Pembangunan Pasar Daerah Kalitidu Selesai. Pedagang Sudah Bisa ‘Boyongan’

0 131

BOJONEGORO (Rakyat Indepeden)- Pembangunan Pasar Kalitidu Tahap ke-2, sudah rampung. Kini, pihak pelaksana proyek tinggal bersih-bersih bekas kegiatan pembangunan itu dan merapikannya karena pasar yang berada di Jl Raya Kalitidu tersebut, akan segera difungsikan.

Pembangunan Pasar Tahap kedua, dikerjakan PT. Daya Patra Ngasem Raya yang berkantor di Jl Angling Dharmo Kalitidu itu, memulai pekerjaan 12 Mei dan berakhir 26 Oktober 2016. Pelaksanaan pembangunan bisa diselesaikan lebih awal dari waktu yang ditetapkan.

“Pembangunan Pasar Kalitidu sudah selesai alias sudah jadi. Hari ini, tinggal bersih-bersih sisa atau barang-barang bekas untuk pembangunan pasar. Alhamdulillah, pembangunan Pasar Daerah Kalitidu bisa diselasaikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan,” kata Kepala Disperindag Bojonegoro Basuki, saat meninjau pembangunan Pasar Daerah Kalitidu, Jum’at (30/9/2016).

Tampak, Stand di Lantai II Pasar Daerah Kalitidu, Bojonegoro, Jatim.
Tampak, Stand di Lantai II Pasar Daerah Kalitidu, Bojonegoro, Jatim.

Ditambahkan, dulunya Pasar Kalitidu itu kotor dan kumuh, belum lagi saluran air mampet dan baunya tak sedap. Saat ini, pasarnya megah, bagus, bersih dan memiliki lahan parkir di lantai II yang cukup luas, jadi tak ada kemacetan lagi, di Jl Raya depan Pasar Kalitidu, yang kerap terjadi.

“Kalau lihat bangunan Pasar Daerah Kalitidu yang sekarang cukup megah itu, rasanya kita kayak tidak di Kalitidu. Ini kayak kita berada di Pasar di Kota Surabaya. Karena bagus, megah dan juga indah. Mudah-mudahan, pasar yang sebagus ini, kalau sudah diserahkan kepada pedagang nanti, mereka tetap menjaga kebersihan pasar, sehingga bangunan ini bisa terpelihara dengan baik,” tegasnya.

Saat ditanya, kapan para pedagang bisa ‘boyongan’ ke Pasar Daerah Kalitidu yang selesai dibangun itu. Dia mengatakan, pembangunan Pasar Daerah Kalitidu sudah selesai. Para pedagang sudah bisa boyongan. Silahkan, Perusahaan Daerah (PD) Pasar dengan asosiasi pedangang Pasar Daerah Kalitidu untuk berembug, mengenai kapan bisa pindah dan menempati pasar yang baru itu.

“Kalau sudah jadi, ya tinggal berembug antara PD Pasar dengan para pedagang melalui Asosiasi Pedagang Pasar Daerah Kalitidu. Mencari hari baik, kapan mau pindah pasar yang baru itu, monggo…” ujar Basuki.

Sementara itu, Direktur PT Daya Patra Ngasem Raya Sunarto membenarkan, jika pembangunan Pasar daerah Kalitidu sudah rampung. Tinggal pemasangan 20 rolling door dan pembenahan paving halaman dan samping. Pekerjan yang lain, para pekerja yang lain sudah mulai bersih-bersih sisa bangunan karena segera diserah terimakan kepada Pemkab Bojonegoro dan akan segera ditempati pedagang untuk berjualan di pasar yang baru itu.

“Pembangunan sudah selesai, tinggal membenahi di beberapa titik yang masih kurang bagus. Termasuk, pemasangan rolling door yang tinggal 20 bedak dan sekitar 2-3 hari selesai. Juga membenahi paving halaman depan dan samping. Target kita terakhir tanggal 26 oktober, perkiraan dalam minggu ini, kita sudah berhasil menyelesaikan semuanya. Dengan demikian, terbukti kita bisa menyelesaikan pembangunan lebih awal dari waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Dari data yang berhasil diperoleh rakyatnesia.com menyebutkan, Pasar Daerah Kalitidu dibangun pada tahap I dengan dana Rp 498.785.000; dan untuk tahap kedua dibangun dengan dana Rp 12 miliar 347 juta. Untuk lantai II terdapat 188 kios dan lantai bawah 208 stand. Pasar Daerah Kalitidu juga dilengkapi dengan tempat jualan lesehan, lahan parkir di lantai II seluas yang cukup luas yaitu 40 x 20 meter dan Musholla serta toilet yang memadai. **(Kis/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More