Bojonegoro Bakal Miliki Pasar Wisata, Ditargetkan Rampung Akhir Tahun 2021 Ini

Sukisno

Bojonegoro Bakal Miliki Pasar Wisata, Ditargetkan Rampung Akhir Tahun 2021 Ini
Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro berencana membangun Pasar Wisata Bojonegoro (PWB) yang merupakan revitalisasi pasar daerah Banjarjo Unit 2.

Pembangunan Pasar Wisata itu berada di Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Kota Bojoneforo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Dimana, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PKPCK) Bojonegoro, menargetkan pembangunan rampung di bulan Desember 2021 ini.

Proses pembangunan PWB tersebut kini mencapai 76 persen. PWB dibangun di area Eks Pasar hewan, dengan menelan dana yang bersumber dari APBD Bojonegoro 2021 sebesar Rp 73 miliar.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Dengan dirubahnya Pasar hewan di Banjarjo menjadi Pasar Wisata Bojonegoro, rencananya Pasar Hewan akan direlokasi ke Pasar Hewan batu yang ditempatkan di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, yang kini juga proses pembangunan.

Kepala Dinas PU PKPCK Bojonegoro Adie Witjaksono melalui Kabid Tata Bangunan Dinas PKPCK Bojonegoro, Beny Kurniawan, bahwa PWB itu dibangun dua lantai. Ada kios 206 unit, stan kering 559 unit dan stan basah 951 unit.

“Bangunan 2 gedung, yakni gedung A dan gedung B. Lantai bawah untuk loss (stan,red) kering dan basah,” katanya.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Lanjut Beny, saat ini dalam proses pengerjaan arsitektur finishing, pengacatan, pagar keliling, dan pemasangan beton U-Dicth. Pihaknya meminta kontraktrir untuk mempercepat pengerjaan proyek.

“Tetap mengedepankan kualitas pekerjaann dan keselamatan serta kesehatan kerja,” tegasnya.

Perlu diketahui, Pemkab Bojonegoro mempunyai 11 pasar daerah. Tahun 2020, pemkab telah merevitalisasi 9 pasar daerah. Tujuannya, selain lebih nyaman, bersih dan aman, revitalisasi pasar tradisional juga punya fungsi memajukan ekonomi daerah.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read