Bonek Digandeng Pangdam V Brawijaya, Siap Hijaukan Surabaya

Sukisno

Bonek Digandeng Pangdam V Brawijaya, Siap Hijaukan Surabaya
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA.COM) – Upaya menekan terjadinya penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pihak Kodam V/Brawijaya.

Berbagai jurus jitu pun mulai dilakukan oleh Kodam dalam upaya menekan terjadinya penyebaran pandemi itu, salah satunya melibatkan komunitas masyarakat yang ada di beberapa daerah. Adalah supporter Persebaya Surabaya atau yang dikenal dengan sebutan Bonek juga digandeng oleh Kodam V Brawijaya itu.

Dihadapan Pangkogabwilhan II, Marsda TNI Imran Baidirus, sebanyak 15 ribu masker diserahkan oleh Pangdam V/Brawiijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Penyerahan itu, dilakukan secara simbolis di Gedung Hayam Wuruk, Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Rabu, 22 Juli 2020 siang.

Baca Juga  Gempa Tuban, Menyisakan Kengerian Bagi Warga Lamongan

Pangdam menjelaskan jika saat ini, dirinya memfokuskan diri untuk menekan angka pelonjakan pasien Covid-19 di tiga daerah. Selain Surabaya, Mayjen Widodo menyebut jika Kabupaten Pasuruan dan Gresik saat ini menjadi perhatian tersendiri bagi dirinya.

“Angka kematian sudah mulai menurun. Namun, angka positif pasien masih banyak,” ujarnya.

Keberadaan Bonek, kata Pangdam, telah berhasil mengubah situasi di beberapa daerah yang sebelumnya dinyatakan sebagai zona merah penyebaran virus corona. Itu, dibuktikan dengan adanya keterlibatan supporter Persebaya itu ketika ikut berpartisipasi menekan adanya penyebaran virus corona di Malang Raya beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Polsek Lamongan Kota Rutinkan Tadarus Al-Quran Untuk Mengisi Kegiatan Ramadhan

“Maka dari itu kami laporkan pada bapak Panglima dan Pangkogabwilhan dengan adanya kegiatan positif itu,” kata Mayjen Widodo.

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Marsda TNI Imran Baidirus mengatakan jika saat ini, terdapat 15 ribu masker kain yang diserahkan secara simbolis ke perwakilan Bonek.

Jenderal dengan tiga bintang di pundaknya itu menyebut jika dirinya telah melihat potensi keberhasilan dalam menekan angka peningkatan corona dengan merangkul beberapa komunitas masyarakat.

“Kita sudah berdiskusi dengan Pangdam. Kami mengajak mereka (bonek, red) untuk turun langsung di masyarakat dalam upaya pendisiplinan protokol kesehatan,” kata Pangkogabwilhan II.

Baca Juga  Kecamatan Paling Sepi Di Lamongan, Ada Di Bluluk dan Sukorame

Terpisah, salah satu perwakilan Bonek, Husin Ghazali atau yang akrab disapa Cak Cong menambahkan jika ia bersama beberapa Bonek lainnya, akan melakukan gerakan masif dalam mendukung upaya Pemerintah tersebut.

Tak tanggung-tanggung, kata dia, sosialisasi penerapan protokol kesehatan hingga kampanye akan bahaya corona itu, nantinya akan dilakukan hingga ke luar daerah Surabaya. “Terutama Surabaya, itu menjadi prioritas. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas sumbangan

(masker, red) dari Pangkogab dan Pangdam,” kata dia.

**(Pendam V Brawijaya/Red).

Bagikan

Also Read