Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online Di Lamongan, Tuban, Bojonegoro

moch akbar fitrianto

cara daftar vaksin
Bagikan

Nasional, Rakyatnesia – Indonesia terus menggencarkan gerakan vaksin Covid-19 dan baru saja mendatangkan kurang lebih 5juta dosis vaksin Sinovac. Sehingga total jumlah vaksin yang datang ke Indonesia hingga saat ini sudah sekitar 190 juta dosis, baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin jadi.

Menurut Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, kedatangan vaksin ini menegaskan bahwa pemerintah berupaya keras memenuhi kebutuhan stok vaksin COVID-19 untuk digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Dia menambahkan, TNI bersama Polri, telah mendapatkan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung program penanganan COVID-19, termasuk program vaksinasi nasional.

Salah satu perwujudannya, TNI telah melaksanakan vaksinasi melalui fasilitas kesehatan TNI di 803 rumah sakit dan fasilitas tingkat I di seluruh Indonesia.

Kemudian juga melakukan serbuan vaksinasi, melaksanakan vaksinasi mobile, dan bekerja sama dengan pihak swasta antara lain Walubi, Budha Suci, Artha Graha, dengan vaksinasi dosis pertama 8.489.210 orang dan dosis kedua 1.346.404 orang. Dengan menyerahkan vaksinator TNI sebanyak 10.867 personel.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Memasuki Agustus 2021, lanjut Mayjen Syafruddin, program vaksinasi nasional semakin diperluas dan dipercepat dengan target 2 juta dosis per hari. Hingga hari ini, lebih dari 53 juta orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

“Itu artinya sekitar 25% dari target atau sasaran vaksinasi yang berjumlah 208 juta penduduk Indonesia untuk bisa membangun herd immunity atau kekebalan kelompok,” ujarnya mengutip Infopublik.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin tau cara pendaftaran vaksin Covid-19 online, ikuti dua cara di bawah ini yang dikutip dari berbagai sumber :

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Secara Online

  • Kunjungi laman Pedulilindungi.id di Handphone atau Dekstop kalian.
  • Pilih menu Login/Register yang berada di bagian pojok kanan atas
  • Pilih menu Buat akun Pedulilindungi
  • Lakukan registrasi akun dengan memasukan nama lengkap sesuai KTP dan alamat email kalian.
  • Centang Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi
  • Klik Daftar
  • Jika sudah, maka Kalian akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui email atau SMS.
  • Masukan kode OTP, lalu pilih opsi Verifikasi
  • Lalu klik menu Pendaftaran Vaksinasi di bagian kiri tengah
  • Isi data diri seperti nama lengkap, NIK, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel, kota sesuai KTP, dan alamat.
  • Klik opsi Selanjutnya
  • Lakukan konfirmasi mengenai informasi penerima vaksin
  • Masukan kode verifikasi
  • Sampai di sini kalian sudah berhasil melakukan pendaftaran vaksin Covid.
Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Pendaftaran vaksin Covid melalui Vaksin Loket:

  1. Buka laman resmi https://vaksin.loket.com.
  2. Pilih lokasi yang ingin dipilih sebagai lokasi vaksinasi, disarankan pilih yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal.
  3. Pilih juga tanggal kedatangan dan jam kedatangan yang diinginkan.
  4. Untuk pendaftaran vaksin Covid, lakukan pengisian data secara lengkap sesuai identitas diri.
  5. Jika sudah lengkap, maka proses pendaftaran pun selesai. Anda akan menerima formulir dan e-voucher pada email yang sudah daftarkan sebelumnya.

Manfaat Dan keuntungan Melakukan Vaksin

1. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

2. Mendorong terbentuknya herd immunity

Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil.

Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakatpenelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

3. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Bagikan

Also Read