Momo Challenge di WhatsApp, Ngeri Bikin Anak Ini Lakukan Hal Tak Terduda

moch akbar fitrianto

momo challenge
Bagikan

Peristiwa – Momo Challenge di WhatsApp, Ngeri Bikin Anak Ini Lakukan Hal Tak Terduda, Beberapa challenge atau tantangan aneh seringkali muncul di media sosial di dunia maya. Yang terbaru diberi nama dengan Momo Challenge. Dilansir dari The Sun, polisi di berbagai negara, seperti Meksiko, Argentina, AS, Prancis, dan Jerman sudah mengecam Momo yang dianggap mirip Blue Whale challenge yang dilaporkan memakan 130 korban bunuh diri di Rusia.

Momo challenge bermula di Facebook di mana sejumlah anggotanya berkomunikasi dengan nomor tak dikenal. Mereka yang pernah memainkannya melaporkan, Momo akan mengirimkan gambar dan permainan kekerasan dan mengancam jika si pemain menolak melakukan instruksi pada game tersebut.

Foto profilm yang digunakan Momo adalah gambar seorang wanita dengan wajah aneh, mata superbesar, yang merupakan karya seorang seniman asal Jepang, Midori Hayashi. Namun, seniman dan karyanya itu dipastikan tidak ada hubungannya dengan game membahayakan ini.

Polisi Argentina mengaitkan game ini dengan kematian bocah berusia 12 tahun yang mengakhiri hidupnya. Pihak kepolisian pun meminta orangtua waspada, sebab Momo challenge mengincar remaja yang membalas pesan-pesan mereka di platform terkait.

Kepada BBC News Portugis, Rodrigo Nejm of Brazil dari NGO Safenet mengatakan, sebenarnya belum bisa dipastikan seberapa luas game ini sudah tersebar. Namun, diduga, ini adalah salah satu bentuk pancingan yang digunakan kriminal untuk mencuri data dan memeras seseorang di internet.

Seorang YouTuber, ReignBot, menambahkan, sulit untuk melacak Momo di WhatsApp, sebab dia terkoneksi setidaknya dengan tiga nomor telepon dari Jepang, Kolumbia, dan Meksiko. Siapapun yang mencoba menghubunginya, tak mendapat respons apapun.

“Jangan ikut-ikutan Momo! Jika kalian merekam nomor itu pada kalendermu, kamu akan melihat wajah aneh seorang wanita. Ini adalah sesuatu yang sedang viral di kalangan WhatsApp para remaja,” kata kesatuan polisi di Spanyol.

Dalam tantangannya, Momo meminta orang-orang untuk menambahkan kontak di WA.

Gilanya ia lantas mendesak orang-orang untuk melakukan tindakan menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri.

Secara bertahap tantangan akan menjadi lebih berbahaya dan para remaja yang menuruti tantangan tersebut pada akhirnya diminta untuk bunuh diri.

Sekarang, The Buenos Aires Times melaporkan pihak kepolisian Argentina amat serius menyelidiki apakah Momo terkait dengan kasus bunuh diri gadis berusia 12 tahun ini di Distrik Escobar.

Polisi menduga kuat seseorang telah mendorongnya untuk melakukan bunuh diri menurut laporan dari The Buenos Aires Times.

Siapa sebenarnya Momo?

Momo adalah nama sebuah akun media sosial yang ada di WA, Facebook dan Youtube.

Foto profil yang digunakan oleh Momo sendiri ialah gambar seorang wanita dengan mata menonjol dan bentuk muka aneh.

Momo Challenge di WhatsApp

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar