Bimtek HIPPA, GHIPPA dan IHIPPA, Dihadiri Bupati Bojonegoro, di Balai Desa Ngampal, Sumberrejo

3

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) GHIPPA (Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air ) dan IHIPPA (Induk Himpunan Petani Pemakai Air), digelar di Balai desa Ngampal, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (7/9/2020).

Kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk  memberikan pemahaman kepada para petani pemakai air di musim kemarau ini.

Kepala Dinas PU SDA Tedjo Soekmono dalam kata sambutanya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupaka bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk menumbuhkan keberadaan HIPPA, GHIPPA, IHIPPA unutk mendukung kegiatan produksi pertanian.

“Wilayah Sumberrejo ini, berada di daerah irigasi waduk Pacal yang dibagi 2 bagian yakni, daerah irigasi Pacal Kiri seluas 1965 hektar dan daerah irigasi Pacal Kanan 14659 hektar,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Tedjo itu.  

Ditambahkan, bahwa Waduk Pacal sendiri merupakan waduk yang bersifat musiman atau tadah hujan. Sehingga perlu adanya pengaturan air yang terpola dengan baik untuk kebutuhan pertanian.

“Pengaturan air tersebut dibutuhkan peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA sehingga dapat mendistribusikan air ke anggotanya dengan baik dan benar,” kata Pak Tedjo menandaskan.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyampaikan, bahwa  Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan sumberdaya air untuk menunjang produktivitas pertanian di Bumi Angling Dharma ini.

“Pemkab Bojonegoro, memang sudah menyiapkan sumber daya air sehingga nanti pertanian yang ada di Bojonegoro bisa berjalan dengan baik dan produktivitas pertanian semakin meningkat,” ungkap Bupati Wanita Pertama di Kota Ledre ini, Senin (7/9/2020).

Di akhir sambutanya, wanita yang akrab disapa Bu Anna itu, berharap ada peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA dalam pengaturan air untuk kebutuhan pertanian itu.

“Harus ada peran aktif HIPPA/GHIPPA/IHIPa, agar memberikan laporan yang sesuai sehingga  kebutuhan air bisa digunakan dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan,” kata Bu Anna menegaskan.

Hadir pula, BBWS Bengawan Solo, Pengurus dan anggota HIPPA/GHIPPA/IHIPPA daerah irigasi Pacal Kanan dan Forkopimca Kecamatan Sumberejo serta undangan lainnya.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More