Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Viral

Baca Ini Miris, Penerima BLT Ditarik Iuran Oleh Ketua RT Terbaru

Motif Iuran Uang Sedekah Bumi

Berita Terkini; Kasus penarikan iuran kepada penerima pertolongan langsung tunai (BLT) kembali terjadi. Sebagian penerima BLT BBM dan sembako di Desa Cikakak, Banjarharjo, Kabupaten Brebes ditarik iuran Rp 100 ribu oleh pihak RT. Penarikan iuran ini beralasan untuk uang sedekah bumi tahun 2023.

Baca Juga  Baca Ini Aksi Langka SBY Bernyanyi Lagu Tipe X : Kamu Tak Sendirian Terbaru

Salah seorang penerima pertolongan bernama Wasti (70) mengatakan ia baru saja mendapatkan total Rp 500 ribu BLT pada Kamis (15/09) di Kantor pos. Tak lama kemudian ketua RT menyampaikan akan ada penarikan iuran untuk sedekah bumi tahun depan. Wasti pun tidak dapat berkutik.

Sang anak, Cayem (46) yang mewakili Wasti mengantarkan uang tersebut pada ketua RT bernama Maryam. Wanita ini pun mendapat kwitansi dari perangkat RT

Baca Juga  Baca Ini Hati-hati, Beri Uang ke Pemulung Bisa Kena Denda Rp 1 Juta Terbaru

“Setelah ibu pulang, uang BLT sebesar Rp 100 ribu diantar ke rumah Ketua RT. Ini ada kwitansi nya,” kata Cayem kepada awak media seperti ditulis Satu Viral di Jakarta, Rabu (21/09/2022).

Cayem sebenarnya keberatan dengan penarikan iuran sedekah bumi itu. Menurutnya nominal penarikan uang tersebut sangat besar. Ia dan sang ibu sangat membutuhkan pertolongan untuk makan sehari-hari.

Baca Juga  Baca Ini Hati-hati, Beri Uang ke Pemulung Bisa Kena Denda Rp 1 Juta Terbaru

Temukan Uang Jutaan dalam Kotak KFC, Wanita ini Lakukan Hal Mengejutkan

Rakyatnesia

Apalagi Cayem sehari-hari hanya pekerja serabutan yang memiliki pendapatan tidak pasti. Selain itu acara Bumi masih sangat jauh, yakni bulan Agustus 2023.

“Uang Rp 300 dari BLT BBM dan Rp 200 ribu untuk sembako. Kalau bisa dibilang keberatan ya keberatan. Apalagi ibu sudah lansia. Saya sudah jarang kerja,” keluhnya.

Namun ia tidak dapat berbuat banyak. Info yang ia dengar pungutan itu sudah menjadi kesepakatan para ketua RT.

Penerima BLT lainnya, Waris (38) juga menyerahkan iuran serupa. Namun ia mengaku tidak menerima kwitansi dari Ketua RT. Ia mengaku terpaksa iuran karena ada anjuran dari ketua RT bahwa iuran itu demi acara di desanya.

1 2Next page
Back to top button