Bupati Bojonegoro Membuka Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bojonegoro 2020

10

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, menggelar kegiatan Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2020.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, berkenan membuka acara tersebut, yang digelar di salah satu hotel di wilayah Kecamatan Kalitidu, Rabu (26/8/2020).

Dalam sambutanya Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mua’wanah, menyampaikan bahwa toleransi antar umat beragama, ras dan suku perlu kita jaga bersama. Sejauh ini Kabupaten Bojonegoro masih kondusif dan Forkopimda selalu kompak dalam segala hal guna antisipasi konflik sejak dini.


“Mari Kita bersama -sama jaga Bojonegoro semoga situasi tetap kondusif,” kata wanita yang akrab disapa Bu Anna itu.

Di tempat yang sama Kapolres Bojonegoro, AKBP, M.Budi Hendrawan menyampaikan bahwa dengan harapan melalui kegiatan tersebut dapat lebih meningkatkan iklim kondusif di Kabupaten Bojonegoro ini.

Lanjut Kapolres, yang memungkinkan adanya sikap masyarakat yang menerima kemajemukan dan keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Masih menurut Kapolres, perlu diwaspadai perkembangan paham radikalisme melalui media sosial dan perlu di awasi adalah narasi yang bersifat provokatif.

Kapolres Bojonegoro juga mengajak di wilayahnya untuk mempersiapkan diri dengan baik menjadi agen perubahan dan menguasai Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) dengan mengikuti perkembangan lingkungan strategis baik nasional, regional, maupun internasional. Dibutuhkan kerja sama dalam menanggulangi ancaman kejahatan Non Militer yakni terorisme, narkoba, human trafficking, radikalisme, separatisme, serangan cyber.

“Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro baik kriminalitas maupun konflik sosial di masyarakat,” tegas Kapolres.

Ditambahkan, dengan kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan ini, menyampaikan beberapa hal penting, khususnya kepada para pengurus yakni agar meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, guna menghindari berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horisontal disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan ras, suku, budaya dan agama yang dapat mengancam integritas nasional maupun regional.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan dan dialog interatif oleh peserta Forum Pembauran Kebangsaan dengan narasumber jajaran Forkopimda Kabupaten Bojonegoro.

Acara tersebut juga dihadiri, Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol. Inf. Bambang Hariyanto, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs H. Budi Irawanto,M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Imam Sholikin, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro Mahmudi, dan para peserta Sarasehan Forum Pembauran Kebangsaan dari warga mayarakat yang berlatar belakang Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More