang sangat penting, karena bagaimana pondok pesantren menjadi referensi pendidikan penuh kesantunan dan keberadaban. Ini insyaallah menjadi pondasi bagaimana menyiapkan santri-santri yang pintar dan bener,” ucap Gubernur Khofifah. 

Baca Juga  Kendalikan Harga Pokok DI pasar, Pemkab Lamongan Lakukan Operasi Pasar Murah

Pada kegiatan ini, Gubernur Khofifah juga berkesempatan meresmikan Gedung Asrama dan Masjid Pesantren Al Fattah .

Pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Ustadz Nurul Huda, menyampaikan, pengajian akbar yang digelarnya bertema “Peran Pesantren dalam Mewujudkan Islam yang Rahmatal Lil Alamin”. Tema ini diambil, karena Islam sebagai agama penuh rahmat memiliki aksi-aksi nyata. Sebagai contoh di Ponpes Al Fattah aksi nyatanya berupa membangun masjid sebagai ikon Islam yang rahmah. 

Tak hanya itu, Ponpes  Al Fattah juga mengembangkan pesantren melalui bantuan Pemprov Jatim berupa pembangunan asrama 3 lantai untuk para santri. 

“Ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang rahmah. Selain itu mari wujudkan Islam Lil Alamin dengan menambah wawasan ilmu di majlis-majlis. Dan alhamdulillah saat ini Al Fattah bisa mewujudkannya dengan mengadakan Pengajian Akbar,” pungkasnya.

**(Byan/Red).

Bagikan

Also Read