Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoroFeatured

Pagelaran Wayang Kulit, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Pojok, Purwosari

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk dengan menampilkan Dalang ternama Sigit Ariyanto, dari Rembang, Jawa tengah, digelar dalam rangka Sedekah bumi alias bersih desa, berl;angsung di Desa Pojok, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Minggu (21/8/2022).

Kegiatan pagelaran wayang kulit itu, digelar di halaman kediaman Kepala desa Pojok Yudianto. Acara dihadiri oleh seluruh warga masyarakat Desa Pojok, mereka beramai-ramai tumplek blek, berkumpul dan bersilaturahmi sambil nonton pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Sesaji Raja Suya.

Baca Juga  PDI Perjuangan Bojonegoro Gelar Parade Merah Putih, Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-77

Tak hanya warga setempat, kesenian jawa itu juga dihadiri warga sekitarnya. Hadir juga, tokoh agama dan tokoh masyarakat, perangkat desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, Ketua RW, Ketua RT, serta undangan lainnya.

Kades Pojok Yudianto dalam kata sambutan mengatakan, bahwa atas nama pribadi dan pemerintah desa (pemdes) Pojok, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warganya yang telah bergotong-royong, guyub dan rukun, bersama-sama menggelar kegiatan sedekah bumi itu.

“Kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan ini, merupakan wujud syukur warga Desa Pojok terhadap Allah SWT atas berkah panen yang telah diterima dalan tahun ini serta banyak berkah lainnya yang telah kita rasakan selama ini,” ungkap Kades Pojok Yudianto kepada rakyatnesia.com, Minggu (21/8/2022) malam.

Baca Juga  Jalin Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi, Polres Bojonegoro Gelar Dialog Bersama Mahasiswa

Tak hanya itu, beberapa warga yang berhasil ditemui wartawan media ini menyayakan bahwa dirinya bersyukur atas keselamatan warga, sehingga di saat sedekah bumi ini mereka bisa berkumpul dan bersilarahmi sesama warga.

“Alhamdulillah, ada berkah bagi warga Pojok, sehingga mereka guyub rukun, dan selalu silaturahmi dalam kebersamaan,” ungkap salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya.

Baca Juga  Tradisi Gumbregan Bagi Warga Pemilik Hewan Piaraan Warga Samin, di Bojonegoro

Sementara itu, Camat Purwosari Dian Rokhmawati Ikhtiyorini tampak hadir bersama Forpimcam, Mathukhan yang juga anggota DPR dari Fraksi partai Gerindra, Para Kepala desa Se-Kecamatan Purwosari dan undangan lainnya.

Perlu diketahui, untuk acara selamatan, yang diisi tahlil dan doa bersama telah digelar Minggu (21/8/2022) siang. Dimana, warga Desa Pojok masih terus menjaga tradisi dan budaya yang dilakukan secara turun-menurun oleh nenek moyang mereka dengan baik.

**(Yan/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku