Rangkuman Peristiwa G30S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila

rakyatnesia.com – Peristiwa G30S PKI, singkatan dari Gerakan 30 September, merupakan sebuah pemberontakan yang dilancarkan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan tujuan menggulingkan pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Peristiwa ini telah menyisakan tanda hitam dalam sejarah bangsa Indonesia dan menjadi cikal bakal peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Latar Belakang G30S PKI

Latar belakang dari peristiwa G30S PKI melibatkan ketegangan antara PKI dan pemerintahan Soekarno. Salah satu sumber ketegangan tersebut adalah perbedaan ideologi antara PKI yang mendukung komunisme dan pemerintah yang menjalankan ideologi nasionalisme.

PKI berusaha mengubah ideologi Indonesia dari nasionalisme menjadi komunisme, sehingga ketegangan antara kedua pihak semakin memuncak.

Selain itu, ada pergesekan antara PKI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memiliki orientasi politik yang berlawanan. Konflik ini semakin memperuncing situasi politik pada masa itu dan berperan penting dalam pemicu terjadinya G30S PKI.

Maka dari itu, PKI ingin menyingkirkan petinggi TNI agar dapat merebut kekuasaan. Di sisi lain, PKI khawatir kesehatan Presiden Soekarno menurun dan usianya tidak lama lagi, sehingga akan terjadi peralihan kekuasaan.

Berbagai latar belakang ini akhirnya memunculkan gerakan pemberontakan dari PKI dengan menculik dan membunuh sejumlah petinggi TNI Angkatan Darat pada 30 September 1965.

Rangkuman Peristiwa G30S PKI

Berikut kronologi atau rangkuman peristiwa G30S PKI.

30 September 1965

1.PKI mendatangi kediaman Jenderal TNI Ahmad Yani, Letnan Jenderal TNI R. Soeprapto, Letnan Jenderal TNI S. Parman, Mayor Jenderal TNI M.T Haryono, Mayor Jenderal TNI D.I Pandjaitan, Mayor Jenderal TNI Sutoyo Siswomiharjo, dan Jenderal A.H. Nasution.
2.PKI berdalih sebagai Cakrabirawa, pasukan pengawal istana yang diperintahkan untuk menjemput mereka agar menghadap ke Presiden Soekarno.
3.R. Soeprapto, Sutoyo Siswomiharjo, dan S. Parman ikut dengan ajakan PKI dalam keadaan hidup. Begitu juga dengan 4.Kapten Czi Pierre Andreas Tendean yang menjadi korban salah tangkap karena tengah berada di kediaman A.H. Nasution yang berhasil selamat dari gerakan ini.
Keempat anggota TNI AD dibawa ke sebuah markas di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur.
5.Begitu sampai, keempatnya dibunuh dan mayatnya dimasukkan ke sebuah sumur tua yang tak terpakai dengan diameter 75 cm dan kedalaman 12 meter.
6.Sementara Ahmad Yani, M.T Haryono, dan D.I Pandjaitan ditembak di kediaman masing-masing, lalu mayatnya dibawa ke markas tersebut dan juga dimasukkan ke dalam lubang yang kemudian dikenal sebagai Lubang Buaya.
7.G30S PKI menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Yogyakarta dan sekitar Jawa.

1 Oktober 1965

-Cakrabirawa di bawah pimpinan Mayor Jenderal Soeharto mengamankan RRI dan telekomunikasi untuk menyebarkan kabar bahwa Presiden Soekarno dan A.H. Nasution dalam keadaan selamat.

2 Oktober 1965

-Pemberontakan PKI dapat dipukul mundur dan TNI mencari tempat mayat korban G30S PKI dibuang.

4 Oktober 1965

-Mayat korban G30S PKI ditemukan dan diangkat dari Lubang Buaya.

5 Oktober 1965

-Seluruh korban G30S PKI dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan.
-Presiden Soekarno mengangkat para korban G30S PKI sebagai Pahlawan Revolusi.

Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

Pada 1966, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Soeharto menetapkan 1 Oktober sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Dengan penetapan itu, seluruh pasukan TNI AD wajib menggelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang para korban G30S PKI.

Pada 1967, Soeharto yang terpilih menjadi Presiden ke-2 Indonesia menetapkan Hari Kesaktian Pancasila sebagai hari yang wajib diperingati oleh seluruh masyarakat.

Penetapan itu tertulis di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

Itulah rangkuman peristiwa G30S PKI. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Exit mobile version