Polres Bojonegoro Launching BOBOTA, Guna Mendukung Tugas-tugas Kepolisian, Di Tengah Pandemi Covid-19

3

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan berkenan melaunching inovasi berbasis aplikasi Information Technology (IT) yakni Robot Bojonegoro Tangguh (BOBOTA) di tengah Pandemi Covid-19.  

Launching digelar di halaman Mapolres Bojonegoro, Selasa (6/10/2020). Robot Bojonegoro Tangguh atau BOBOTA itu, bertujuan untuk mendukung tugas-tugas Kepolisian di tengah pandemi Covid-19 ini.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan kepada awak media mengatakan, bahwa BOBOTA ini dibuat untuk memanfaatkan era teknologi dan di masa pandemi ini BOBOTA bisa dimanfaatkan untuk memyampaikan pesan-pesan atau himbuan baik himbuan protokol kesehatan atau kamtibmas.

Masih menurut Kapolres, BOBOTA ini merupakan produk asli dari anggota Polres Bojonegoro yakni Brigadir Nanang Saiful Hanafi dan berkolaborasi dengan anak-anak milenial juga asli Bojonegoro.

“BOBOTA ini asli buatan Brigadir Nanang seorang anggota Polres Bojonegoro,” ujar Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, kepada para awak media.

AKBP M. Budi Hendrawan menjelaskan, BOBOTA di dukung fitur-fitur diantaranya :

  1. Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition) : Kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.
  • AI Camera (FaceMask Detection Alert) Menggunakan pemanfaatan AI dan IoT yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker.
  • Video Call merupakan salah satu fitur untuk berkomunikasi 2 arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir  kontak langsung.  Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, himbauan, dan juga play audio.
  • Mobile Traffic Light yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat di  sesuaikan dengan kebutuhan.
  • PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ merupakan kamera yang dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu.

Salah satu fitur BOBOTA  adalah bisa mendeteksi warga yang tidak memakai masker di tengah kerumunan massa serta dapat berinteraksi dengan warga. Warga yang terdeteksi melanggar protokol kesehatan juga akan ditegur secara langsung petugas melalui command center yang berada di Mapolres Bojonegoro.

“Fungsi BOBOTA yang sangat penting adalah melakukan perekaman data masyarakat yang melanggar ketertiban dan melanggar hukum,” tandas Kapolres.

Di tempat yang sama saat ditemui awak media, Brigadir Nanang Saiful Hanafi menyampaikan BOBOTA ini merupakan robot berbasis information technologi dimana banyak sekali fitur-fitur yang ada di BOBOTA.

Lanjut Brigadir Nanang, Robot patroli tersebut akan digunakan sebagai alat pendukung tugas Polri menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dalam proses pembuatan BOBOTA, membutuhkan waktu sekitar dua bulanan.

“Alhamdulillah,  bisa memberikan yang terbaik bagi Polres Bojonegoro,” ucap pria alumni SMA Negeri 1 Bojonegoro tahun 2006.

Launching tersebut juga diikuti, Wakapolres Bojonegoro, Kabag Ops Polres Bojonegoro, para Kasat, Kasubbag Humas dan awak media cetak, elektronik, media online/siber Pokja Polres Bojonegoro.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More