Pagelaran Wayang Kulit, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Pojok, Purwosari

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk dengan menampilkan Dalang ternama Sigit Ariyanto, dari Rembang, Jawa tengah, digelar dalam rangka Sedekah bumi alias bersih desa, berl;angsung di Desa Pojok, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Minggu (21/8/2022).

Kegiatan pagelaran wayang kulit itu, digelar di halaman kediaman Kepala desa Pojok Yudianto. Acara dihadiri oleh seluruh warga masyarakat Desa Pojok, mereka beramai-ramai tumplek blek, berkumpul dan bersilaturahmi sambil nonton pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Sesaji Raja Suya.

Tak hanya warga setempat, kesenian jawa itu juga dihadiri warga sekitarnya. Hadir juga, tokoh agama dan tokoh masyarakat, perangkat desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, Ketua RW, Ketua RT, serta undangan lainnya.

Kades Pojok Yudianto dalam kata sambutan mengatakan, bahwa atas nama pribadi dan pemerintah desa (pemdes) Pojok, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warganya yang telah bergotong-royong, guyub dan rukun, bersama-sama menggelar kegiatan sedekah bumi itu.

“Kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan ini, merupakan wujud syukur warga Desa Pojok terhadap Allah SWT atas berkah panen yang telah diterima dalan tahun ini serta banyak berkah lainnya yang telah kita rasakan selama ini,” ungkap Kades Pojok Yudianto kepada rakyatnesia.com, Minggu (21/8/2022) malam.

Tak hanya itu, beberapa warga yang berhasil ditemui wartawan media ini menyayakan bahwa dirinya bersyukur atas keselamatan warga, sehingga di saat sedekah bumi ini mereka bisa berkumpul dan bersilarahmi sesama warga.

“Alhamdulillah, ada berkah bagi warga Pojok, sehingga mereka guyub rukun, dan selalu silaturahmi dalam kebersamaan,” ungkap salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Camat Purwosari Dian Rokhmawati Ikhtiyorini tampak hadir bersama Forpimcam, Mathukhan yang juga anggota DPR dari Fraksi partai Gerindra, Para Kepala desa Se-Kecamatan Purwosari dan undangan lainnya.

Perlu diketahui, untuk acara selamatan, yang diisi tahlil dan doa bersama telah digelar Minggu (21/8/2022) siang. Dimana, warga Desa Pojok masih terus menjaga tradisi dan budaya yang dilakukan secara turun-menurun oleh nenek moyang mereka dengan baik.

**(Yan/Red).

Bagikan

Also Read