BPNTD Tahap Pertama Didistribusikan, diawali Kecamatan Bojonegoro Kota dan Kedewan

Sukisno

BPNTD Tahap Pertama Didistribusikan, diawali Kecamatan Bojonegoro Kota dan Kedewan
Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Program BNPT (Bantian Pangan Non Tunai) Daerah dari Pemertintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, mulai disalurkan.

Hal itu, setelah disalurkannya 67 keluarga penerima manfaat (KPM) BPNTD, Kamis (30/9/2021). Mereka yang menerima pendistribusian BPNTD tahap 1 periode tiga bulan itu, merasa senang dan bahagia atas bantuan yang diterimanya itu.

Pendistribusian BNPTD baru dilaksanakan di 2 (dua) kecamatan, yakni Kecamatan Bojonegoro dan Kecamatan Kedewan, Sedangkan untuk kecamatan yang lain bakal menyusul untuk digelontoirkan ke KPM.

Adapun bantuan BNPTD tersebut, berupa beras 12,5 kilogram dan telur satu kilogram.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Rinciannya, 23 KPM di Kecamatan Kota dan 44 KPM di Kecamatan Kedewan. Pendistribusian dilaksanakan di Kelurahan Karang Pacar, Kecamatan Bojonegoro serta di Desa Hargomulyo, dan Desa Kedewan, yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Kedewan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Arwan mengatakan, secara keseluruhan tahapan induk sebanyak 2.526 KPM. Sementara untuk P-APBD dan sudah disetujui sebanyak 8.391 KPM. Program percepatan pengentasan kemiskinan bersumber dari APBD ini untuk mengkaver keluarga miskin yang tidak terdaftar sebagai KPM BPNT pusat.

“Hari ini launching di Kecamatan Bojonegoro ada 23 KPM. Setelah ini dilanjutkan di Kecamatan Kedewan 44 KPM. Selanjutnya secara bertahap, kecamatan-kecamatan lain juga akan dilakukan distribusi BPNT daerah. Untuk P-APBD juga sudah disetujui. Nantinya sisa dari 8.391 KPM akan disalurkan setelah P,” ujar Arwan.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Lanjutnya, pencairan periode tiga bulan masing-masing KPM mendapatkan tiga karung beras premium 12,5 kilogram dan tiga kilogram telur. Salah satu penerima manfaat, Kuntono Basuki sangat berterima kasih pada Pemkab Bojonegoro karena melalui BPNT daerah, warga dapat terbantu.

“Bantuan ini sangat bermanfaat karena dapat meringankan beban warga. Untuk prosesnya sangat mudah dan cepat. Saya mengajukan proposal lewat Kelurahan Juli lalu. Sekarang sudah cair. Saya ucapkan terima kasih kepada Bu Anna (Bupati BojonegoroDR Hj Anna Mu’awanah),” tutur pria asal Kelurahan Sumbang ini.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Hal serupa disampaikan Wiwik Ramiana asal Kelurahan Banjarejo. Perempuan usia 45 tahun ini mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan program pro rakyat ini.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Bojonegoro yang memberikan bantuan beras dan telor ini. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk saya bersama keluarga,” ungkapnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read