Baca Ini Apes! Uang Naik Haji Penjaga Sekolah hancur Dimakan Rayap Terbaru

Dedi Suparman

Baca Ini Apes! Uang Naik Haji Penjaga Sekolah hancur Dimakan Rayap Terbaru
Bagikan

Uang hancur Senilai Rp 50 juta

Berita Viral; Raut wajah sedih tampak di wajah Samin (53) penjaga sekolah SD Negeri Lodjiwetan, Kota Solo Jawa Tengah. Uang tabungannya untuk biaya naik haji hancur dimakan rayap. Nilai uang yang hancur ditafsir sekitar Rp 50 juta.

Samin menceritakan dirinya dan istri menabung dalam dua celengan plastik. Uang tersebut merupakan hasil jerih payahnya menabung sekitar 2,5 tahun terakhir. Namun saat dibuka ia kaget karena melihat uang di dalam salah satu celengan sudah hancur. Terlihat uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu tampak bolong dan robek dimakan rayap.

Sejumlah rayap keluar dari dalam tabungan. Ada juga serpihan uang yang sudah tak berbentuk karena digigit rayap. Beruntung uang dalam tabungan satu lagi tidak ikut dimakan rayap. Total uang tabungan yang seharusnya terkumpul besarnya sekitar Rp100 juta.

“ Celengan selama ini disimpan di rak dalam kamar. Yang satunya nda apa-apa. Uangnya sekitar Rp 49,5 juta. Yang hancur (tabungan)nya uangnya sekitar Rp 50 juta,” kata Samin pada awak media seperti ditulis Satu Viral, Rabu (14/09/2022).

Pasangan ASN keciduk Polisi Asyik Mesum dalam Mobil

Rakyatnesia

Ia melanjutkan dari Rp50 juta yang dimakan rayap, sekitar Rp9 juta uang kerusakan masih terlihat bentuknya. Sementara sisanya sudah tak berbentuk dan tidak dikenali karena dimakan rayap.

Dirinya heran mengapa rayap bisa masuk ke dalam salah satu celengan tersebut. Padahal rumahnya bukan rumah tua. Serta selalu rajin dibersihkan. Selain itu di samping celengan terdapat sebuah buku yang tidak dimakan rayap.

Sehari-hari Samin bekerja sebagai tenaga kontrak yang bertugas menjaga sekolah. Pekerjaan rakyatnesia lain membuatkan minum dan mengantarkan surat ke luar sekolah. Uang hasil jerih payahnya bekerja ditabung dengan cara dimasukkan celengan.

Bapak dua anak ini mengumpulkan uang tersebut dari hasil jualan istrinya di kantin sekolah. Selain itu, setiap kali mendapatkan rezeki tambahan ia juga menyisihkan untuk ditabung.

“Kadang-kadang dapat Rp100 ribu-Rp200 ribu dari bapak ibu pengajar ngasih saya karena membuatkan teh. Saya masukkan di situ,” ujarnya.

Ia tidak menyimpan uang di bank karena tidak banyak waktu. Terlebih sebagai penjaga sekolah,ia sangat sibuk menjaga siswa dan melayani pengajar. Uang tabungan rencananya untuk mendaftar haji empat anggota keluarganya ke Kementerian Agama (Kemenag).

Samin melaporkan hal ini ke Bank BI. Dia kini hanya bisa pasrah, dan berharap Bank Indonesia (BI) Solo bisa menukar uang hancur miliknya agar bisa untuk mendaftar haji.

Asyik Makan Waffle, Rapper PnB Rock Tewas Ditembak Perampok

Rakyatnesia

Syarat Penukaran uang hancur di Bank Indonesia

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surakarta Nugroho Joko Prastowo mengungkapkan bank sentral akan mengganti uang yang hancur selama memenuhi syarat.

Pertama ukuran uang hancur minimum dua per tiga dari ukuran penuh.

“Kenapa begitu, karena kalau minimum setengahnya bisa jadi malah terjadi dobel klaim,” ujarnya.

Apabila uang sudah terpisah, sambungnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyusun lembaran demi lembaran dan menyatukannya kembali untuk memperbaiki uang hancur. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh pemilik uang hancur,bukan pegawai bank.

“Tugas beratnya adalah menyusun lembaran-lembaran kecil yang terpisah,” “Yang sudah disusun dibawa ke BI, selanjutnya kami cek dan tukar yang baru (selama memenuhi syarat),” pungkasnya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Bagikan

Also Read