Presiden Jokowi Qurban Sapi Lebih Dari 1,5 Ton, Untuk Siapa Saja Nih ?

0 122

Nasional – Presiden Jokowi Qurban Sapi Lebih Dari 1,5 Ton, Untuk Siapa Saja Nih ?, Di hari raya Idul Adha memang identk dengan qurban binatang ternak terutama Kambing Dan sapi, Presiden Jokowi juga tak mau melewatkan momen ini yang akan berlangsung pada 22 Agustus.

Presiden Jokowi meng Qurbankan sapi jenis PO dengan berat 1,5 ton di Masjid Istiqlal. Pantauan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018), sapi Jokowi ditempatkan di taman dekat Pintu Ar-Razzaq. Selain sapi Jokowi, ada juga sapi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)

Sapi Jokowi berwarna putih, sedikit berbeda dengan sapi JK. Namun, sapi Jokowi nampak lebih kekar dari sapi JK jika dilihat di bagian bokongnya.

“Beratnya sekitar 1,5 ton. Ini sapinya jenis PO. Umurnya sekitar 7 tahun, ya, sama kaya umut ngerawatnya,” kata Jagur, perawat sapi Jokowi di Istiqlal.

Sapi Jokowi ini berasal dari Tuban, Jawa Timur. Kedua sapi itu baru tiba di Masjid Istiqlal pagi tadi. Namun, Jagur mengaku tidak tahu berapa harga sapi Jokowi.

“Asli sapinya dari Tuban. Baru tadi pagi sampai. Kalau harganya persisnya kurang tahu. Puluhan juta kali,” ujar Jagur sambil bercanda.

Jagur sedikit memberikan nasihat kepada penyembelih sapi. Dia mengimbau agar sapi disembelih dalam kondisi sadar.

“Kan ada tuh yang ditembak (dibius), kaya di penjagalan. Kalau kata saya kurang afdal, soalnya kan kalau ditembak sapinya pingsa,” saran Jagur.

Baca juga : Kumpulan Ucapan dan Quote Idul Adha Paling Bermakna Cocok Dipakai Status

Presiden Jokowi Qurban Sapi Lebih Dari 1,5 Ton termasuk Di Kampung halamannya

 Presiden Jokowi Qurban Sapi Lebih Dari 1,5 Ton

Presiden Joko Widodo kembali berkurban sapi di kampung halamannya, Kota Solo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, presiden menyumbang dua ekor sapi berukuran besar.

Dua ekor sapi itu berjenis limousin dan simental. Sapi berjenis limousin memiliki bobot 950 kg, sedangkan sapi berjenis simental berbobot 1.100 kg atau 1,1 ton.

“Yang limousin untuk Masjid Al-Wustho sudah datang sore ini. Yang simental diantar ke Masjid Agung besok pagi,” kata Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom, Selasa (21/8/2018).

Adapun kedua sapi tersebut dibeli oleh utusan presiden di Polokarto, Sukoharjo. Sudah tiga kali Idul Adha sapinya dipilih oleh Jokowi untuk dikurbankan di Solo.

Pemilik peternakan sapi, Kuncoro Budi Santoso, mengatakan kedua sapi tersebut lahir di kandang miliknya. Keduanya dibesarkan selama sekitar 4,5 tahun olehnya.

“Saya dihubungi utusan presiden, diminta mengirim foto sapi terbaik. Saya pilihkan lima sapi terbaik,” kata Kuncoro.

Menurutnya, lima sapi itu merupakan sapi paling besar dari sekitar 100 ekor sapi yang ia punya. Sapi-sapinya antara lain berjenis hidden angus, simmental dan limousin.

“Yang dipilih dua sapi itu. Bangga ya, karena yang dipilih adalah sapi kami yang asli dari desa, bukan sapi impor,” ujar dia.

Rencananya kedua sapi akan disembelih sesudah salat Idul Adha besok, Rabu (22/8). Daging sapi akan dibagikan oleh takmir masjid kepada masyarakat Solo.

 

Presiden Jokowi Qurban Sapi Lebih Dari 1,5 Ton

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More