SMPN 1 Semanding, Tuban Kecolongan 149 Unit Tablet Untuk Kegiatan Belajar mengajar

moch akbar fitrianto

smp semanding
Bagikan

Berita Tuban – Setidaknya ada 149 unit Tablet Samsung Galaxy Tab A dari SMP Negeri 1 semanding yang disimpan di Ruang Lab Komputer Sekolahan raib saat dilakukan pengecekan.

Tablet untuk kebutuhan belajar mengajar para siswa-siswi di SMP Negeri 1 Semanding, Tuban itu diketahui sudah raib dari tempat penyimpanannya itu pada hari Senin (30/8/2021) kemarin. Namun, pihak sekolah baru melaporkan kejadian itu ke polisi satu hari kemudian setelah barang tersebut diketahui hilang hari Rabu (1/9/2021).

Data yang dihimpun beritajatim.com, hilangnya 149 tablet milik SMP Negeri 1 Semanding itu pertama kali diketahui oleh Toni Budi Santoso, yang merupakan Pengelola Sarpras SMP Negeri 1 Semanding. Saksi mengetahui barang elektronik itu sudah tidak ada saat ia masuk ke dalam ruangan Lab Komputer tersebut pada hari Senin (30/8/2021) sekitar pukul 12.00 Wib dengan tujuan akan menyimpan laptop ke dalam ruangan itu.

Baca Juga  Jamaah Haji Lamongan Dapat Kloter Awal, Berangkat Mulai 11 Mei 2024

“Saat itu saksi masuk ke dalam ruangan Lab komputer dengan maksud untuk menyimpan sebuah Laptop ke Almari atau etalase kaca. Pada saat menaruh laptop tersebut saksi melihat ada beberapa dushbook Tablet Merk Samsung Galaxi TAB A yang posisinya tidak teratur atau berubah posisi,” terang IPTU Carito, Kapolsek Semanding, Polres Tuban saat dikonfirmasi terkait kejadian itu.

Tak hanya posisi dushbook tablet itu telah berserakan, saksi yang saat itu berada di ruangan Lab Komputer tersebut juga melihat tumpukan dushbook yang masing-masing berisikan Tablet itu jumlahnya berkurang. Awalnya, saksi mengira jika beberapa jumlah tablet tersebut dipergunakan oleh siswa dan pada hari itu Kepala SMP Negeri 1 Semanding itu tidak ada di sekolah.
“Karena Kepala Sekolah pada hari itu tidak berada di sekolah maka baru pada keesokan harinya yaitu pada Hari Selasa tanggal 31 Agustus 2021, saksi memepertanyakan tentang tablet tersebut pada Kepala Sekolah apakah dipinjam siswa atau tidak. Pada saat ditanya Kelapa Sekolah menjelaskan bahwa tidak ada siswa yang meminjam maupun mempergunakan tablet-tablet yang berada di ruang tersebut,” papar Kapolsek Semanding.

Baca Juga  Polsek Lamongan Kota Rutinkan Tadarus Al-Quran Untuk Mengisi Kegiatan Ramadhan

Mengetahui bahwa sejumlah tablet telah hilang, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Semanding itu melalukan pengecekan di ruangan Lab Komputer dan menghitung berapa jumlah tablet yang tersisa. Setelah dilakukan pencegekan terhadap Tablet Samsung Galaxi Tab A di sekolahan itu, ternyata sebanyak 149 unit sudah hilang yang diduga dicuri.

“Setelah dicek ternyata ada sebanyak 149 unit Tablet Merk Samsung Galaxi TAB A beserta keseluruhan dushbooknya yang hilang akibat dicuri oleh orang yang belum diketahui identitasnya. Selanjutnya pihak sekolah melaporkan kejadian itu ke Polsek Semanding pada Hari Selasa sekitar pukul 14.00 Wib,” ujar IPTU Carito menjelaskan kronologi kasus tersebut.

Baca Juga  Gempa Tuban, Menyisakan Kengerian Bagi Warga Lamongan

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polsek Semanding, Polres Tuban yang mendapatkan laporan tersebut langsung turun lapangan untuk melakukan penyelidikan dengan menggelar olah TKP di sekolahan tersebut dan memeriksa saksi. Adapun akibat kejadian hilangnya 149 unit Tablet Samsung Tab A itu kerugian material ditaksir mencapai Rp Rp.296.510.000.

Bagikan

Also Read