Serba – Serbi Jasa Rias Pengantin Akad, Jawa, hijab Dan Modern

146

Bisnis, Rakyatnesia – Jasa Rias Pengantin Atau Makeup Wedding Merupakan salah satu jasa yang cukup banyak dicari banyak kalangan muda ataupun paruh baya. Karena tentu di acara pernikahan kita tidak bisa melakukan makeup atau rias pada diri kita sendiri. Belum lagi baju pengantin.

Oleh karena itu jasa ini tak pernah lekang oleh waktu, mau dahulu, sekarang ataupun masa depan, kebutuhan akan Makeup Wedding pengantin sangat dibutuhkan.

Apa Itu Rias Makeup Pengantin

Menurut penjabaran saya sendiri Makeup atau rias adalah proses cara usaha seseorang untuk mempercantik diri sendiri khususnya pada bagian muka atau wajah.

Jasa Wedding Rias Pengantin

pernikahan lesti

Nah kalau jasa Wedding rias pengantin sendiri adalah jasa mempercantik seseorang khususnya di hari pernikahan atau wedding day. Biasanya pada Paket Rias Pengantin ini sudah sepaket dengan beberapa hal yang sudah disetujui. Seperti Dekorasi, terop atau tenda, dan tak lupa tentunya gaun pengantin sepasang.

Khusus untuk makeup pengantin lebih cenderung pada pengantin wanita. Dna pengantin pria mungkin hanya menggunakan pelembab wajah dan bedak tipis – tipis agar wajah masih terlihat natural dan tidak terlalu Kusam ketika acara berlangsung.

Untuk Dekorasi pernikahan biasanya didatangkan by request atau permintaan dari tuan rumah dan mempelai berdua, bisa didatangkan satu paket ataupun mendatangkan sendiri harga dekorasi juga tergantung bermacam – macam.

Namun Untuk baju Kembar mayang atau pengapit atau pendamping pengantin juga sepaket sesuai permintaan klien. Seragam orang tua juga bisa dibawakan. Jasa Rias Pengantin Bisa Ditemukan dimana saja Lamongan, Surabaya, Malang Dan tempat atau kota – kota lainnya.

Kebutuhan Akan Makeup Wedding

Yap biasanya memang sepaket nih, Makeup wedding Lamongan atau kota lainnya menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Tidak hanya melalui mulut ke mulut. Sekarang calon klien sudah bisa menentukan atau memilih seperti apa sih makeup yang bagus atau yang mereka inginkan. Makeup Wedding sendiri ada berbagai macam jenisnya.

Seperti makeup wedding natural, rias pengantin jawa, Makeup Wedding hijab, Rias pengantin jawa Modern dan beberapa yang lainnya.

Jenis Jenis Makeup Wedding

Tata Rias Pengantin Solo Basahan

Jenis tata rias pengantin bercorak kebesaran terlihat begitu agung dan anggun dengan dodotan bermotif alas-alasan atau kain bertumpuk-tumpuk yang dikenakan oleh dua mempelai pengantin dengan buntalan udan mas yang melingkari pinggang kedua mempelai dan dilengkapi aksesoris yang mewah.

Jenis riasan pada dahi pengantin wanita berupa paes yang menggunakan pidih berwarna hijau pekat dan alis berbentuk menjangan ranggah, sanggul yang digunakan pengantin wanita sanggul bokor mengkurep dengan hiasan peniti semyok dibagian tengah dihiasi juga tiba dada.

Tata rias wajah pengantin mempunyai bagian yang bermakna seperti bedak berwarna kuning bermakna memunculkan aura pengantin, alis berbentuk menjangan meranggah bermakna keindahan atau ceria dan bersemangat, eye shadow berwarna coklat dan hijau bermakana kesuburan dan kemakmuran, riasan bibir merah keoranyean bermakna secantik bidadari, blush on merah merona bermakna secantik bidadari.

Rias pengantin pada bagian dahi yang disebut paes juga mempunyai bermakna seperti gajahan bermakna mampu menjadi manusia berilmu, pengapit bermakna mampu membedakan baik dan buruk, penitis bermakna mampu memilih yang tepat, godeg bermakna mampu memiliki keturunan yang melanjutkan ilmu dan kehidupan, warna hijau bermakna selalu berfikir positif dan banyak ide, laler menclok dari daun sirih bermakna ilmu berfokus pada kebenaran, ketepatan hati.

makeup solo basahan
property of : ipongwahyudiyanto

Penataan rambut pengantin sampai dengan aksesoris yang digunakan pengantin juga mempunyai makna seperti sanggul bokor mengkurep bermakna mandiri dan nerimo ing pandum, sunggar bermakna mau mendengarkan nasehat- nasehat yang baik, sembilan buah cundul mentul alas-alasan bermakna mampu menghadapi kehidupan dengan bijaksana, semyok garuda mungkur bermakna waspada terhadap permasalahan yang datangnya tidak terduga, cunduk jungkat dan centung bermakna kesucian wanita, rajut melati motif trantum bermakna selalu mendapat pertolongan dari Allah, tibo dodo pager timun bermakna jujur dan bertanggung jawab, sisir atau keketan bermakna setia kepada suami.

Busana kampuh gadung melati dengan motif alas-alasan bermakna hayati, motif blumbangan bermakna sumber kehidupan, bentuk kunco bermakna tidak boleh menyembunyikan sesuatu, bentuk songgo bocong bermakna hemat dalam hal perekonomian dan hati-hati, pending januaran bermakna petujuk dari Tuhan diikat kuat agar tidak terlepas, udet cinde motif cakar bermakna rajin bekerja dan hidup mandiri. Bagian dari buntalan yang dikenakan pengantin yaitu daun kerokot bermakna ketetapan hati, daun pupus pisang bermakna cinta kasih, daun beringin bermakna melindungi, daun bayam bermakna damai, daun pandan bermakna sepadan, bunga kenikir bermakna masuk akal, bunga melati bermakna kesucian hati, bunga kantil bermakna hidup rukun sampai akhir hayat, aksesoris yang dipakai pengantin bermakna kejayaan atau kekayaan Khofifah dan Faidah,

Tata Rias Pengantin Solo Putri

Tata rias pengantin Solo Putri sangat dikenal oleh masyarakat khususnya di propinsi Jawa Tengah, rias pengantin corak Solo Putri lebih simpel tampilannya namun masih terkesan elegan. Busana yang dipakai pengantin pria adalah baju teni berbahan beludru warna hitam, mengenakan kalung ronce melati busana yang dikenakan pengantin wanita yaitu kebaya panjang bordir berbahan beludru hitam tanpa kutubaru dan kain batik motif sidodadi atau motif sidomulyo. Pengantin Solo Putri pada wanita menggunakan sanggul ukel tekuk bangun tulak yang dihiasi tiba dada jenis roncean usus-ususan.

Tata rias wajah pengantin Solo Putri mempunyai makna pada setiap bagiannya yaitu bedak berwarna kuning bermakna memunculkan aura pengantin, alis berbentuk mangot bermakna pengantin cantik seperti bidadari, eye shadow berwarna coklat hijau bermakna kesuburan mampu membangun keluarga yang makmur dan sejahtera, riasan bibir merah keorayean dan blush on merah merona bermakna pengantin cantik seperti bidadari.

Paes pada dahi pengantin terdiridari Gajahan bermakna pengantin wanita harus menjadi manusia berilmu untuk mampu menghadapi dunia, pengapit bermakna mampu membedakan baik dan buruk, penitis bermakna memiliki keturunan untuk meneruskan ilmu dan kehidupan, warna hitam bermakna kesempurnaan.

makeup solo putri
cipyaherawati

Penataan rambut pada rias pengantin Solo putri mengunakan sanggul banngun tulak bermakna penolak bala, sunggar bermakna selalu mendengar nasehat yang baik. Aksesoris yang digunakan yaitu tujuh buah cunduk mentul bermakna mendapat pertolongan dari tuhan, enam buah tunjungan bermakna kesucian seorang perempuan, dua buah sokan bermakna pelindung dari bahaya tidak terlihat, centung dan cunduk jungkat bermakna kesucian wanita.

Roncean melati yang digunakan yaitu tibo dodo bawang sebungkul bermakna cahaya yang diberikan Allah harus diresapi dan dirasakan di dada, bunga mawar bermakna pengantin wanita harus mampu mengharumkan nama baik, sintingan dan sisir atau keket bermakna kesetiaan pada suami.

Busana yang digunakan pengantin Solo putri kebaya bludru bermotif merak bermakna kecantikan, jarik sido mukti bermakna harapan kehidupan mulia, sido asih bermakna saling mengasihi dan menghormati, wiron bermakna saling mencintai dengan pasangannya, aksesoris yang digunakan bermakna kejayaan atau kekayaan.

Tata Rias Pengantin Solo Modifikasi

solo modifikasi
Viky paes

Arti Modifikasi menurut kamus besar Bahasa Indonesia 2008:924 adalah pengubahan. Solo modifikasi adalah tata rias pengantin yang sudah mengalami perubahan lebih modern dari sebelumnya, tetapi tidak menghilangkan ciri khas utama dari tata rias penganntin Solo yaitu pada dahi berupa paes serta aplikasi sanggul ukel dengan sunggarnya. Tujuan dari memodifikasi untuk menambah ketertarikan masyarakat terhadap tata rias pengantin Solo. Jadi kebudayaan pengantin Jawa dapat terjaga dan terus dapat dilestarikan.

Tata Rias Pengantin Paes Ageng

Rias pengantin Paes Ageng berasal dari Kraton Yogyakarta. Keanggunan pengantin Yogyakarta Paes Ageng terlihat pada kain cinde yang dipadukan dodotan yang bertumpuk-tumpuk yang dikenakan oleh kedua mempelai pengantin pada pinggang dihiasi buntal dengan tambahan bunga kamboja dan patra menggala di beberapa bagian dan kedua ujungnya.

Keindahan hiasan dahi berupa cengkorongan terdiri atas: penunggul, pengapit, penitis dan godeg semua diberi pidih berwarna hitam dan prada emas. Pada bagian tengah setiap hiasan ditambah ornamen kinjengan dan keteppayet emas, ketep juga ditempel berjajar diatas prada alis yang berbentuk menjangan ranggah dan terdapat jahitan mata. Tatanan sanggul bokor mengkurep, pada pengantin pria menggunakan kuluk muthak pada telinga menggunakan sumping emas dan sumping kembang sritaman.

paes ageng
dessy_makeupartist

Menurut Rahayu dan Pamungkas 2014:12 Adapun unsur-unsur rias wajah paes ageng adalah sebagai berikut:

1. Penunggul atau yang disebut pinunjul mengandung suatu arti yaitu paling utama, dengan harapan kedua mempelai pengantin dapat menjadi manusia yang ditinggikan derajatnya.

2. Pengapit simbol keseimbangan, agar kedua mempelai dapat mencapai kehidupan yang seimbang antara kehidupan dunia dan kehidupan kelak di akhirat nanti.

3. Penitis simbol dari pikiran yang cermat, diharapkan pengantin tersebut dalam melakukan suatu hal dipikirkan dengan cermat agar tidak salah dalam menentukan langkah.

4. Godeg simbol dari bagaimana seseorang harus tahu dari mana manusia berasal dan akan kembali keasalnya. Alis menjangan ranggah merupakan unsur keindahan dalam keseluruhan tata rias wajah pengantin paes ageng melambangkan kewaspadaan pada pengantin agar tetap berhat-hati dalam menghadapi kehidupan kedepannya sedangkan jahitan mata pada tata rias pengantin wanita berfungsi sebagai penyaring agar dapat melihat secara jelas, dan dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk.

5. Cithak merupakan simbol penghalang perbuatan jahat kepada pengantin. Prada dan ketep berfungsi sebagai pelengkap keindahan dan pengisi bidang paes yang berwarna hitam. Kinjengan menggambarkan seseorang yang bekerja keras untuk memulai hidup baru dan semagat mencari rezeki.

6. Sanggul bokor mengkurep merupakan simbol wanita yang semula belum dewasa menjadi dewasa dan sudah mempunyai dasar golong giling menuju ke arah kesempurnaan. Pelengkap sanggul bokor mengkurep dan makna simbolisnya

  1. Teplok atau rajut melati bermakna agar ilmu tidak pudar dan dibawa sampai akhir hayat sehingga dapat meninggalkan nama baik atau harum maka sanggul bokor ditutup dengan untaian bunga melati. Teplok atau rajut melati merupakan penutup sanggul bokor mengkurep terdiri dari kuntum bunga melati yang dirajut menjadi satu memiliki fungsi sebagai mempercantik sanggul pengantin.
  2. . Gajah ngoling bermakna melambangkan keagungan dan penghormatan. Bentuk gajah ngoling menyerupai bentuk belalai gajah melambangkan kesakralan bagi pemakainya dalam menjalani hidup yang saklar pula.
  3. . Ceplok jebehan merupakan lambang perubahan status dari anak-anak ke dewasa yang berarti juga pecah pamore atau telah menjadi dewasa. Ceplok jebehan berarti berkembang, sebagai simbol keindahan pada sanggul yang digunakan pada pengantin wanita.
  4. 4. Jebehan Sritaman yaitu bunga korsase tiga warna bunga melambangkan Trimurti Syiwa, Brahma dan Wisnu. Jebehan sritaman merupakan pelengkap sanggul pada pengantin wanita agar terlihat lebih indah dan beragam.
  5. Sumping simbol dari saringan atau filter untuk suara-suara yang tidak menyenangkan agar dapat dilakukan dan disaring dengan baik. Sumping merupakan hiasan telinga pada pengantin pria maupun pengantin wanita agar terlihat lebih gagah dan anggun. .
  6. Centung melambangkan kesempurnaan manusia untuk menyatu dengan Tuhan. Bermakna bahwa manusia dapat menjadi insan kamil atau manunggaling kawula gusti dengan cara menunduk dulu dan bersujud serta mangadah kepada Tuhan YME. Centung merupakan sepasang perhiasan yang dipasang diantara penitis dan pengapit melambangkan keagungan Tuhan.
  7. Kuluk yaitu sanggul pengantin pria merupakan simbol kebesaran. Kuluk berwarna biru melambangkan pengantin seorang bangsawan, sedangkan kuluk berwarna putih melambangkan pengantin berasal dari rakyat biasa. Nyamat melambangkan unggul karena pemasangannya berada paling puncak. Pada bagian belakang kuluk terdapat hiasan berupa sanggul kecil yang disebut dengan kadhal menek yang melambangkan kejantanan seseorang dalam menempuh kehidupan yang terkadang menemukan kesulitan. Sanggul kadhal menek menyatu dengan sebuah cunduk mentul dan dipasang menghadap kebelakang, satu buah cunduk mentul melambangkan Tuhan hanya satu dan pemasangan menghadap kebelakang yang berarti bahwa seorang suami harus berani membelakangi perbuatan- perbuatan tidak terpuji. Sisir gunungan kecil merupakan simbol keagungan

Busana pengantin Paes Ageng yaitu kampuh atau dodot. Kampuh atau dodot yang tadinya masih berupa lembaran yang sederhana dilipat-lipat menjadi satu, melambangkan yang pada mulanya pengantin belum banyak tahu remaja menjadi tahu dan sempurna dewasa.

Buntal sebagai pelengkap busana pengantin wanita dan pria terdiri dari rangkaian sebagai simbol dari cinta kasih yang menyatu dalam ikatan.

Ikat pinggang pada pengantin wanita dinamakan pendingslepe, sedangkan untuk pengantin pria disebut lonthongan merupakan simbol peringatan bagi manusia agar selalu dekat dengan sang pencipta serta harus kuat imannya. Pelengkap busana pengantin pria yaitu keris brangah yang merupakan simbol seorang pria yang melambangkan kejahatan dan keberanian.

Busana kampuh atau dodot digunakan pada pengantin paes ageng agar sepasang pengantin terlihat anggun seperti raja dan ratu. Buntalan digunakan sebagai pelengkap busana agar busana kampuh atau dodot terlihat lebih mewah. Ikat pingganng yang digunakan pada pengantin berfungsi sebagai alat untuk merapikan busana supaya tidak terlepas karena kain kampuh yanng digunakan dalam bentuk lembaran.

Keris yang digunakan pada pengantin pria yaitu sebagai pelengkap busana atau aksesoris. Perhiasan yang dipakai pengantin wanita yaitu cunduk mentul memiliki makna agar melihat sesuatu tidak harus kedepan tetapi juga kebelakang melihat masa lalu. Sisir gunungan simbol keagungan Tuhan. Subang bumbungan merupakan penghias telinga. Gelang kana dengan ikat bulat melambangkan kesetiaan tanpa batas.

Kelat bahu atau gelang naga simbol dari penolak bala. Kalung susun berbentuk wulan simbol tetahapan dalam kehidupan.

Makeup Wedding Yogya Putri

jogja putri
Hanungkusuma

Tata rias pengantin Yogya putri tampilannya lebih bersahaja namun tetap elegan. Pada pengantin wanita sanggul yang digunakan tekuk ngirung atau sanggul pelik bersunggar dan hiasan simpel satu cunduk mentul, gununganpethat, satu ceplok mawar di belakang, melati usus-ususan, pelikan dan jebehan. Pada pengantin pria menggunakan kuluk kanigara, sumping emas, sumping kembang sritaman pada telinga, kalung karrset, bros, sikepan bludir melengkapi busana pengntin dari bahan bludru dan kain batik Yogyakarta motif simbar llintang prada atau sidomukti atau sidoasih yang menampilkan kemewahan seorang bangsawan

Rias Pengantin Jawa Muslim/Hijab

Tata rias dan busana pengantin adat adalah salah satu rangkaian budaya yang menjadi kebanggaan Indonesia. Dari masa kemasa, tradisi dan kebudayaan ini terus berkembang dan dicintai oleh masyarakat, tidak ketinggalan para pengantin muslimah yang ingin mengenakan tradisi dan budaya indonesia di hari istimewa.

Sebagai kepulauan yang luas pulau Jawa kerap menjadi tujuan tempat singgah dari daerah atau negara manapun, jadi rias pengantin di Jawa sekarang ini sangat berkembang terpengaruh dengan budaya-budaya negara lain. Adanya pengaruh budaya-budaya yang masuk ke pulau Jawa, muncul tata rias pengantin Jawa muslim yang sekarang ini banyak dikenal masyarakat. Busana pengantin adalah busana yang dipakai pada saat seseorang melaksanakan pernikahan.

makeup jawa muslim
etikyunia

Biasanya busana pengantin memiliki perbedaan dengan busana yang lain, karena lebih mewah. Menurut Hidajat dan Hardiman 2002:5 kriteria yang harus dipenuhi dalam berbusana muslim antara lain:

1. Harus mampu menutupi seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan.

2. Tidak terbuat dari bahan yang tipis dan tembus pandang.

3. Hindari model yang ketat membalut tubuh.

4. Tidak menyerupai pakaian pria.

5. Tidak aneh atau menyolok.

6. Asesoris dan rias wajah tidak boleh menyolok

Makeup Wedding Modern

Riasan modern adalah riasan yang mengutamakan penguatan karakter wanita yang dirias melalui pembentukan koreksi wajah dengan riasan Arimuko. Pada pengantin wanita rambut ditata dengan sanggul Baratmodern atau cukup diurai biasanya dilengkapi dengan mahkota, mengenakan sleyer atau krudung dari tulle, mengenakan gaun putih panjang dengan model yang paling populer adalah model strapless atau kemben namun tidak tertutup kemungkinan untuk model lain seperti sabrin, raglan, V, draperi dan lain-lain dilengkapi juga sarung tangan dan hand bouquet bersepatu putih.

Pada pengantin pria mengenakan kemeja putih, dasi, rompi, setelan jas dilengkapi korsage sebagai assesoris. Model busana ini digunakan oleh pengantin dari etnis Tionghoa, Manado atau mereka yang memilih untuk menikah dengan gaya internasional atau modern.

Menurut observasi yang sudah dilakukan penggunaan tata rias pengantin dan perkiraan pesanan penggunaan tata rias pengantin di Banjarnegara calon pengantin wanita lebih banyak menggunakan tata rias pengantin Jawa muslim, dikarenakan pengantin tetap menggunakan adat Jawa namun menggunakan hijab, selain itu pengantin terlihat lebih cantik, anggun dengan balutan busana muslim.

Makeup wedding modern hijab
vickyrahmawatii

Nah beberapa jenis rias pengantin diatas adalah dari pulau Jawa sesuai dengan pengatahuan saya. Sedangkan untuk makeup jenis lain atau makeup pengantin adat nusantara jenisnya masih buwanyak sekali. Bahkan tiap Kabupaten juga memiliki masing – masing ciri khas masing – masing termasuk Makeup wedding Lamongan. Dan beberapa kota Lainnya yang ada diseluruh Indonesia.

Apakah anda akan melangsungkan pernikahan, jika iya ada baiknya melakukan riset atau melihat beberapa referensi rias pengantin terdekat di kota anda. Kenapa melakukan riset, karena selera orang terhadap makeup pastinya berbeda – beda. Ada yang suka bold ada yang suka flawless.

Nah oleh karena itu perlu sekali melakukan riset atau perbandingan antara Rias pengantin yang satu dengan rias pengantin lainnya. Kalau udah klop dengan hati kan enak tuh waktu di makeup in.

Biaya Makeup Pernikahan

Untuk biaya makeup pernikaha atau wedding di berbagai wilayah memiliki pembiayaan yang berbeda – beda. Dan juga jenis acara mempengaruhi biaya makeup wedding ini. Maksudnya jenis acara seperti apa ?.

Jenis acara pernikahan itu ada beberapa macam, aan saya sebutkan sesuai dengan sepengetahuan saya yah.

Biaya Rias Pengantin menurut jenisnya / Acaranya

  • Rias Pengantin Akad

Jenis rias pengantin ini tergolong paling murah karena kalian tidak melakukan berbagai macam acara, jadi sewa baju atau gaun pengantin pun hanya 1 – 2 pasang saja khusus pasangan pengantin saja. Dari orang yang diundang pun tidak telrlau banyak mungkin hanya keluarga inti dan beberapa tetangga.

Untuk estimasi Rias pengantinnya saja antara 2 juta – 10 juta, tergantung siapa Makeup Artis yang kalian gunakan, karena tiap MUA Memiliki standar harga yang berbeda dan tentunya kualitas yang berbeda pula.

  • Makeup Wedding Resepsi Biasa

Apa maksudnya resepsi biasa, wedding resepsi ini merupakan paling banyak dilakukan keluarga mempelai pengantin. Harga Rias Pengantin untuk acara ini tentunya lebih mahal, Karena anda dipastikan menyewa gaun pengantin lebih dari 1 pasang. Belum lagi sewa baju untuk pengapit, terima tamu dan 2 pasang untuk orang tua.

Hal lain yang biasanya ada di acara resepsi adalah dekorasi tempat pengantin, Meja Akad Nikah, kursi, Tenda pernikahan/terop pernikahan, serta kursi tamu. Semua ini harus disediakan.

Estimasi harga adalah 10 – 50 juta untuk acara rumahan, kenapa saya sebut estimasi karena memang kualitas makeup dan alat yang bakal anda sewa menentukan mahalnya. sebebrapa besar tenda banyaknya kursi dan beberapa hal lain memang harus diperhitungkan secara matang. Ouwh ya harganya belum termasuk untuk makan makan ya hehe.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More