Viral Video Luwak White Coffee Dibakar, Ini Penyebabnya

moch akbar fitrianto

luwak white coffee dibakar
Bagikan

Nasional -Viral Video Luwak White Coffee Dibakar , Sejak semalam 28 September 2018, tersebar dan viral sebuah video yang menunjukkan salah satu merk kopi bubuk Luwak White Coffee mudah terbakar ketika disulut api. Akun-akun yang mempraktikkan bagaimana Luwak White Koffie mudah terbakar tersebut di-upload hanya dalam waktu selisisih hitungan jam, ada juga yang interval waktu uploadnya hanya hitungan menit.

Dalam beberapa video yang meluas melalui media sosial dan Youtube itu, tampak ada percikan api yang menyala cukup besar saat bubuk Luwak White Koffie diarahkan ke api.

Seperti video yang diunggah akun Youtube Amin Flash misalnya. Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu, tampak ada seorang pria mengenakan seragam berwarna biru menumpahkan bubuk kopi Luwak White Koffie dan langsung menyala saat disulut menggunakan korek apik.

“Masyaallah, tuang lagi pak sampai habis. Wih parah banget,” komentar seseorang yang melihat langsung percikan api dari tumpahan kopi yang disulut dengan korek.

Pembuktian serupa juga dilalukan dalam sebuah unggahan berjudul ‘Bubuk Kopi Bisa Terbakar, Mengandung Apa?’ yang diunggah akun Prince Kumbang12. Dalam video berdurasi 1 menit 56 detik itu seorang pria yang mengenakan kaos berwarna merah menyalakan api dan menumpahkan bubuk Luwak White Koffie tepat di atas korek. Hasilnya, percikan api menyala begitu besar. Video itu pun ditonton lebih dari seribu kali.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

“Inilah yang biasa kita minum. Ini bukan rekayasa,” terang pria yang tengah mengabadikan momen pembakaran kopi luwak tersebut.

Viral Video Luwak White Coffee Dibakar

Video serupa juga dipertontonkan pemilik akun She Achex thea. Dalam video berdurasi 25 detik itu, pemilik akun youtube tersebut memperlihatkan sebuah Luwak White Koffie kemasan sachet yang menyala sangat besar saat isinya dituang dan dibakar dengan api yang bersumber dari korek. Warga yang tengah menyaksikan langsung pun dibuat bingung dan merasa penasaran dengan alasan percikan api yang keluar tersebut.

Nyala api yang cukup besar juga ditunjukkan oleh pemilik akun Plagiat. Dalam unggahn tersebut, tampak dua pria sengaja membakar isi atau bubuk kopi yanh dituang dan disulut dengan korek api dari bawah. Hasilnya pun membuat warga yang menyaksikan terheran-heran.

“Mengandung gas sepertinya,” kata salah seorang di dalam video tersebut dengan menggunakan bahasa Sunda.

Sebelum Luwak White Koffie, kasus serupa juga sempat terjadi pada biskuit Crispy Crackers yang menyala saat dibakar meski hanya dengan korek api. Setelah tersebar luas di jejaring sosial, pertanyaan pun banyak menghampiri.

Alasan, Kenapa Luwak White Coffee mudah Terbakar

 Viral Video Luwak White Koffie Dibakar

Sebelumnya Anda Ketahui Dulu Kandungan Luwak White Coffee

1. Sirup jagung yang dipadatkan, hal ini pada dasarnya gula, hanya saja terbuat dari jagung

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

2. Parsial Hidrogen Kedelai atau minyak dari biji kapas, ini yang memberi creamer seperti cream

3. Sodium caseinate, protein susu yang tidak mengandung laktosa tetapi bertindak sebagai stabilizer.

4. Monogliserida dan digliserida, bahan yang memastikan kopi dan creamer dapat tercampur. Ada kemungkinan bahwa ini mengandung lemak trans.

5. Dipotassium fosfat atau yang juga dikenal sebagai asam fosfat, berguna untuk pengental

Itulah beberapa bahan pokok pembuat creamer, biasanya ada tambahan lain seperti kopi dan lain lain, tapi daftar yang di atas adalah bahan dasar.

Namun, seperti yang kita ketahui kopi creamer terdapat dalam 2 bentuk yaitu cair dan bubuk. Pada faktanya kopi creamer berbentuk bubuk yang mengandung sodium alumionosilicate, sebuah zat anticaking agent yang sangat mudah terbakar.

Jadi, berbagai produk yang berbentuk bubuk atau serbuk seperti, tepung terigu, tepung beras, tepung nabati, krimer, kopi, susu bubuk, dan sebagainya jika terkena api juga mudah terbakar.

“Jadi bubuk atau tepung yang terbuat dari nabati jika terkena api juga mudah terbakar. Proses terbakarnya itu terjadi karena ada api, oksigen dan bahan bakar (tepung/serbuk).

Kopi instant Luwak White Koffie yang sedang viral pada komposisinya terdapat Sodium Caseinate (Zat Anti Caking) yang mengandung sulfur, yaitu salah satu unsur yang mudah terbakar.

Hal serupa, bubuk creamer bisa terbakar sebelumnya pernah dibuktikan oleh video yang dibuat oleh mantan drummer grup band Nirvana dan pentolan dari grup band Foo Fighter, Dave Grohl. Dalam video diperlihatkan Dave Grohl memegang satu botol creamer bubuk dan menuangkannya ke atas korek, dan hasilnya?

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Bubuk kopi creamer tersebut terbakar dengan mudahnya. Menyeramkan bukan? Pastinya Anda akan berpikir dua kali untuk meminum kopi creamer bubuk.

Namun, hal itu tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi. Suatu produk yang mudah atau bisa terbakar, bukan berarti berbahaya bagi tubuh.

Jadi setelah diteliti lebih lanjut produk Luwak White Koffie tentunya sudah memiliki ijin edar yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga dapat dipastikan Luwak White Koffie 100% aman untuk diminum.

Tidak Hanya Luwak White Coffee Loh, Kopi Sachet lain juga mudah terbakar

Memang benar, saat korek api dinyalakan dan bubuk kopi ditaburkan, api seketika membara.

Yang pertama, pemuda-pemuda tersebut mencoba Indocafe Coffemix untuk ditaburkan di atas korek api. Dan api memang benar nyulut ke atas.

Percakapan dengan logat khas Jakarta, para pemuda tersebut meneruskan dengan menaburkan Good Day Cappucino.

Kejadiannya pun sama, api menyulut ke atas saat bubuk ditaburkan ke korek yang sudah dinyalakan.

Luwak White Coffe pun juga tak luput dari percobaan. Mereka juga menaburkan bubuk kopi putih tersebut di atas api.

Hasilnyapun sama dengan Indocafe Coffemix dan Good Day Cappucino.

Sementara itu, video postingan Andre Tanjung belum mendapat respons atau komentar,l. Hanya saja ia mendapat dua like yang tertera di bawah video.

Video Luwak White Coffee Dibakar

Video Kopi Sachet Lain Mudah Dibakar

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar