Serikat Pekerja Kontrak Pertamina Lakukan Aksi Mogok Kerja

0 74

BLORA (Rakyat Independen) – Sekitar 150 orang yang tergabung dalam SPKP (Serikat Pekerja Kontrak Pertamina) Desa Ledok, Kec Sambong, Blora melakukan aksi mogok kerja pagi tadi pukul 08.00 wib (Selasa, 2/8/2016).

Aksi ini dipicu lantaran belum terselesaikannya pembayaran atas hak-hak para pekerja. Di antaranya, persoalan BPJS, jaminan Kesehatan, Simponi, Alat Perlengkapan Dini (APD), Tunjangan Hari Raya (THR), hingga hak cuti dari masing-masing pekerja. Menurut Koordinator Lapangan, Pujo Agung Susilo, langkah melakukan aksi ini lantaran rapat penyelesaian bersama pada tanggal 6 April 2016 silam, tak membuahkan hasil konkret apa pun. “Kami para pekerja sudah cukup bersabar,” tuturnya.

Dalam kesepakatan awal tersebut, sebenarnya telah disepakati bahwa hak-hak pekerja segera dibayar lewat cara pemotongan invoce yang diberikan oleh Pertamina EP kepada KSO PT Geo Cepu Indonesia (GCI) Distrik II, Ledok. Setelah terlebih dulu, dilakukan penyesuaian status piutang terakhirnya. .

“Ternyata kami tunggu hingga kemarin petang (Senin, 1/8/2016) tak ada transfer dana masuk untuk para pekerja yang berada di gugus vendor PT Caraka 2/Nusa Bakti. Yang meliputi Distrik Kawengan, Ledok dan Nglobo,” tegas Pujo Agung Susilo. Maka kemudian diputuskan untuk melakukan aksi mogok kerja bersama.

Dalam melakukan aksi demo mogok kerja itu, para pekerja melakukan orasi silih berganti di depan Kantor KSO PT Geo Cepu Indonesia. Seluruhnya dilakukan secara tertib dengan mengibarkan bendera dan atribut lainnya. Disertai pengawalan dari jajaran Polsek Sambong, Polres Blora serta Koramil Sambong.

Untuk menentukan solusi terbaik persoalan ini, perwakilan pendemo melakukan musyawarah dengan staf dan jajaran PT Geo Cepu Indonesia di dalam kantor. Yang hasilnya, antara lain disepakati bahwa, pembayaran BPJS hingga Juli 2016 akan diselesaikan paling lambat 5 Agustus.

Sedang untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya akan dibayar maksimal 5 Agustus 2016. Untuk pembayaran kompensasi hak cuti yang tidak diambil, akan diberikan setelah lebih dulu dilakukan pengecekan data silang. Serta beberapa poin lainnya juga disepakati sesuai tuntutan pendemo. Aksi berakhir dengan damai pukul 14.30 wib. **(Dedi/Tama)

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More