Baca Ini Viral! Dosen Usir Mahasiswa Baru yang Mengaku Gender Non Binary Terbaru

Dedi Suparman

Baca Ini Viral! Dosen Usir Mahasiswa Baru yang Mengaku Gender Non Binary Terbaru
Bagikan

Mengaku Bukan Laki-laki dan Bukan Perempuan

Berita terkini; Seorang dosen di Universitas Hasanuddin Makassar mengusir mahasiswa baru yang mengaku gender Non binary. Moment pengusiran itu terekam dalam sebuah video.Videonya viral di media sosial usai diunggah akun @lambeturah.

Dalam video terlihat Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas Muh Hasrul bersama seorang dosen perempuan mempertanyakan gender mahasiswa tersebut.

Mahasiswa baru ini terlihat seperti lelaki umumnya. Dia menggunakan kacamata, almamater merah dengan potongan rambut pendek.

“Di KTP mu apa? Laki-laki atau perempuan? Di kartu mahasiswa mu apa? Laki-laki atau perempuan?” tanya Hasrul.

Mahasiswa tersebut dengan lugas menjawab, “Laki-laki, Pak” ujarnya.

Lalu, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan ini melanjutkan pertanyaannya. “Kamu mau sekali jadi perempuan atau laki-laki,” tanya Hasrul lagi.

“Tidak keduanya, di tengah-tengah. Makanya Netral, Pak,” ujar mahasiswa tersebut.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Jawaban itu memicu emosi Hasrul.

Pemilik Toko Tusuk Purnawirawan TNi Hingga Tewas, Alasannya Sepele

Rakyatnesia

“Halo, halo, halo, panitia ambil ini. Ambil tasmu. Kita tidak terima, laki-laki dan perempuan di sini. Salah satunya ji diterima,” jelasnya.

Mahasiswa baru itu pun keluar dengan wajah marah dan kecewa. Sontak saja video ini mendapat beragam komentar dari netizen. Sebagian besar warganet geram dengan tingkah mahasiswa baru itu.

Banyak juga netizen yang merasa aneh dengan istilah Non Binary. Adapula Netizen yang mempertanyakan pilihan sang mahasiswa baru tersebut. Beberapa netizen mendukung keputusan dosen tersebut.

“Apa itu Non binary? Manusia jadi”an kah?” tulis nhuurraudrey_93

“Gendernya Laura (Lanang Ora Wedok Ora). Mungkin dia gabut, “ tulis homegallery_purwokerto

“Kita menerima perbedaan tp bukan penyimpangan. Setuju sama dosennya,” kata anchaburnley.

Apa Itu Gender Non-Biner?

Non-biner merupakan gender yang mendefinisikan dirinya bukan sebagai perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut tak jarang membingungkan banyak orang.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Bejat! Pimpinan Ponpes Diduga Cabuli Puluhan Mantan Santriwatinya

Rakyatnesia

Secara biologis, manusia digolongkan kedalam dua kelompok, yaitu jantan dan betina. Akan tetapi, secara gender, muncul beberapa golongan baru dalam mendefinisikan dirinya sendiri.

Biasanya, gender non-biner ini memposisikan dirinya sendiri berbeda dengan struktur biologis bawaan lahir. Kelompok gender ini biasanya akan memposisikan dirinya bukan dari bagian kelompok gender yang telah ada, atau bahkan mempunyai gender yang lebih dari satu.

konsep non-biner berbeda dengan transgender. Non-biner menggambar identitas gender tidak eksklusif terbatas biner laki-laki atau perempuan. Sedangkan seorang transgender tidak mengidentifikasi dirinya sama dengan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir.

Dengan begitu, ada kemungkinan orang non-biner tetap mengidentifikasi diri sebagai transgender. Namun beberapa non-biner yang lain bisa jadi masih mengidentifikasi diri sesuai jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Gender non-biner ini juga memiliki sejumlah istilah lainnya. Adapun istilah-istilah tersebut yakni off the binary, genderfluid, agender, bigender, boi, butch, androgynus, dan gender neutral. Istilah-istilah tersebut memiliki definisinya masing-masing yang mungkin saja secara spesifik ada perbedaan pemahaman.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengatakan tengah menengahi persoalan ini. Pihaknya mengaku sudah untuk mediasi kedua pihak yang terlibat. Bahkan rektorat sudah mempertemukan orangtua mahasiswa dan dosen.

“Unhas ini inklusif iya dan terbuka untuk semua. Kita minta maaf kalau perlu/ Sudah kami panggil semua pihak,” ujar Prof Jamaluddin Jompa melalui keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Senin (22/08).

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Bagikan

Also Read