Aneh Anies Tutup Kali Item Dengan Kain Hitam, Berdalih Untuk Membuat Atlit Lebih Nyaman

moch akbar fitrianto

Kali Item Jakarta
Bagikan

Jakarta – Aneh Anies Tutup Kali Item Dengan Kain Hitam, Berdalih Untuk Membuat Atlit Lebih Nyaman , Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta melakukan ha yang cukup unik dan nyeleneh dengan dalih memberikan kenyamanan bagi para atlet Asian games 2018. Anies menutuo Kali Item dengan Kain hitam. Kali tersebut terletak di Kemayoran, Jakarta Utara.

“Kain hitam itu sebetulnya itu jaring tipis di Kali Item. Jadi Kali Sentiong biasa dijuluki Kali Item itu memiliki masalah polusi cukup tinggi. Air yang mengalir ke sana polusinya tinggi sampai kalinya disebut Kali Item sudah bertahun-tahun warnanya hitam. Tapi bukan hanya warnanya, aromanya juga,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Anies menuturkan, kafetaria di kompleks wisma atlet berada di halaman, dekat dengan sungai.

“Pada waktu tertentu utamanya siang-sore ketika sungai mengalami penguapan, maka aroma dari sungai itu terembus angin dan tercium di lingkungan,” jelas dia.

Anies mengakui, ia yang menginstruksikan langsung agar Kali Item itu ditutup. Langkah itu diambil setelah diskusi dengan beberapa pakar.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

“Salah satu caranya dengan mengurangi proses penguapan dari sungai, dengan diberikan kain penutup, sehingga tidak terjadi proses evaporasi. Dengan penguapan dikurangi maka harapannya dari hilir sudah dikurangi potensi polutannya, kita dikurangi pencahayaan panas matahari sehingga mengurangi evaporasi. Harapannya tidak tercium,” ucap Anies.

Baca juga :  Ribuan Karyawan Pertamina Demo, Minta Rini Soemarno Dicopot

Anies mengatakan, penutupan dengan kain untuk mengurangi aroma bukan karena hal lain.

“Jadi bukan soal menutup warna sungai yang hitam, tapi juga Ini lebih banyak pada soal aroma. Ini salah satu usaha kita. Nanti kita lihat lagi,” kata dia.

Dia menambahkan, minggu depan akan ada tambahan usaha untuk membersihkan sungai itu. “Sedang disiapkan,” tandas Anies.

Alasan Anies Tutup Kali Item dengan Kain Hitam

Kali Sentiong atau lebih dikenal dengan nama Kali Item yang berdampingan dengan Wisma Atlet Kemayoran diketahui dipasangi kain jaring berwarna hitam sejak beberapa hari terakhir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menjelaskan pemasangan kain jaring hitam yang dipasang di Kali Item itu bertujuan untuk mengurangi aroma tidak sedap yang berasal dari kali tersebut.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Pemasangan kain itu pun diakui Anies untuk mengurangi aroma tidak sedap sampai ke Wisma Atlet yang kini ditempati oleh atlet-atlet dari berbagai negara yang akan bertanding di ajang Asian Games mendatang.

“Kebetulan cafetaria (Wisma Atlet) lokasinya itu berada di sisi halaman yang dekat dengan sungai, sehingga pada waktu-waktu tertentu, utamanya siang dan sore ketika sungai mengalami penguapan aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan Wisma Atlet,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/7).

Kali yang berbatasan antara Sunter dan Kemayoran ini memang memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi, air di kali ini juga berwarna hitam pekat.

Di dekat kali ini, memang diketahui banyak industri kecil rumahan serta pemukiman warga yang biasa membuang limbahnya langsung ke kali tanpa melakukan sterilisasi limbah terlebih dahulu.

Tak hanya itu, disekitar kali ini juga terdapat tempat pembuangan sampah yang cukup besar.

Anies pun menyebut pihaknya telah melakukan penertiban industri rumahan di kawasan ini, salah satunya industri pengolahan tahu. Mereka kata Anies diminta untuk tidak lagi membuang ampas dan limbah industri ke sungai itu.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Baca juga : Link Pengumuman PPMB Unair 2018 Bisa Dilihat Disini

“Sudah dilakukan pengawasan di sana, tetapi bukan berarti problemanya langsung selesai karena sudah menahun di situ,” sambung Anies.

Anies pun mengaku dirinya telah berdiskusi dengan sejumlah pakar terkait persoalan ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi proses penguapan dari air sungai tersebut.

“Dari situ lah muncul ide diberi kain jaring penutup untuk mengurangi penguapan akibat panas matahari,” katanya.

“Jadi ini bukan soal menutup warna sungai yang hitam, tapi juga lebih banyak pada soal aroma. Ini salah satu usaha kita, nanti kita lihat lagi,” ucap Anies.

Lebih lanjut Anies juga menyebut penutupan kain jaring berwarna hitam di Kali Item ini akan berlangsung hingga perhelatan Asian Games dan Asian Para Games berakhir. Namun setelah perhelatan itu selesai sungai tersebut akan disterilisasi agar tak berwarna pekat dan penuh polusi.

“Jadi nanti akan ada upaya lebih lanjut. Nanti akan disterilisasi, terus ditambh akan ada tanaman di sisi-sisinya biar lebih cantik,” kata Anies.

 

Aneh Anies Tutup Kali Item Dengan Kain Hitam

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar