Berita

Peraih Gelar Terbanyak NBA: Siapa Tim yang Paling Berprestasi dalam Sejarah NBA?

National Basketball Association (NBA) telah menjadi andalan olahraga Amerika sejak didirikan pada 3 Agustus 1949, dengan penggabungan Basketball Association of America (BAA) dan National Basketball League (NBL).

Sejak saat itu, banyak tim telah menorehkan nama mereka dalam buku sejarah liga dengan muncul sebagai juara setelah musim yang melelahkan, mengalahkan banyak pesaing dalam perjalanannya.

Dengan semakin dekatnya dimulainya musim 2024-25, Sports Mole menyelidiki tim-tim NBA yang telah memenangkan gelar terbanyak hingga saat ini, menelusuri era-era dominan mereka.

Siapa yang telah memenangkan gelar terbanyak NBA?

Boston Celtics – 18 gelar

Boston Celtics saat ini berdiri sendiri sebagai franchise tersukses dalam sejarah NBA, setelah meraih rekor gelar ke-18 setelah kemenangan mereka di musim terakhir.

Dipimpin oleh Bill Russell, yang saat ini memegang rekor perolehan cincin NBA terbanyak dengan 11, Celtics bangkit mendominasi pada tahun 1960-an, satu dekade di mana mereka secara luar biasa memenangkan sembilan gelar, dan hanya gagal mencapai puncaknya pada tahun 1967.

The Boston Celtics pose for a photo after winning the 2024 NBA title on October 2, 2024© Imago

Periode pembangunan kembali membuat tahun 1970-an menjadi era yang jauh kurang sukses bagi Celtics, tetapi mereka masih berhasil menambah dua gelar lagi pada tahun 1974 dan 1976 sebelum memenangkan tiga kejuaraan dalam kurun waktu lima tahun antara tahun 1981 dan 1986, sebagian besar berkat kepahlawanan Larry Bird.

Baca Juga  Pebasket dengan Gelar Juara NBA Terbanyak: Siapa Pemain paling Berprestasi dalam Sejarah NBA?

Yang terjadi selanjutnya adalah paceklik gelar selama 22 tahun, setelah itu Celtics bangkit kembali ke puncak bola basket Amerika sekali lagi pada tahun 2008, dipimpin oleh trio Paul Pierce, Ray Allen, dan Kevin Garnett.

Celtics kembali ke final pada tahun 2010 dan 2022, meskipun mengalami kekalahan pada kedua kesempatan dari Los Angeles Lakers dan Golden State Warriors.

Namun, Celtics mencatat salah satu musim paling dominan dalam sejarah NBA terakhir kali dan pantas mendapatkan trofi Larry O’Brien yang sangat didambakan.

Anak asuh Joe Mazzulla memenangkan 80 dari 101 pertandingan mereka di musim reguler dan babak playoff, mengalahkan Miami Heat, Cleveland Cavaliers, dan Indiana Pacers untuk menyiapkan pertandingan final melawan Dallas Mavericks, yang tidak berdaya menghindari sapu bersih.

Siapa penantang terdekat Celtics sebagai tim NBA yang paling berprestasi?

Sebelum kemenangan mereka di musim 2023-24, Boston Celtics imbang dengan Los Angeles Lakers dalam 17 kejuaraan, dengan kedua tim menyumbang hampir setengah dari 78 gelar NBA dalam sejarah.

Kobe Bryant pictured during the Lakers' NBA title parade on October 2, 2024© Imago

Lakers memenangkan gelar pertama mereka pada tahun 1949 untuk mengawali era dominan dengan lima kejuaraan selama enam musim berikutnya, tetapi masalah keuangan memuncak pada akhir tahun 1950-an yang mengerikan.

Setelah pindah ke Los Angeles pada awal dekade tersebut, layanan normal segera dilanjutkan pada tahun 60-an saat Lakers mencapai enam final NBA, meskipun mereka dikalahkan di semua final oleh Celtics.

Baca Juga  Siapa Pebasket NBA Tertinggi? Apakah Victor Wembanyama Masuk dalam 10 Pemain NBA Tertinggi Sepanjang Masa?

Lakers akhirnya mengakhiri penantian 18 tahun mereka untuk meraih gelar dengan mengalahkan New York Knicks pada tahun 1972 sebelum menjalani masa mengecewakan lainnya hingga awal tahun 1980-an.

Seperti Celtics 20 tahun sebelumnya, “Showtime Lakers” adalah tim yang menonjol pada tahun 80-an setelah tampil di delapan final—lima di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Pensiunnya beberapa pemain kunci, seperti Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, dan James Worthy, berarti Lakers tidak dapat mempertahankan status mereka sebagai tim yang harus dikalahkan.

Mereka tidak dikenal dalam waktu yang lama di tahun 1990-an, tetapi akuisisi Kobe Bryant dan Shaquille O’Neal pada tahun 1996 menandai dimulainya era keemasan lainnya di tahun 2000-an.

Di bawah asuhan pelatih Hall of Fame Phil Jackson, Kobe dan Shaq memimpin Lakers meraih tiga gelar berturut-turut antara tahun 2000 dan 2002, setelah itu Pau Gasol memainkan peran pendukung bagi Kobe dalam perjalanan menuju kejuaraan berturut-turut pada tahun 2009 dan 2010 setelah keluarnya O’Neal pada tahun 2004.

Apa yang terjadi selanjutnya bagi Lakers adalah fase pembangunan kembali yang membuat mereka mengalami kekeringan playoff terpanjang dalam sejarah sebelum kedatangan LeBron James dan Anthony Davis menghasilkan gelar lain pada tahun 2020.

Sementara Lakers dan Celtics mendominasi tahun-tahun awal NBA, Golden State Warriors telah menjadi tim paling sukses selama dekade terakhir, memenangkan empat kejuaraan sehingga total mereka menjadi tujuh setelah kemenangan sebelumnya pada tahun 1947, 1956 dan 1976.

Baca Juga  Jadwal NBA 2024-25: Jadwal Pramusim, Pertandingan Penting, Tanggal-Tanggal Penting Musim Ini

Dipimpin oleh Steph Curry, yang saat ini memegang rekor three-pointer terbanyak dalam sejarah NBA, Warriors melaju ke lima final berturut-turut antara 2015 dan 2019, sebelum kembali ke panggung besar pada tahun 2022 untuk memenangkan gelar nomor tujuh dengan mengalahkan Celtics.

Tepat di belakang Warriors dalam hal gelar adalah Chicago Bulls, yang banyak orang klaim memiliki rentang paling dominan saat mereka berkuasa pada tahun 1990-an.

Bekerja sama dengan Scottie Pippen dan Dennis Rodman, Michael Jordan adalah landasan dari “tiga besar” terhebat dalam sejarah NBA saat Bulls menyelesaikan dua three-peats dalam rentang waktu delapan tahun.

Steph Curry pictured during the Warriors' championship parade on October 2, 2024© Imago

Gelar terakhir Bulls dari enam gelar diraih pada tahun 1998, setelah itu mereka direbut satu tahun kemudian oleh San Antonio Spurs, yang memulai dinasti mini mereka sendiri, memenangkan empat kejuaraan selama sembilan tahun berikutnya.

Setelah lima tahun tidak tampil di final antara tahun 2008 dan 2012, Spurs bertanding di edisi 2013 melawan Miami Heat dan kalah 4-3, tetapi tidak membuang waktu untuk membalas dendam saat kedua tim bertemu lagi di final 2014.

TIM LAIN MANA YANG TELAH MEMENANGKAN BANYAK KEJUARAAN NBA?

Philadelphia 76ers (1955, 1967 dan 1983), Detroit Pistons (1989, 1990 dan 2004) dan Miami Heat (2006, 2012 dan 2013) semuanya seri dalam tiga kejuaraan NBA, meskipun tidak ada tim yang mencapai lebih banyak final selama 20 tahun terakhir daripada Heat (tujuh).

Saat ini, New York Knicks (1970 dan 1973), Houston Rockets (1994 dan 1995) dan Milwaukee Bucks (1971 dan 2021) memiliki dua gelar NBA.

Sumber Sportsmole

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button