Berita

Steve Harwell, Mantan Vokalis Smash Mouth Meninggal Dunia

rakyatnesia.com – Steve Harwell, salah satu pendiri dan vokalis legendaris dari band Smash Mouth, telah berpulang dunia. Pria ini meninggalkan kita di usia 56 tahun di kediamannya di Boise, Idaho, pada Senin (4/9) waktu Amerika Serikat.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Robert Hayes, manajer Smash Mouth, yang menyatakan bahwa Steve Harwell telah berpulang setelah menjalani perawatan medis yang intens di rumah sakit akibat berbagai komplikasi kesehatan.

Hayes dengan tulus mengenang Steve Harwell sebagai sosok American Original yang sejati. Ia menekankan bahwa Steve harus diingat bukan hanya karena keteguhannya dan semangatnya yang membara dalam meraih ketenaran pop.

“Kita harus mengakui bahwa prestasinya begitu luar biasa mengingat pengalamannya dalam dunia musik yang terbatas,” tulis Hayes dengan penuh rasa hormat.

Ia juga menambahkan bahwa Steve menjalani hidupnya dengan kecepatan penuh 100 persen, dan semangatnya yang tak pernah padam akan tetap menjadi bagian tak terlupakan dalam dunia musik. Seluruh alam semesta akan terus menyala terang oleh warisannya yang megah.

Baca Juga  Victoria Secret Fashion Show 2024: Siapa Supermodel Terkaya di Panggung Peragaan Busana Tahun Ini?

Dengan kepergiannya, Steve Harwell meninggalkan sebuah jejak yang tak terlupakan dalam industri musik, dan kenangan akan bakat dan semangatnya akan tetap hidup dalam ingatan para penggemarnya.

Sekitar satu dekade terakhir, Harwell yang telah lama berjuang melawan penyalahgunaan alkohol juga menderita sejumlah penyakit yang memengaruhi fungsi motorik, kemampuan bicara, dan ingatannya.

Hal tersebut juga berdampak pada penampilannya. Dia pernah meneriakkan kata-kata kotor kepada penonton selama set penampilan grup itu dalam festival di Fort Collins, Colorado pada Juni 2015.

Dia juga pernah pingsan di atas panggung saat tampil di Illinois pada Agustus 2016 hingga dibawa dengan ambulans ke rumah sakit.

Baca Juga  How to target the right people for WhatsApp broadcast?

Pada Oktober 2021, setelah terlihat mabuk dan mengancam penonton kala konser di Bethel, N.Y., Harwell mengumumkan mundur dari Smash Mouth karena masalah kesehatan.

“Sejak saya masih kecil, saya bermimpi menjadi seorang Rockstar yang tampil di depan arena yang tiketnya terjual habis dan sangat beruntung bisa mewujudkan impian itu,” ujar Steve Harwell dalam sebuah pernyataan saat itu.

“Bagi teman-teman bandku, merupakan suatu kehormatan bisa tampil bersama kalian selama bertahun-tahun dan aku tidak bisa memikirkan orang lain yang lebih suka aku jalani dalam perjalanan liar ini.”

Musisi bernama lengkap Steven Scott Harwell ini lahir 9 Januari 1967 di Santa Clara, California. Ia memulai karier sebagai rapper dengan merilis single Big Black Boots pada 1993.

Ia dulu mengaku terinspirasi Chuck D untuk ansambel hip-hop F.O.S. (Freedom of Speech).

Namun, ia beralih ke alt-rock dan membentuk Smashmouth, ejaan awal band tersebut, dengan teman masa kecilnya Kevin Coleman sebagai drummer, dan dua veteran dari Lackadaddy, band punk San Jose, penulis sekaligus gitaris Greg Camp dan basis Paul De Lisle.

Baca Juga  Prediksi Skor Liverpool vs. Chelsea, Jadwal Super Sunday Big Match Liga Inggris,  20 Oktober 2024

Ketika stasiun radio San Jose KOME-FM mulai menayangkan demo lagu grup Nervous in the Alley, grup ini menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan mengubah nama band jadi Smash Mouth. Band tersebut akhirnya merilis album debut bertajuk Fush Yu Mang pada 1997.

Bersama Smash Mouth, Steve Harwell menampilkan cover I Wanna Be Like You untuk animasi Disney Jungle Book 2 pada 2003. Namun, mereka juga keluar dari Interscope pada tahun yang sama.

Band itu kemudian menandatangani kontrak dengan Universal Records pada 2005 dan merilis kompilasi besar, album natal, dan merilis album baru, Old Habits.

Setahun setelahnya, Harwell juga membintangi musim keenam sekaligus final reality show The Surreal Life bersama musisi C.C Deville, gitaris Poison, pada 2006.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button