Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Viral

Baca Ini Siap-Siap Pelanggan Listrik Daya 450 VA Bakal di Alihkan ke 900 Va Terbaru

Pengalihan Untuk Cegah Over Supplay Listrik

Berita Terkini; Pemerintah bersama dengan DPR RI berencana menghapuskan konsumen listrik berdaya 450 Volt Amphere (VA). Para pelanggan yang berdaya 450 VA akan dialihkan ke daya 900 VA. Selain itu, masyarakat yang memakai daya listrik 900 VA akan dialihkan ke listrik 1.200 VA.

Rencana ini mencuat dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR dengan pemerintah di Gedung DPR RI pada Senin (12/09).

“Bahwa salah satu kebijakan yang diambil menaikan 450 VA ke 900 VA untuk rumah tangga miskin. Lalu 900 VA ke 1.200 VA tanpa dikaitkan dengan kompor listrik. Kita sepakat dengan pemerintah,” terang Ketua Banggar DPR Said Abdullah dalam keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Kamis (15/09/2022).

Baca Juga  Baca Ini Ferdy Sambo Resmi Dipecat Tidak Hormat dari Polri Terbaru

Said menjelaskan rencana ini mencuat karena adanya kelebihan listrik (over supply) yang dihasilkan oleh PLN. Dengan adanya pengalihan listrik ini diharapkan dapat menyerap kelebihan listrik tersebut.

Berdasarkan laporan dari PLN, Said mengatakan saat ini terdapat over suplai listrik sebanyak 6 Giga Watt (GW) di tahun ini. Jumlah ini diprediksi akan bertambah 1,4 GW menjadi 7,4 GW di tahun depan.

Oknum ASN Tendang Wanita diatas Motor Sampai Jatuh Terjelembab

Rakyatnesia

Belum lagi, pemerintah sedang menggenjot produksi listrik dari Energi Baru Terbarukan (ETBKE). Said mencatat, apabila listrik dari EBT itu masuk di tahun 2030, kemungkinan over suplai listrik yang dihadapi oleh PLN bisa semakin membengkak menjadi 41 GW.

Baca Juga  Baca Ini Viral! ODGJ Lecehkan Anak Perempuan di Rumah Susun Terbaru

“Bisa dibayangkan kalau 1 GW itu harus bayar Rp 3 triliun. Maka menurut hemat saya kenapa kita gak ambil keputusan hari ini dalam sisi kebijakan. Agar kelebihannya bisa dipakai bersama terutama bagi orang miskin dan rentan miskin,” tandas Said.

Pengalihan Daya listrik Tidak Kena Biaya

Seperti yang diketahui, bahwa pelanggan listrik 450 dan 900 VA merupakan masyarakat miskin. Adapun pelanggan dan penggunaan listrik dengan daya tersebut mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Menurut Said, penggunaan listrik masyarakat dengan daya 450 VA sudah tidak jaman lagi. Ia menegaskan pihaknya yakin tidak ada penambahan biaya untuk menaikkan daya listrik tersebut.

Baca Juga  Baca Ini Pemerintah Klaim Kantongi Identitas Bjorka, Begini Jawaban Menohok Hacker Terbaru

“Peningkatan daya 450 VA ke 900 VA itu dan ke 1.200 VA, PLN hanya perlu mengotak-atik perubahan meteran saja. Sehingga tidak perlu biaya,” tegas dia.

Disisi lain, Plt Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana memastikan belum ada keputusan terkait penghapusan daya listrik 450 VA. PIhaknya masih menimbang-nimbang serta mengkaji dampak makro rencana penghapusan 450 VA ini.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Back to top button