Cara Membersihkan Bulu Ketiak Alami Dengan Cukur Dan Tanpa Cukur

moch akbar fitrianto

Menghilangkan bulu ketiak
Bagikan

Kesehatan, RakyatnesiaCara Membersihkan bulu ketiak memang harus sering dilakukan oleh setiap orang, karena bulu ketiak ini akan tumbuh terus secara berkala. Karena jika dibiarkan bulu ketiak bisa mengganggu penampilan.

Kenapa Bulu Ketiak tidak disarankan dihilangkan secara permanen ?

Karena bulu ketiak ini memiliki fungsi bagi kesehatan salah satunya mengurangi iritasi yang terjadi pada kulit ketiak ketika melakuakn aktivitas tertentu, seperti ketika berolahraga.

Jika bulu ketiak masih pada panjang yang standar tentu bisa melindungi kulit ketiak anda. Namun jangan sampai dibiarkan tumbuh terlalu panjang karena bisa menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau badan tak sedap. Sebelumnya yuk kenali secara lengkap fungsi dari bulu ketiak kita.

Fungsi Bulu Ketiak pada Tubuh

  • Melindungi kulit ketiak dari zat-zat kimia yang berasal dari berbagai produk agar tidak mudah memasuki kulit ketiak seperti krim, bedak, dan deodorant.
  • Melindungi kulit ketiak dari racun yang berasal dari luar tubuh.
  • Melindungi ketiak dari gesekan
  • Melindungi kulit ketiak dari bakteri
  • Melindungi payudara. Pada ketiak terdapat kelenjar yang berhubungan langsung dengan payudara. Jika ada zat-zat kimia atau racun yang masuk secara terus-menerus pada kelenjar ini akan bisa menyebabkan gangguan pada payudara.
  • Menarik calon pasangan. Pada ketiak terdapat kelenjar apokrin yang ternyata bisa menarik calon pasangan Anda. Serupa dengan feromon, kelenjar apokrin akan mengeluarkan berbagai bau yang bisa menarik pasangan Anda dan memberikan tanda bahwa Anda telah siap. Suatu penelitian menemukan bahwa bau ketiak setiap orang tidak sama. Hal ini juga merupakan salah satu identitas unik manusia.

Cara menghilangkan Bulu Ketiak Dengan Mudah

cara membersihkan bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak

Mencukur merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun, cara ini biasanya hanya bertahan 1–3 hari sebelum bulu ketiak mulai tumbuh kembali.

Untuk melakukannya, Anda disarankan untuk membasahi dan mengoleskan krim cukur terlebih dahulu pada kulit ketiak. Setelah itu, mulailah mencukur bulu ketiak sesuai dengan arah rambut tumbuh.

Meski mudah dilakukan, mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi atau kulit terluka bila dilakukan dengan pisau cukur yang sudah tumpul. Selain itu, mencukur bulu ketiak juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam.

Mencabut bulu ketiak

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencabutnya dengan alat pencabut bulu ketiak atau pinset. Cara yang satu ini dapat bertahan 3–8 minggu hingga bulu ketiak muncul kembali.

Namun, sebaiknya bersihkan pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah mencabut bulu ketiak guna mengurangi risiko iritasi dan infeksi pada kulit ketiak.

Melakukan waxing

Waxing dilakukan dengan cara mengoleskan cairan lilin pada ketiak dan menempelkan kain di atas lilin tersebut. Setelah itu, kain akan ditarik dengan cepat hingga bulu ketiak tercabut sampai ke akarnya.

Metode ini dapat dilakukan setiap 3–6 minggu atau saat panjang bulu ketiak mencapai sekitar 0,5 cm. Jika terlalu pendek, cairan lilin yang digunakan tidak dapat menempel pada bulu ketiak, sedangkan bulu ketiak yang terlalu panjang juga akan sulit ditarik.

Meski dapat menghilangkan bulu ketiak, waxing berisiko menyebabkan ruam kemerahan, iritasi, dan peradangan pada akar rambut.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara melakukan waxing yang tepat, seperti tidak menggunakan krim retinoid sebelumnya atau menarik kain ke arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.

Menggunakan krim penghilang bulu ketiak

Krim penghilang bulu ketiak kini semakin mudah ditemukan di pasaran. Krim ini bekerja dengan cara memecah keratin rambut, sehingga bulu ketiak akan rontok atau lepas dengan mudah.

Dalam menggunakan krim penghilang bulu ketiak, Anda tidak disarankan mendiamkannya terlalu lama, karena bisa menyebabkan kulit ketiak mengalami ruam dan meradang.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan krim penghilang bulu ketiak pada sebagian kecil area kulit untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam krim tersebut.

Menggunakan metode laser atau IPL (Intense Pulsed Light)

Metode laser atau IPL merupakan cara menghilangkan bulu ketiak yang dinilai lebih efektif, karena hasilnya jauh lebih tahan lama daripada cara lainnya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan ini perlu dilakukan setidaknya 6 kali dengan jarak beberapa bulan.

Prosedur menghilangkan bulu ketiak dengan laser atau IPL berisiko menimbulkan efek samping, seperti kulit kemerahan, iritasi, perubahan warna kulit, dan munculnya jaringan parut. Oleh karena itu, prosedur ini disarankan dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Selain dengan cara di atas, pada kasus tertentu seperti orang yang mengalami pertumbuhan rambut berlebih akibat sindrom ovarium polikistik atau hirsutisme, bulu ketiak dapat diatasi dengan obat penurun hormon. Namun, hal ini hanya boleh dilakukan sesuai saran dan petunjuk dokter.

Berbagai cara menghilangkan bulu ketiak dapat dipilih sesuai kondisi dan kenyamanan Anda Namun, bila muncul tanda-tanda iritasi atau infeksi setelah menghilangkan bulu ketiak, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah Itu Tadi Metode Menghilangkan Bulu Ketiak Yang sering dilakukan, ada satu cara lagi yang bisa dilakukan dengan beberapa bahan – bahan herbal atau alami, Menghilangkan bulu ketiak secara alami memang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, tanpa alat cukur ataupun bahan kimia lainnya, bagamana caranya, Simak dibawah ini :

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami

Bahan Alami untuk menghilangkan bulu ketiak akan dibahas lengkap di artikel di bawah ini.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Jintan putih dan kapur barus

Biasanya Anda menggunakan jintan putih sebagai bumbu dapur. Tapi ternyata bahan ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara alami. Jintan putih berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan rambut.

Caranya:

  1. Siapkan 50 gram jintan putih dan 2 sdt kapur barus halus yang sudah dihaluskan.
  2. Campurkan dua bahan tersebut lalu tuang air perasan lemon hingga berbentuk pasta.
  3. Oleskan pada ketiak secara merata.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Jeruk nipis

Buah jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi berguna untuk merontokkan rambut halus pada ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak permanen dengan jeruk nipis:

  1. Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian.
  2. Lalu gosok-gosokkan pada kulit ketiak Anda secara merata.
  3. Lakukan setiap hari sebagai pengganti deodorant.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Kapur sirih

Kapur sirih sangat bermanfaat sebab mengandung kavinol, karkavol, kadinen dan zat samak yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi bagi Anda yang berkulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebab kandungan zat-zat pada kapur sirih bersifat panas. Kapur sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak permanen dan memutihkan ketiak. Selain bisa mencerahkan kulit ketiak, kapur sirih dapat mengurangi atau merontokkan bulu ketiak.

Caranya:

  1. Campur 1 sdm kapur sirih dengan air lemon hingga berbentuk pasta.
  2. Sebelum dioleskan pada ketiak, pastikan ketiak dalam keadaan bersih.
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Lalu bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Lemon dan mentimun

Untuk merontokkan bulu ketiak juga bisa menggunakan campuran lemon dan mentimun.

Caranya:

  1. Parut mentimun lebih dulu.
  2. Lalu campurkan parutan mentimun dengan air perasan dari setengah buah jeruk nipis.
  3. Campurlah dengan cara mengaduk.
  4. Lalu oleskan pada ketiak Anda.
  5. Diamkan selama 15 menit saja.
  6. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Lemon, gula, dan madu

Gabungan antara madu, gula dan lemon terbukti manjur untuk merontokkan bulu ketiak Anda. Gula dan madu adalah pelengkap dari buah lemon agar khasiatnya semakin ampuh.

Caranya:

  1. Campurkan 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt madu dan 1 sdm air perasan lemon.
  2. Aduk hingga merata.
  3. Oleskan pada ketiak secara merata.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bersihkan dengan menggunakan kain hangat gerakkan dengan arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak.
  6. Lalu bersihkan lagi dengan menggunakan air dingin.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Kunyit

Kunyit mengandung minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Pada kunyit juga terdapat kurkumin yang berguna sebagai anti-oksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Selain itu kunyit juga bisa berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak Anda.

Caranya :

  1. Siapkan 2 sdt kunyit bubuk atau 2 ruas jari kunyit yang dihaluskan lebih dulu.
  2. Tambahkan air hingga berbentuk pasta.
  3. Lalu oleskan pada kulit ketiak secara merata.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bersihkan dengan air hangat.

Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Pepaya muda, kunyit, dan lidah buaya

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bulu ketiak secara alami dan cepat untuk wanita dan pria adalah dengan menggunakan campuran pepaya, kunyit, lidah buaya, dan bahan-bahan lainnya. Pepaya mengandung papain yang mampu untuk mencegah pertumbuhan rambut sehingga membuat bulu ketiak tidak akan timbul lagi. Pepaya juga dapat digunakan sebagai pemutih kulit ketiak yang alami, selain juga bisa sebagai cara untuk menghilangkan bulu ketiak.

Pepaya cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain menggunakan pepaya, juga menggunakan kunyit karena berfungsi sebagai antibakteri yang mampu menyehatkan kulit. Sedangkan lidah buaya digunakan sebagai cara agar kulit ketiak tidak menjadi gelap. Aloesin yang ada dalam lidah buaya akan menghambat pembentukan melanin yang bisa membuat kulit menjadi gelap.

Bahan :

  1. Kunyit bubuk atau parutan kunyit 1/2 sdm
  2. Pepaya muda 1/2 buah.
  3. Minyak atsiri atau minyak lavender 1/2 sdt
  4. Gel lidah buaya 4 sdm

Cara membuat :

  1. Pepaya muda yang telah dikupas kulitnya kemudian diambil saja.
  2. Haluskan dengan blender tanpa menggunakan air atau haluskan dengan menumbuk.
  3. Campurkan pepaya muda yang telah dihaluskan, kunyit bubuk, gel lidah buaya, dan minyak atsiri. Aduk hingga tercampur.
  4. Oleskan pada ketiak hingga merata.
  5. Diamkan selama 30 menit.
  6. Bersihkan dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat. Bersihkan berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu ketiak Anda.
  7. Bersihkan lagi sisanya dengan menggunakan air dingin yang bersih lalu keringkan.
  8. Untuk hasil yang optimal, lakukan 3 kali dalam seminggu setiap sesudah mandi.
Bagikan

Also Read