Bupati Bojonegoro Lantik Putoyo Sebagai Kepala Desa Sumberagung, Dander

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah melantik Putoyo sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa (Kades) Sumberagung, Kecamatan Dander, di Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro di Jalan P. Mas Tumapel, Bojonegoro, Jawa timur, Senin (26/7/2021).

Pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat itu, dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro Mahmudin, Camat Dander Mokhamad Hariyanto, Perangkat Desa Sumberagung, BPD Sumberagung serta Pendamping Desa Sumberagung.

Dalam kata sambutanya, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, pihaknya berharap berbagai bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak covid-19 yang sudah memenuhi kriteria, agar segera disalurkan.

“Penyaluran bansos itu, guna mendukung program pemerintah pusat adanya pemberlakuan PPKM Level 4 di Kabupaten Bojonegoro, yang akan dilaksanakan hingga 2 Agustus 2021 mendatang,” ungkap Bupati Wanita Pertama di Bumi Angling Dharma, Senin (26/7/2021).

Lanjut Bu Anna – demikian Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – dengan tersedianya alat donor plasma konvalesen di UDD PMI Bojonegoro itu, diharapkan kepala desa dapat membantu menyisir serta mendata warga desa yang terpapar covid-19.

“Bagi warga yang telah dinyatakan sembuh untuk bisa mendonorkan plasma konvalesen yang nantinya akan digunakan guna perawatan para pasien covid-19 yang saat ini masih dirawat,” kata Bu Anna menegaskan.

Ditambahkan, Akselerasi program pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus dilaksanakan sehingga bagi desa nantinya bisa memilah mana yang bisa dikerjakan mandiri oleh desa dan mana yang membutuhkan bantuan pemerintah Kabupaten sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Hendaknya Kades terus melaksanakan upaya memutus mata rantai covid-19 dengan melakukan sosialiasi-sosialisasi tentang protokol kesehatan (Prokes),” ungkap Bu Anna.        

Di akhir sambutanya, Bu Anna mengajak masyarakat Bojonegoro untuk ber simpati dan gotong royong dalam menangani Pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, dengan kepedulian akan bisa menyelamatkan sesama.

Perlu diketahui, Putoyo dilantik sebagai Kepala desa Sumberagung setelah memenangkan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW), yang berlangsung di Balai desa setempat, Senin (31/5/2021).

Pilkades PAW diikuti 3 (tiga) calon kepala desa yakni, Nomor urut 1 Sukandar (58), Nomor urut 2 Putoyo (48) dan Nomor urut 3 Sukarman (55), ketiganya adalah putra terbaik Desa setempat, untuk memperebutkan 2.261 suara.

Pilkades PAW Desa Sumberagung ini, diikuti para Kepala Keluarga (KK) itu, berhasil dimenangkan calon kades dengan nomor urut 2 yaitu Putoyo (48) dengan mengantongi 1.164 suara. Peringkat kedua diraih Sukarman (55) dengan nomor urut 3 yang meraup dukungan 659 suara, Sedangkan, Sukandar (58) dengan nomor urut 1, harus puas dengan dukungan sebanyak 38 suara.

Dari jumlah hak pilih 2.261 suara, hadir dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.896 suara, terdapat 35 suara tidak sah. Dan tidak hadir sebanyak 365 suara.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read