Empat Bulan Beroperasi, KAI Commuter Layani Pengguna Lebih Dari 3,5 Juta Orang

Sukisno

Empat Bulan Beroperasi, KAI Commuter Layani Pengguna Lebih Dari 3,5 Juta Orang
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Sejak 1 Aprli 2022 Lalu, KAI Commuter telah mengelola operasional pelayanan perjalanan KA Lokal di beberapa wilayah, salah satunya di wilayah Daerah Operasi 8 Surabaya dan sekitarnya. Sebanyak 60 pelayanan perjalanan KA Lokal yang dikelola oleh KAI Commuter di wilayah ini.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangan tertulis Selasa (16/8/2022) mengatakan, Kereta Api Lokal Wilayah 8 yang dikelola KAI Commuter antara lain KA Ekonomi Lokal perjalanan Surabaya Pasar Turi – Cepu, KA Ekonomi Lokal Surabaya Pasar Turi – Kertosono, KA Dhoho Surabaya – Blitar via Kertosono, KA Penataran Surabaya – Blitar via Malang, KA Komuter Jenggala Surabaya – Mojokerto, KA Komuter Surabaya-Indro, KA Tumapel Surabaya – Malang, KA Komuter Surabaya-Lamongan, dan KA Komuter Surabaya – Pasuruan.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Pada awal pengoperasiannya hingga bulan Juli lalu tecatat total volume pengguna KA Lokal di wilayah 8 Surabaya sebanyak 3.519.126 orang. Paada bulan April 2022 sebanyak 617.706 orang atau rata-rata 20.590 orang tiap hari. Data tersebut jika dibandingkan dengan total volume pada bulan Juli 2022 terjadi tren kenaikan sebesar 68%, atau sejumlah 1.040.302 orang dengan rata-rata 33.558 orang per hari. 

Tercatat KA Dhoho-Panataran dan KA Panataran-Dhoho merupakan KA dengan volume pengguna terbanyak. Pada bulan Juli kemarin tercatat masing-masing volume penguna sebanyak 236.401 orang dan 238.628 orang. 

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Saat ini, KAI Commuter memberlakukan syarat untuk naik KA Lokal sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No.72 Tahun 2022. Antara lain Sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama, jika tidak atau belum melakukan vaksinasi wajib menunjukan surat keterangan dari dokter RS Pemerintah, serta pengguna dengan usia di bawah 6 tahun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Dalam pemesanan dan pembelian tiket KA-KA Lokal tersebut dapat melalui Aplikasi KAI Access. Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri. Untuk pembelian tiket KA Lokal secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Sebelum menggunakan KA Lokal, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan syarat naik KA Lokal sekaligus validasi data vaksinasi. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh petugas pada saat melakukan proses boarding.

Dalam hal standar layanan kepada pengguna KA Lokal, KAI Commuter akan memberikan standar layanan yang sama dengan layanan KRL Commuterline yang sudah berhasil diterapkan. Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir. 

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Bagikan

Also Read