Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa Timur

Bupati Lamongan: Kades Sebagai Aktor Pemerintahan Modern

LAMONGAN (RAKYATNESIA) – Sebanyak 60 Kepala Desa di Lamongan yang terpilih saat pesta demokrasi 26 Juni lalu dilantik dan diambil sumpah jabatan secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Jumat (12/8/2022) di Pendopo Lokatantra, Lamongan, Jawa timur.

Pelantikan tersebut merupakan rangkaian menuju dimulainya pemerintahan masa jabatan tahun periode 2022 – 2028.

Mengenakan setelan pakaian dinas upacara berwarna putih, Bupati yang akrap disapa Pak Yes itu menitipkan pesan kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik.

“Saya berpesan agar hadirin sekalian ini menjadi aktor dalam Pemerintahan Desa. Yang mana mampu menjadikan sistem pemerintahan menjadi lebih modern lagi sehingga kinerja pemerintah dapat diakses pula oleh masyarakat karena bersifat transparan, inovatif dan akuntabel,” pesan Pak Yes sebagaimana dalam rilis resmi Peerintah Kabupaten Lamongan.

Masih dalam atap yang sama dengan tujuan yang sama yakni mengabdi untuk kesejahteraan rakyat, Pemerintah Desa diharapkan mampu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan, termasuk dalam menyusun rencana kegiatan pembangunan desa harus berseiringan.

“Segeralah menyusun RPJMDES yangmana esensinya ialah visi misi memajukan desa. Dalam menyusun program di dalamnya, Pemdes ini harus bersinergi dengan Pemkab agar tidak terjadi penyelewengan,” tutur Pak Yes.

Tugas utama yang harus dilakukan oleh Kepala Desa ialah mampu membawa perubahan kemajuan di desanya masing-masing. Kemajuan dapat dilihat dari adanya pusat ekonomi mandiri dalam desa tersebut, sesuai dengan program yang dicetuskan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakni Desa Mandiri. Pada tahun 2021 terdapat 34 desa mandiri di Lamongan, pada tahun 2022 terdapat peningkatan dengan jumlah total 97 desa mandiri, artinya untuk tahun depan harus mampu meningkatkan prestasi tersebut.

“Jawa Timur ini punya tagline “Bangkit” yangmana harus terjadi kebangkitan disemua lapisan, salah satunya ialah pada desa. Seperti program desa mandiri yang sudah mulai digencarkan di Lamongan, peningkatan yang terjadi setiap tahunnya harus dijadikan motivasi khususnya para Kades baru harus menjadikan desanya itu masuk kategori desa mandiri,” terang Pak Yes.

Lebih lanjut Pak Yes juga mengajak Kepala Desa untuk memaksimalkan potensi desa masing-masing sehingga memilihi ciri khas yang menarik. Potensi yang dimaksud ialah potensi wisata mandiri desa, dengan adanya daya tarik wisata mandiri desa akan mendobrak ekonomi desa tersebut.

Terpilih atas suara rakyat untuk menjadi pemimpin, Kepala Desa harus menjadi sosok yang tanggap menjawab isu sosial di desa setempat.

“Kalian semua harus tanggap saat melihat kondisi masyarakat kalian. Jika ada masyarakat yang tidak mampu dalam bidang pendidikan atau kesehatan atau lainya, kalian harus bersinergi dengan program prioritas yang sudah disusun Pemkab Lamongan. Jangan sampai rakyat kalian kesusahan dan tidak merasakan pelayanan dari Pemerintah,” tegas Pak Yes.

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku