0,5 Hektar Lahan Tebu Siap Panen, Ludes Terbakar, di Panemon, Sugihwaras

2

BOJNEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Memasuki musim kemarau tahun 2020 ini, sudah mulai sering terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Sehingga, warga di Bumi Angling Dharma itu, harus makin hati-hati dan waspada terhadap bahaya kebakaran tersebut.

Tak hanya kebakaran rumah dan gudang, kali ini terjadi kebakaran lahan tebu milik Bowo (47) seorang perangkat desa Panemon, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Jum’at (17/7/2020) sekira pukul 18:40 WB.

Kebakaran yang diduga akibat bediang yang tak ditunggui hingga apinya menjalar ke kebun tebu itu, terjadi di lahan tebu yang berada di Dusun Gempolan, Desa Panemon, RT 014, RW 004, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro.

Adalah Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sugihwaras Basuki yang memperoleh laporan dari warga Panemon yang selanjutnya diteruskan laporanya ke Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Temayang yang berada di Jalur Bojonegoro – Nganjuk, tepatnya di Desa Jono, Kecamatan Temayang, Bojonegoro.

Begitu memperoleh laporan, Pos bantu Damkar Temayang langsung meluncur ke lokasi kejadian sekira puku 19:00 WIB dan langsung melakukan pemadaman.

“Dinas Damkar menerjunkan 2 unit fire truck dari Pos Temayang dan beserta 6 personilnya,” demikian dikatakan Kepala Dinas Damkar Bojonegoro Ahmad Gunawan melalui Kabid Pemadaman Sukirno, Jum’at (17/7/2020).

Masih menurut Sukirno, beruntung tak ada korban dalam kejadian tersebut. Sekitar 0,5 hektar tebu siap panen ludes terbakar.

“Masyarakat hendaknya hati-hati dan waspada akan bahaya kebakaran. Jangan meninggalkan  pembakaran sampah karena bisa menjalar dan mengakibatkan kebakaran. Jika membakar sampah agar ditungui sehingga tak mengakibatkan kebakaran,” kata Sukirno dengan nada penuh harap.

Turut terlibat dalam pemadaman, anggota Koramil Sugihwarass dan warga setempat.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More