Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Nasional

Lima Srikandi Polwan Polda Jatim, Raih Penghargaan Dari Kapolri

JAKARTA (RALYATNESIA) – Polisi Wanita atau Polwan merupakan sosok anggota korps Kepolisian yang sangat berperan aktif membantu  masyarakat dari masa kemasa. Selain tegas , sebagai wanita mereka juga  humanis anggun dan bersahaja  saat bertugas ditengah-tengah masyarakat, agar harapan Masyarakat menjadikan Polri Presisi dapat terlaksana.

Pada usianya yang memasuki ke-74 tahun, HUT Polwan yang diperingati pada tanggal 1 September 2022, dengan tema yang diusung  HUT Polwan tahun ini  yakni, “Polri yang Presisi, Polwan siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh.

Peringatan HUT Polwan ke-74 juga menjadi momentum bagi Polwan Polda Jatim untuk kembali mengenang sejarah terbentuknya satuan Polisi Wanita yang dipelopori oleh 6 orang anggota Polwan pertama pada 1 September 1948 di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Serta juga sebagai ucapan terima kasih para Polwan yang telah memberiksn dedikasi dalam tugasnya dengan baik.

Baca Juga  Kapolri: Polwan Harus Meraih Kembali Kepercayaan Publik Melalui Pendekatan Yang Humanis

Pada puncak peringatan Syukuran HUT Polwan RI tingkat Mabes Polri di Jakarta , hari kamis tanggal 8 september 2022 Ada Lima Srikandi Polwan Polda Jawa Timur, yang  menerima penghargaan dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Kelima Srikandi itu adalah, Ipda Dian Ambarwati. Penerima penghargaan Kapolri dibidang Pelayanan Masyarakat. Prestasi yang ditorehkan oleh anggota Polres Ngawi ini antara lain, Penulis Favorit Cerita Anak tahun 2014, Kontributor Terbaik 1 dengan tema Bunga dan Cinta serta Cinta Satra Indonesia tahun 2014, Penulis Buku Antologi Ensiklopedia Penulis Indonesia Jilid 1 Juni 2014 dan Penulis Buku Antologi ‘Soeratsoerat achir tahoen” Mei 2014.

Kedua, Briptu Fajrihani Ema Herawati yang merupakan juara III Proliga 2019. Ketiga Briptu Susilawati, peraih medali Emas Proliga 2019. Keduanya merupakan anggota Biro SDM Polda Jatim, yang meraih penghargaan Kapolri di bidang Olahraga.

Keempat, Briptu Helmi Arfi Lindah anggota Ditintelkam Polda Jatim. Menerima penghargaan dari Kapolri dibidang olahraga, dengan prestasi Juara 3 Tarung Derajat piala Walikota Malang tahun 2014, Peraih Medali Emas Tarung Derajat PON XIX tahun 2016, Juara 2 Beregu Beladiri Polri piala Kapolri dan Ibu Asuh Polwan tahun 2017.

Kelima, Bripda Paramita Nurdea Pujiastuti anggota Bidkeu Polda Jatim, juga menerima penghargaan Kapolri dibidang Olahraga. Ia memiliki prestasi Juara 1 Kata perorangan Porpov Jatim VII tahun 2017, Juara 2 Kata perorangan Kejurnas Shotokai 2022.

Pada kesempatan terpisah Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta sangat bangga dan mengapresiasi  atas prestasi dari Kelima Srikandi Polwan Polda Jatim yang menerima Penghargaan dari Kapolri di HUT Polwan ke-74 tahun 2022 tersebut.

“Saya ikut bangga, dan tidak  bisa membayangkan bagaimana bahagianya orang tua kalian dan keluarga kalian, maka jangan kecewakan mereka. Polwan bukan sekedar Mawar Penghias Taman, Tapi Melati Srikandi Pagar Bangsa. Tentunya Polisi wanita harus tetap anggun, bersahaja, tapi tetap tangguh dan dicintai oleh masyarakat,” ujar Irjen Pol Nico.

Baca Juga  Kapolri: Polwan Harus Meraih Kembali Kepercayaan Publik Melalui Pendekatan Yang Humanis

Untuk diketahui Korps Polisi Wanita dijajaran Polda Jatim saat ini  sebanyak 2.388 orang. Jumlah tersebut merupakan 6,31% dari jumlah total keseluruhan anggota Polri didalam tubuh Polda Jawa Timur.

“Para Srikandi itu tersebar diseluruh wilayah Jawa Timur, dan mereka juga siap menjadi Srikandi Garda terdepan Bangsa, seuai dengan semboyan Esthi Bhakti Warapsari yg bermakna Pengabdian putri putri pilihan menuju kearah tercapainya cita cita luhur yaitu terciptanya masyarakat tata tentram kerta rahardja kepada negara dan bangsa..” pungkas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

**(Sumber: Bidhumas Polda Jatim/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button