Karang Taruna Garuda Muda Gelar Reog di Desa Rahayu, Soko

TUBAN (Rakyat Independen) – Masih terkait dengan acara memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71. Anak muda dan remaja Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jatim, yang tergabung dalam Karang Taruna “Garuda Muda”, menggelar acara seni budaya, Sabtu malam (17/09/2016).

Acaranya sendiri mengambil tempat di lapangan terbuka. Selain seni reog, juga ditampilkan campursari dan ragam atraksi lainnya. Termasuk juga, acara jalan sehat esok harinya.

Layaknya sebuah acara keramaian di desa yang lain, lapangan tempat acara digelar sejak sore telah dipadati masyarakat luas. Termasuk para penjual makanan, minuman, mainan anak, dan lain sebagainya.

Sekitar pukul 19.00 wib acara di mulai, ratusan hadirin telah memadati kursi tamu yang disiapkan. Sebagian yang lain, rela duduk lesehan di lapangan, yang kebetulan malam itu bertepatan dengan bulan purnama.

Cahaya bulan yang terang, menjadikan suasana kian magis sekali, saat pertunjukan reog dilakukan. Apa lagi juga diusung sebuah patung Ogoh-Ogoh berwajah seram ke tengah lapangan. Yang kemudian dilakukan ritual tolak bala lengkap. dengan pembakaran kemenyan.

Menurut Ketua Panitia, Tamsuri, acara ini digelar selain sebagai wujud syukur seluruh warga atas Kemerdekaan RI ke-71. Juga dihajatkan sebagai sarana untuk mempererat kinerja dan silahturahmi anggota Karang Taruna “Garuda Muda”.

“Tiap tahun Karang Taruna “Garuda Muda” memang aktif menggelar acara serupa,sebagai upaya melestarikan budaya lokal,” tutur Tamsuri didampingi Ketua Karang Taruna, Susilo Wandi. (Muji/Red).

Exit mobile version