Seminar Wawasan Kebangsaan di TMMD Imbangan 2020 Kodim 0813, Dihadiri Bupati Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Guna meningkatkan kesadaran bela negara, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan (Wasbang), yang digelar di Balai Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Senin (27/7/2020).

Seminar Wasbang yang digelar di TMMD Imbangan 2020 Kodim 0813 Bojonegoro itu, mengusung tema ‘Aksi Nyata Bela Negara Di Era Kekinian’.

Wasbang yang digelar itu merupakan rangkaian kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2020 ini dihadiri Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto.

Hadir pula, Kepala Bakesbangpol, Mahmudi,S.Sos,MM, anggota Komisi IV DPR-RI, Farida Hidayati, Rektor Unugiri, Prof. Dr. Ridwan, Ketua Dewan Juang 45, Sugianto, Forkopimcam, Kades Lebaksari Zainal Abidin serta masyarakat setempat.

Baca Juga  Cerita Pendek Suami Istri, Perselingkuhan Yang Panas Dan Bikin Viral

Kepala Bakesbangpol Bojonegoro, Mahmudi,S.Sos,MM, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut itu dilaksanakan bertujuan untuk membangkitkan kembali rasa dan semangat kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat guna menjaga keharmonisan dengan tidak mudah terprovokasi.

“Kegiatan dilaksanakan guna memberi dorongan kepada masyarakat untuk lebih cinta tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” terangnya.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan harus tetap terus terpelihara, agar terciptanya sikap saling untuk menghargai. Sehingga, tetap terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa yang erat.

Saat ini, perkembangan budaya dari luar yang masuk ke Indonesia sangat pesat, khususnya melalui siaran televisi dan media sosial. Sehingga, hal ini bisa mempengaruhi kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Masih menurut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akra disapa – pihaknya meminta agar masyarakat di wilayahnya memperkuat budaya lokal. Diantaranya dengan cara melakukan pembinaan-pembinaan, dan memberikan edukasi khususnya kepada generasi mudanya.

“Kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencintai tanah air melalui hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa membedakan Agama, Suku dan Golongan,” kata Bu Anna menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto,  menyampaikan, melalui tema ‘Aksi Nyata Bela Negara di Era Kekinian’, TNI sebagai komponen utama dalam pertahanan negara selalu bersinergi dengan komponen lainnya untuk saling menggelorakan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk cinta NKRI.

Baca Juga  Gara - Gara video viral tante Di Dood, Cinta terlarang Karena Check in

Lanjut Bambang Hariyanto menambahkan, dengan kegiatan Bhakti TNI salah satunya TMMD imbangan 2020 ini dapat memupuk rasa cinta tanah air dengan wujud nyata membangun desa secara bersama-sama melalui kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Untuk memupuk cinta tanah air guna bela negara, perlu kesadaran wawasan kebangsaan dari pribadi ditularkan kepada keluarga dan lingkungan sampai menjadi kesadaaran masyarakat yang berwawasan kebangsaan untuk ketahanan nasional kita,” terangnya.

Ditambahkan, berbagai cerita sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan ini harus selalu disampaikan kepada generasi muda agar mengetahui jati diri bangsanya. Sehingga para pemuda kita akan mempunyai jiwa yang kokoh dalam membela dan mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman baik dari dalam maupun luar,

**(Sumber: Pendim 0813 Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read