Kapolres Bojonegoro Hadir Di Acara Safari Kebhinekaan, Di Desa Kolong, Ngasem

Sukisno

Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) –  Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si  menghadiri giat Safari Kebhinekaan dalam rangka Mensyukuri Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022 ini.

Dalam acara Safari Kebhinekaan, sekaligus penetapan Desa Kolong, Kecamatan Ngasem, sebagai Desa Kerukunan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro, yang berlangsung, Selasa (30/8/2022) siang.

Kegiatan penetapan Desa Kolong sebagai Desa Kerukunan ditandai dengan pembukaan tirai bersama-sama oleh Kapolres Bojonegoro, Dandim 0813/Bojonegoro, Ketua FKUB Bojonegoro, Kepala Kemenag Bojonegoro.

Kepala Desa Kolong Harto mengucapkan terima kasih atas penetapan Desa Kolong sebagai desa kerukunan, dengan hal tersebut semoga dapat meningkatkan kebersamaan dan kerukunan di Desa Kolong. 

Lanjut Harto, di Desa Kolong terdapat masyarakat yang beragama Islam (NU, Muhammadiyah, Shiddiqiyah, LDII), Kristen Protestan dan Katolik, namun mereka dapat hidup rukun berdampingan.

“Dengan Desa Kolong sebagai Desa Kerukunan merupakan inisiatif yang luar biasa. Terlebih, kerukunan antar umat beragama adalah ciri khas Bangsa Indonesia,” kata Kades Kolong Harto menegaskan.

Baca Juga  Cerita Pendek Suami Istri, Perselingkuhan Yang Panas Dan Bikin Viral

Ketua FKUB KH. Alamul Huda dalam kata sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan saat ini. Menurutnya Desa Kolong merupakan dari gambaran dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“FKUB mempunyai program menginginkan kedamaian dan kerukunan Kabupaten Bojonegoro, oleh karena kami menetapkan bahwa Desa Kolong adalah miniatur dari Kebhinekaan bangsa Indonesia,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Huda itu.

Pihaknya berharap agar Desa Kolong dapat menjadi contoh dari yang lain, jika semua seperti Desa Kolong, maka Indonesia tidak akan pernah goyah. Indonesia bukan negara Agama, namun jelas penduduknya dan masyarakatnya adalah Beragama.

Lanjut Gus Huda, pihaknya menyebutkan bahwa para pendiri bangsa telah mengorbankan segalanya untuk anak cucu nya agar dapat merdekan dan berdiri dengan kaki sendiri dan tidak bergantung pada bangsa asing.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Sementara, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad menyebut Desa Kolong telah ditetapkan sebagai Desa Kerukunan ditandai dengan pembukaan Tirai.

“Bahwa para pahlawan telah berjuang merebut kemerdekaan negara Indonesia, jangan pernah melupakan sejarah, marilah kita mempertahankan kemerdekaan ini dengan menjaga kerukunan keberagaman umat beragama yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini,” demikian dikatakan Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad, Selasa (30/8/2022).

Lanjut AKBP Muhammad, bahwa permasalahan agama sangat sensitif, oleh karenanya harus mengedepankan toleransi dalam kehidupan bersama, kebhinekaan dapat dijaga dan NKRI harga mati.

“Kita apresiasi bahwa konflik agama dan konflik sosial di Kabupaten Bojonegoro cenderung sangat kecil sehingga kami berharap agar kita beribadah dan menjalankan agama sesuai dengan koridor agama masing-masing,” ungkapnya.

Ditambahkan, dikarenakan ada paham yang mulai melenceng sehingga menimbulkan paham radikalisme dan terorisme, kita harus hati-hati, ” ujarnya.

Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arm. Arif Yudho Purwanto, juga menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Kolong yang ditetapkan sebagai desa kerukunan, dan ucapan terima kasih atas sinergitas yang ada di Desa Kolong, Kecamatan Ngasem ini.

Baca Juga  Cerita Pendek Suami Istri, Perselingkuhan Yang Panas Dan Bikin Viral

Lanjut Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, bahwa keberagaman di Kabupaten Bojonegoro cukup tinggi, sehingga perlu kerukunan walaupun beda agama dan kepercayaan kita tetap satu, NKRI harga mati.

“Diharapkan para tokoh agama dapat memberikan pembinaan dan nasihat kepada masyarakat Desa Kolong agar tetap menjaga kebersamaan dan kerukunan. TNI dan Polri siap selalu menjaga keamanan di wilayah Desa Kolong dan Kabupaten Bojonegoro,” katanya sambil berharap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Muhammad, Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arm. Arif Yudho Purwanto, Kepala Kemenag  Munir, Ketua FKUB KH. Alamul Huda, Kasdim 0813/Bojonegoro, Mayor I Putu Bagus Widharta,

Tampak hadir pula, Forkopimca Ngasem,  pengurus FKUB Bojonegoro, Kepala Desa (Kades) Kolong, Harto beserta perangkat desa dan tamu undangan lainnya.

**(Kis/Red}

Bagikan

Also Read