Tekno

Ini Spesifikasi Vivo Y12 dan Vivo Y35 di Tahun 2024, Apakah Masih Worth It Dibeli?

Smartphone asal China memang terkenal dengan harganya yang murah. Meski murah tetapi mereka menawarkan kualitas. Bahkan untuk spesifikasi atau kelas yang sama, smartphone asal tersebut mampu dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Salah satu produsen ponsel murah asal China yang terkenal di Indonesia adalah Vivo. Bahkan untuk smartphone lawas pun masih relevan untuk digunakan pada saat ini. Beberapa diantaranya seperti Vivo Y12 atau Vivo Y35 yang worth it di tahun 2024.

Lantas apa alasan Vivo Y12 masih layak dibeli? Dilansir dari beberapa sumber terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Vivo Y12, diantaranya adalah:

1. Layar besar dan jernih

Berbicara layar, maka Vivo Y12 memiliki dimensi 6,35 inci dengan panel IPS LCD dan resolusi HD+ cukup memberikan pengalaman menonton yang baik. Desain layar penuh dan rata memberikan tampilan modern, meski harga yang ditawarkan sangat mahal.

Layarnya yang besar, tentunya Vivo Y12 mendukung untuk menonton video, bermain game, media sosial, hingga browsing.

2. Kuat dan Tahan Lama

Meski dijual lebih murah dibandingkan smartphone sekelasnya, namun Vivo Y12 memiliki durabilitas yang tangguh. Banyak pengguna yang sudah membuktikan keawetannya, meski sering jatuh, tetapi Vivo Y12 tetap berfungsi dengan baik.

Dengan durabilitasnya yang tangguh, tentunya smartphone ini cocok untuk mereka yang bekerja di lapangan. Mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi. Sehingga wajar saja jika Vivo Y12 banyak dicari oleh masyarakat.

3. Harga Terjangkau

Keunggulan lain dari Vivo Y12 adalah harganya yang terjangkau. Pada tahun 2024, ponsel ini mungkin hanya dibanderol sekitar Rp700.000 hingga Rp800.000, tergantung model yang dipilih. Ada dua varian RAM yang bisa dipilih, yakni RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB atau RAM 3 GB dengan penyimpanan 64 GB.

Dengan harga yang murah, tapi kamu bisa mendapatkan smartphone dengan fitur yang lengkap, seperti kamera sudut lebar, sensor sidik jari, dan face unlock. Pada titik harga ini, Vivo Y12 menawarkan nilai terbaik untuk uang, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang mencari ponsel murah dengan desain ramah anggaran.

4. Baterai tahan lama

Vivo Y12 memiliki kapasitas baterai yang besar. Dengan baterai berkapasitas 5000mAh, Vivo Y12 mampu bertahan lama meski dalam penggunaan ringan seperti chatting dan browsing. Jika digunakan tanpa game, ponsel ini mampu bertahan 2-3 hari dalam sekali charge.

Dengan harga yang terjangkau, fitur yang banyak, dan daya tahan yang kuat, Vivo Y12 masih menjadi pilihan primadona di tahun 2024.

5. Kamera dengan fitur lengkap

Salah satu keunggulan Vivo Y12   dengan kamera dengan layar lebar, termasuk ultra-wide. Vivo Y12 memiliki kamera utama 13 MP dan kamera selfie 8 MP, mampu memenuhi kebutuhan foto sehari-hari.

Fungsi kamera belakang ultra lebar merupakan keunggulan tambahan. Jika kamu suka mengabadikan momen atau memotret untuk media sosial, Vivo Y12 selalu bisa diandalkan.

Keunggulan Vivo Y35

Produk lain dari Vivo yang masih worth it untuk dibeli pada tahun 2024 adalah Vivo Y35. Seperti apakah keunggulannya, berikut beberapa keunggulan dari Vivo Y35 diantaranya adalah:

1. Performa luar biasa

Vivo Y35 dibenamkan chipset Snapdragon 680 besutan Qualcomm. Dapur pacu ini mengutamakan efisiensi daya, sekaligus memastikan kinerjanya baik dalam keseharian. Snapdragon 680 memiliki fitur berbeda. Diantaranya ada prosesor delapan inti, GPU Adreno 610, prosesor AI bernama Hexagon 686, prosesor gambar Spectra 346, dan modem 4G X11 LTE.

Untuk prosesornya, chipset ini menggunakan empat core efisiensi Kryo 265 Gold (2,4 GHz) dan empat core efisiensi Kryo 265 Silver (1,9 GHz). Kryo 265 Gold menggunakan inti Cortex-A73, sedangkan Kryo 265 Silver menggunakan mikroarsitektur asli Cortex-A73.

Ada juga fitur Extended RAM 3.0 yang fungsinya untuk menambah RAM hingga 8 GB. Namun fitur ini tidak akan terlalu penting karena RAM bawaan Vivo Y35 sudah sangat besar.

2. Desain ramping

Bicara tentang tampilan maka Vivo Y35 ini memiliki desain yang ramping, dengan dua pilihan warna keren: Dawn Gold dan Agate Black. Namun varian Agate Black mampu menghasilkan efek hologram garis X jika terkena cahaya.

Namun kedua varian warna tersebut hadir dengan teknologi Crystalline Mate yang membuat bodi ponsel tahan terhadap goresan dan sidik jari. Keunikan desain ponsel ini adalah bezel free, modul kamera berwarna hitam, dan water drop notch.

Yang paling menarik dari desain Vivo Y35 adalah sertifikasi IP54 artinya ponsel ini tetap berfungsi dengan baik meski berdebu atau terkena cipratan air dari berbagai arah.

3. Memori besar dan slot microSD

Untuk ponsel kelas entry level maka Vivo Y35 memiliki memori yang tergolong besar. Ponsel ini memiliki RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Jika RAM dirasa kurang, kamu  bisa menggunakan fitur Extended RAM 3.0 untuk menambah hingga 8GB.

Jika merasa kurang maka penyimpanan ponsel ini juga bisa diperluas melalui microSD. Vivo Y35 juga punya slot microSD khusus. Terdapat tiga slot kartu di ponsel ini, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu microSD.

Kamu tak perlu bingung apakah akan memasukkan dua kartu SIM atau menggunakan satu kartu SIM dan satu kartu microSD sebagai ponsel dengan dua slot SIM.  Kapasitas kartu microSD yang bisa dimasukkan mencapai 1TB.

Ini menjadi kabar baik mengingat ponsel mahal masa kini tidak memiliki slot microSD. Vivo memperkirakan ruang 128 GB akan menampung 725 set TV.

4. Layarnya lebar dan nyaman

Untuk Vivo Y35 memiliki ukuran 6,58 inci. Layar ponsel ini memiliki resolusi full HD (1080 x 2408 piksel), rasio aspek 20:9 dan kerapatan piksel 401 ppi. Vivo mengklaim layar Y35 memiliki tingkat kecerahan hingga 550 nits.

Hal menarik lainnya dari layar ponsel ini adalah mendukung refresh rate 90Hz dan memiliki filter untuk meredam cahaya biru. Refresh rate 90Hz akan membuat media streaming menjadi lebih menyenangkan.

5. Baterai besar 5000 mAh

Vivo Y35 memiliki kapasitas baterai besar yaitu 5000 mAh. Dengan kemampuan tersebut, ponsel ini akan memiliki daya tahan baterai hingga 14,3 jam untuk streaming film HD. Kamu juga dapat memainkan game ini selama lebih dari tujuh jam.

Untuk pemakaian normal, Vivo Y35 mampu bertahan selama 1,5 hari. Baterai ponsel ini ditenagai teknologi pengisian cepat 44W. Waktu pengisian baterai sangat cepat, 0-70% hanya membutuhkan waktu 34 menit.

Itulah beberapa keunggulan dari Vivo Y12 dan Vivo Y35 yang masih relevan digunakan pada tahun 2024. Dengan spesifikasi berkualitas dan harga yang murah, maka kedua smartphone asal china ini bisa memenuhi kebutuhan teknologi dengan harga yang terjangkau.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button