Apel Akbar Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar Siaga Se-Kecamatan Soko, digelar di Lapangan Soko, Tuban

0 101

TUBAN (Rakyat Independen)- Kondisi bangsa Indonesia yang terancam perpecahan akibatnya adanya kelompok yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membuat masyarakat kembali merapatkan barisan dengan menggelar kegiatan bela negara. Termasuk, dengan kegiatan Apel Akbar Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar Siaga Se-Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa timur, yang diikuti sekitar 1500 personil, yang digelar di Lapangan Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa timur, Selasa (18/7/2017).

Apel Akbar Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar siaga Se-Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, dengan komnadan apel Ketua Banser (Bantuan Serbaguna) Kecamatan Soko, Ahmad Sholeh.

Kegiatan yang dimulai tepat pukul 07:00 wib itu, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Pembacaan Ikrar Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar siaga Se-Kecamatan Soko, Penanda tanganan Ikrar Garda NKRI dan dilanjutkan dengan amanat Pimpinan apel yaitu Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad. Dalam sambutanya, orang nomor satu di jajaran Polres Tuban itu menyampaikan tentang bagaimana kondisi bangsa Indonesia saat ini, yang membutuhkan dukungan masyarakat bawah agar NKRI tetap utuh karena memertahankan kutuhan NKRI merupakan tanggung jawab bersama seluruh bangsa Indonesia.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah 72 tahun mengenyam kemerdekaannya, akhir-akhir ini diuji dengan banyaknya persoalan yang mengarah pada keinginan kelompok tertentu yang ingin memecah belah NKRI dan hendak mengganti dasar negera Pancasila menjadi idiologi lain. Ini merupakan ancaman yang serius, kita harus mengambil sikap untuk mempertahankan idiologi Pancasila dan bersama-sama mempertahankan keutuhan NKRI,” tegas Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Selasa (18/7/2017).

Apel Akbar Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar Siaga Se-Kecamatan Soko, digelar di Lapangan Soko, Tuban 1
Kapolres Tuban Fadly Samad bersama peserta apel usai melaksanakan giat Apel Garda NKRI dan Deklarasi Pendekar Siaga Se-Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa timur, yang digelar di Lapangan Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa timur, Selasa (18/7/2017).

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata ketulusan warga di wilayah Kecamatan Soko khususnya dan Kabupaten Tuban pada umumnya, sebagai bentuk kecintaan terhadap NKRI untuk menangkal ancaman serta penggulingan pemerintahan yang sah, dari sekelompok orang-orang yang tak bertanggung jawab.

“Kita pertahankan NKRI sebagai bagian tanggung jawab kita sebagai warga negara yang cinta damai dan bertekad untuk mempertahankan NKRI sehingga kita harus siap menjadi Garda terdepan keutuhan NKRI demi keutuhan bangsa dan negera Indonesia tercinta ini,” ungkapnya serius.

Masih menurut Fadly Samad, ikrar Garda NKRI ini hendaknya tidak hanya diucapkan di mulut saja, akan tetapi dapat merasuk hingga hati nurani sehingga apa yang diikrarkan ini memiliki tanggung jawab moral untuk terus menjalankannya dengan menjadi garda terdepan NKRI dari ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Tetaplah memegang teguh amanah untuk menjaga keutuhan NKRI, jangan sampai NKRI tinggal hanya di catatan di buku sejarah saja.

Dalam kegiatan Apel Garda NKRI diikuti 1500 personil yang terdiri dari, 1 SST Ikatan Mahasiswa (Imas) Soko, 1 SST Pemuda Muhamadiyah, 1 SST Karang taruna, 1 SST Tokoh pemuda, 1 SST Pemuda Ansor, 1 SST IPNU-IPPNU, 3 Pleton Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT), 3 SST IKS PI Kera Sakti, 3 SST Pagar Nusa, 3 SST Merpati Putih WP, 1 SST PRSH, 1 SST Persinas ASAD, 1 SST Pencak Organisasi, 1 SST Banser, 1 SST Satgas/LSM.

Tampak hadir, Kapolres Tuban AKBP Fadli Samad, Andi Hartanto Anggota DPRD Tuban Fraksi PDI-Perjuangan, Nurhadi Anggota DPRD Tuban Fraksi Gerindra, Forpimka Kecamatan Soko, Kepala desa Se-Kecamatan Soko dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Se-Kecamatan Soko, Tuban.

Usai ditutup dengan do’a, sekira pukul 09:00 wib, Apel Akbar GARDA NKRI dan Deklarasi Pendekar Siaga Se-Kecamatan Soko, Kabuaten Tuban selesai, dengan aman dan lancar. Acara dilanjutkan dengan Tasyakuran dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 yang digelar di Makoramil Soko, yang berada tak jauh dari Lapangan Soko. Acara HUT Bhayangkara Ke71, yang digelar oleh Forpimka Kecamatan Soko tersebut tampak sederhana namun tetap khidmad. **(Mudji/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More