Nikmatnya, Makan Nasi Jagung Iwak Jendil dan Minumnya Toak, di Warung Jamiran

0 283

TUBAN (Rakyat Independen)- Toak masih menjadi minuman khas warga yang bermukim di wilayah Kabupaten Tuban, Jatim. Saat minum toak, selalu disertai dengan berbagai makanan diantaranya, belut, nyambik, iwak jendil, cumi-cumi, udang goreng, bekicot goreng dan masih banyak lainnya.

Kegemaran masyarakat Tuban itu, membuat warga di Bojonegoro kepincut dan pengen ikut menikmati minuman toak dengan diselingi makan makanan berbagai macam yang biasa disebut tambul itu.

Seperti halnya dengan menu makanan yang disuguhkan di warung Jamiran yang ada di Dusun warang, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jatim. Dimana, di warung Jamiran juga menyediakan Toak dan berbagai jenis makanan. Yang paling menarik adalah, sego jagung dengan iwak jendil sambil minum toak.

Menu sego jagung iwak jendil dengan minumnya toak, menjadi menu andalan di warung Jamiran yang berada di Jl Raya Soko – Rengel itu. Nasi jagung dicampur dengan nasi putih dengan lauk iwak jendil yang dibuat bothok dengan bumbu rujak itu, rasanya nikmat sekali.

“Rasa botok jendil cukup nikmat luar biasa. Dengan dagingnya yang empuk dan gurih, bumbu rujak yang meresap ke dalam dagingnya menambah nikmat dan segarnya lauk iwak jendil itu. Lezat, gurih dan segar, dengan nasi jagung yang gurih dan minuman toak khas Tuban menambah nikmatnya makan sego jagung iwak jendil itu,” kata Arieyoko yang menekuni dunia sastra etnik di Bojonegoro itu, Jum’at (12/8/2016).

Pemimpin redaksi rakyatnesia.com Sukisno (49) juga turut menikmati masakan khas warung Jamiran Nasi jagung iwak jendil minumnya toak. Ikut serta di acara makan siang itu, Dedi PL (50) seorang wartawan Biro Blora, Jateng.

“Masakaniwak jendil di warung Jamiran sangat istimewa, gurih, sedap dan nikmat. Kalau sudah mencoba pasti akan ketagihan dengan menu yang satu ini. Karena sangat lezat, coba buktikan sendiri,” tegas pria yang berkantor di Jl Lettu Sumitro 58, Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jatim itu.

Menurut pemilik warung Jamiran (55), minum toak sangat segar dan menyehatkan. Banyak yang menjadikan toak itu sebagai minuman untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama yang tekena sakit kencing batu.

“Makan nasi jagung dengan iwak jendil dan minum toak secukupnya, perut akan kenyang dan kekenyanganya bisa tahan lama karena toak itu mantap. Yang penting minumnya secukupnya saja, jadi gak sampai memabukkan, justru malah menyehatkan,” kata Jamiran menegaskan. **(Tim).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More