Gubernur Khofifah: Tahun Baru Hijriyah Jadikan Momentum Pemersatu Masyarakat

Sukisno

Gubernur Khofifah: Tahun Baru Hijriyah Jadikan Momentum Pemersatu Masyarakat
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Momentum tahun baru Islam 1444 Hijriyah menjadi gravitasi mempersatukan lintas budaya, agama, dan elemen di Jawa Timur.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai ‘Gowes Bareng Gubernur Jatim’ Memperingati 1 Muharram 1444 H di Gedung Negara Grahadi  Surabaya, Minggu (31/7/2022).

Ribuan masyarakat Kota Surabaya dan  beberapa Kabupaten Kota di Jawa Timur, antusias mengikuti Gowes yang berjarak tempuh sejauh 7 km dengan rute Jalan Gubernur suryo – Jalan Panglima sudirman – Jalan Sono kembang – Jalan Karimun jawa – Jalan Raya Gubeng – Jalan Sumatera – Jalan Stasiun gubeng – Jalan Anggrek – Jalan Kusuma bangsa – Jalan Ambengan – Jalan Ngemplak – Jalan Simpang dukuh – Jalan Gubernur suryo.

Baca Juga  Perahu Bocor, Nelayan Dari Brondong, Lamongan Ini Hampir Tak Terselamatkan

“Artinya bahwa gravitasi membangun persaudaraan, kebersamaan dalam momentum yang bisa kita maksimalkan, itu baik,” kata Gubernur Khofifah menegaskan.

Meskipun momentumnya adalah peringatan hari besar keagamaan umat Islam, namun ditegaskan Gubernur Khofifah, melalui gowes, bisa diikuti oleh siapapun, tanpa memandang agama dan juga asal.

“Tetapi bahwa ini adalah lintas-lintas. Jadi lintas budaya, lintas agama, lintas elemen. Artinya bahwa bangunan sebagai sebuah bangsa kita harus jaga bersama-sama,” imbuhnya.

Nuansa jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI juga ditampakkan pada momen Gowes 1 Muharram 1444 H ini. Dimana untuk memulai jalannya gowes, bendera Merah Putih dikibarkan.

Baca Juga  Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan Ungkapkan Tak Mau Lagi Lihat Anak PUtus Sekolah Karena Biaya

“Bersama sama meriahkan tahun baru Hijriah 1444, tapi suasananya sangat lengkap dengan suasana Merah Putih, besok kita sudah masuk pada bulan kemerdekaan bulan Agustus,” tambahnya.

Ribuan peserta gowes pagi ini tidak hanya masyarakat umum yang turut berpartisipasi, tetapi Pemprov Jatim juga berbagi kebahagiaan dengan 144 anak yatim yang mengendarai sepeda hias, serta melibatkan komunitas sepeda ontel.

“Jadi semangat 45, semangat merah putih, akan menjadi roh dari seluruh momentum dan gerakan yang kita lakukan bersama,” ucapnya.

Baca Juga  Polsek Lamongan Kota Rutinkan Tadarus Al-Quran Untuk Mengisi Kegiatan Ramadhan

Suksesnya gowes peringatan 1 Muharram 1444 H ini, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berpartisipasi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang bersama-sama memberikan atensi, apresiasi dan terutama partisipasi hadir dan ikut gowes bersama,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini PemprovJatim menyediakan sentra vaksinasi booster bagi masyarakat yang berada di halaman Gedung Negara Grahadi. Sebanyak 1444 dosis vaksin booster  disediakan bagi masyarakat.

**(Sumber: Kominfo Jatim/ Red).

Bagikan

Also Read