Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoroFeatured

Pemkab Bojonegoro Terima Kunjungan Tim Verlap Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2022

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, menerima kunjungan lapangan Tim Pembina dan Tim Verifikator Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Provinsi Jawa Timur, Selasa (13/09/2022). Kegiatan digelar di ruang Creative Room, Lantai 6 Gedung Pemkab Bojonegoro.

Sekda Bojonegoro Hj Nurul Azizah dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Bojonegoro sudah luar biasa, dikarenakan terdapat beberapa peningkatan dalam rangka mensukseskan menjadi Kabupaten Sehat. Hal tersebut sejalan dengan program prioritas Pemkab Bojonegoro. 

“Kabupaten Bojoneogoro di tahun 2021 telah ditetapkan sebagai Kabupaten ODF. Karena telah menyelesaian pembuatan jamban baik dari masyarakat sendiri sebagai gerakan memperbaiki hidup secara sehat maupun adanya dukungan dari Pemkab,” tutur Nurul Azizah.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Terima Penghargaan dari Menpan RB dan Mendikbudristek

Sekda Nurul mengatakan bahwa kehadiran Tim Verlap KKS kali ini adalah untuk menilai 9 tatanan. Mulai dari kehidupan masyarakat, pemukiman dan rumah, pasar rakyat, sekolah/madrasah sehat, pariwisata sehat, transportasi tertib, lalin, jalan sehat, perkantoran sehat, perlindungan sosial dan pencegahan penanganan bencana. 

Sekda Nurul juga menjelaskan, bahwa sembilan tatanan tersebut sudah masuk dalam 17 Program Prioritas Ibu Bupati Bojonegoro yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Bertahap untuk meningkatkan semua infrastruktur sebagai sarana menuju Kabupaten Sehat, dengan capaian seluruh infrastruktur jalan-jalan yang dahulu belum baik, saat ini sudah kita rasakan baik (nglenyer). 

Baca Juga  Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Baksos Religi Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67

Program Ibu Bupati Anna adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang dimulai dari pemukiman sehat, transportasi lancar, pembangunan sanitasi, Program Petani Mandiri (KPM), Kartu Pedagang Produktif (KPP). Sehingga angka kemiskinan endingnya  secara bertahap berkurang dan kemakmuran meningkat. 

“Selanjutnya untuk mendukung IPM, yang saat ini 69,04 terdapat kenaikan 0,55 menjadi 69,59 dimana merupakan ranking 5 tingkat Jawa Timur. Hal tersebut didukung adanya 3 jenis beasiswa pendidikan dari Pemkab. Dan jika dibandingkan dengan kabupaten lain, postur APBD Kabupaten Bojonegoro tertinggi nomor 2 di Jawa Timur sekitar 7 triliun,” kata Nurul Azizah menegaskan.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Terima Penghargaan dari Menpan RB dan Mendikbudristek

Ditambahkan, Bojonegoro juga satu-satunya peraih UHC 99,01 di tahun 2021. Tahun depan juga akan dilaksanakan kerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto untuk pelayanan DSA dan di Talok Residence akan menjadi RS Onkologi untuk penanganan kanker.

1 2Next page

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button