BeritaOlahraga

Daftar Sepuluh Pemain Basket Terpendek dalam Sejarah NBA

Meskipun basket bisa dibilang satu-satunya olahraga yang paling mementingkan tinggi badan, kita telah melihat beberapa atlet menentang segala rintangan dan membuktikan bahwa tinggi badan tidak menentukan kemampuan seseorang untuk berhasil dalam permainan.

In the shadow of giants: Who is the shortest NBA player?

© Imago

Seperti di liga lain, para pemain unik ini berada pada posisi yang kurang menguntungkan saat melawan bintang-bintang tertinggi di NBA, tetapi bakat, keterampilan, dan cara unik mereka dalam membaca permainan tidak hanya membuat mereka menonjol, tetapi juga membuat beberapa di antaranya memiliki karier yang luar biasa.

Isiah Thomas, yang direkrut sebagai pilihan kedua secara keseluruhan pada tahun 1981 oleh Detroit Pistons, memiliki tinggi 6 kaki 1 inci tetapi memimpin tim tersebut untuk meraih gelar NBA berturut-turut antara tahun 1989 dan 1990, sambil dinobatkan sebagai MVP Final pada tahun 1990 dan mengakhiri kariernya yang gemilang sebagai All Star 12 kali.

Baca Juga  Prediksi Skor Bayer Leverkusen vs. Holstein Kiel, Jadwal Bundesliga Jerman,5 Oktober 2024

Seperti Thomas, ada beberapa pemain pendek lain yang meninggalkan jejak di liga, termasuk Spud Webb, yang meskipun menjadi pemain terpendek ketiga yang menghiasi NBA dengan tinggi 5 kaki-6 inci, menikmati karier selama 12 tahun dan secara luar biasa memenangkan Kontes Slam Dunk 1986.

Dengan dimulainya musim NBA ke-79, Sports Mole mengulas pemain terpendek di liga menjelang musim baru serta rekor pemain terpendek dalam sejarahnya.

SIAPA PEMAIN NBA TERPENDEK?

Point-guard Cleveland Cavaliers Jacob Gilyard saat ini adalah pemain terpendek di liga, dengan tinggi 5 kaki-8 inci dan rentang sayap 5 kaki-10 inci.

Muggsy Bogues in action on November 12, 2009© Imago

Gilyard tampil gemilang di perguruan tinggi, tempat ia menghabiskan lima tahun bersama Richmond Spiders, memenangkan Kejuaraan A-10 pada tahun 2022 dan meraih penghargaan Pemain Paling Berprestasi tahun itu, sebelum hengkang sebagai pemain All-Atlantic 10 empat kali dan pemimpin sepanjang masa Richmond dalam hal assist, steal, dan three-point.

Baca Juga  Daftar Pemain Bintang yang Berpindah Antara AC Milan dan Juventus : Roberto Baggio, Pirlo, Higuain Sampai Kalulu

Pemain berusia 26 tahun itu menandatangani kontrak dengan Memphis Grizzlies pada bulan Maret 2014, dan tampil sebanyak 37 kali, dengan rata-rata 4,7 poin, 1,2 rebound, dan 3,5 assist per pertandingan dengan akurasi tembakan 41,7% dari lapangan, dua tahun sebelum pindah ke Brooklyn Nets dalam kesepakatan dua arah.

Gilyard, yang memegang rekor steal terbanyak dalam sejarah NCAA (466), menandatangani kontrak satu tahun dengan Cleveland Cavaliers enam bulan kemudian, menjadi pemain terpendek dalam sejarah waralaba, memecahkan rekor yang dibuat oleh Isaiah Thomas, yang tingginya 5 kaki 9 inci.

SIAPA PEMAIN NBA TERPENDEK YANG PERNAH ADA?

Meskipun ada sembilan pemain yang tingginya 5 kaki 7 inci atau kurang dalam sejarah NBA, rekor pemain terpendek yang pernah bermain di liga dipegang oleh Muggsy Bogues, yang tingginya 5 kaki 3 inci.

Baca Juga  Prediksi Skor Napoli vs. Como, Jadwal Liga Italia Serie A, 4 Oktober 2024

Direkrut sebagai pilihan ke-12 secara keseluruhan dalam draft NBA 1987 oleh Washington Bullets (sekarang Washington Wizards), Bogues menikmati karier selama 14 musim, bermain untuk Bullets, Charlotte Hornets, Golden State Warriors, dan Toronto Raptors.

Meskipun tinggi badannya kurang, Bogues mencetak poin tertinggi dalam kariernya, 24 poin, dan mencatat 19 assist dalam tiga kesempatan sambil mengakhiri karier NBA-nya dengan 39 blok, terutama satu blok terhadap Patrick Ewing yang tingginya 7 kaki dalam pertandingan antara Hornets dan New York Knicks pada bulan April 1993.

Sepuluh pemain terpendek dalam sejarah NBA

  1. Muggsy Bogues — 5’3″
  2. Earl Boykins — 5’5″
  3. Spud Webb — 5’6″
    = Mel Hirsch — 5’6″
    = Greg Grant — 5’6″
  4. Keith Jennings — 5’7″
    = Red Klotz — 5’7″
    = Wat Misaka — 5’7″
    = Markquis Nowell — 5’7″
    = Monte Towe — 5’7″

Sumber Sportsmole

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button